PENGARUH SELF MANAGEMENT DAN SELF IMPROVEMENT TERHADAP KUALITAS MAHASISWA PADA INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS NOBEL INDONESIA
Keywords:
Self Management, Self Improvement, Kualitas MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self Management dan Self Improvement terhadap kualitas mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, pengumpulan data dengan menyebar kuisioner, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan non linear, uji T, koefisien determinasi R2 dan uji F.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Secara parsial Self Management dan Self Improvement berpengaruh positif terhadap kualitas mahasiswa pada Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia. (2) Secara simultan Self Management dan Self Improvement berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas mahasiswa pada Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia. (3) Variabel Self Improvement merupakan variabel yang paling berpengaruh dominan terhadap kualitas mahasiswa pada Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia.
References
Aprilianti, D. (2023). Self-Improvement: Model Peningkatan Kualitas Diri. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), Article 01. https://doi.org/10.70508/literaksi.v1i01.326
Calyssa, F. A., Zakiyah, R., & Kurniawan, E. D. (2024). Analisis Self Improvement Dalam Novel I Want To Die But I Want To Eat Tteokbokki. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i2.608
Fitriana, E. (2020). Self regulaton dan self efficacy pada mahasiswa perspektif teori sosial kognitif albert bandura. Academika Edu [Preprint].
Imran, A.N. (2020). Penerapan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kecanduan Media Sosial Pada Siswa Di Sma Negeri 1 Sinjai. Jurnal Universitas Negeri Makasar, pp. 1–16. Available at: http://eprints.unm.ac.id/19360/1/JURNAL NUR AZIZAH IMRAN.pdf.
Latief, F., Dirwan, D., and Firman, A. (2024). The Influence Of Entrepreneurial Knowledge, Adversity Intelligence, And Self-Efficacy On Students’ Entrepreneurial Intentions. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 12(1), pp. 1459–1468. Available at: https://doi.org/10.37676/ekombis.v12i1.5240.
Latifah, L. (2019). Effectiveness of self management techniques to reduce truant students in middle school. Konselor, 8(1), p. 17. Available at: https://doi.org/10.24036/0201981103804-0-00.
Nabila, D. F., Haskas, Y., & Fauzia, L. (2024). Hubungan Self Management: Self Care Dengan Kesehatan Mental Pada Siswa Kelas XII DI SMAN 5 Kota Makassar. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 4(4), 90–95. https://doi.org/10.35892/jimpk.v4i4.1604
Purwanti, N., and Fitriasari, A. (2022). Efektifitas Self Management Terhadap Stres Dalam Pembelajaran Daring Era Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa. Jurnal lmu Kesehatan, 13(1), pp. 48–62.
Ramadhani, F., & Rizqi, M. A. (2024). Analisis Efektivitas Penerapan Proses Rekrutmen Online Pada Salah Satu PT Penyedia Tenaga Kerja Dikota Gresik. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.37476/jbk.v13i1.4449
Rahmayanti, S. F., Latief, F., Asbara, N. W., & Sofyan, I. R. (2024). Pengaruh Manajemen Talenta Dan Manajemen Pengetahuan Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Pt. Bank Bni (Persero) Tbk. Kantor Cabang Utama Kota Makassar. Nobel Management Review, 5(1), 1-10.
Sampetoding, O. D. M., Kadir, A. R., & Sobarsyah, S. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja, Human Relation Dan Insentif Terhadap Produktivitas Karyawan Pada Bank Cimb Niaga Makassar. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.37476/jbk.v12i2.4092
Zaeni, N., Bahasoan, S., and Haeranah, H. (2021). Skills and Human Resources Development in Improving Employee Performance. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(1), pp. 74–83. Available at: https://doi.org/10.33096/jmb.v8i1.669.