PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PENGGUNA APLIKASI PLN MOBILE DI KOTA MAKASSAR

https://doi.org/10.37476/jbk.v14i2.5157

Authors

  • Resty Ayu Febrianti Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Fitriani Latief Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Dirwan Dirwan Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi, Kepuasan Pelanggan, PLN Mobile

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kemudahan penggunaan dan kualitas informasi secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna aplikasi PLN Mobile di kota Makassar. (2) Pengaruh kemudahan penggunaan dan kualitas informasi secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada pengguna aplikasi PLN Mobile di kota Makassar. (3) Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi linear berganda. Sampel penelitian berjumlah 130 responden yang merupakan pengguna aktif aplikasi PLN Mobile di kota Makassar. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala Likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemudahan penggunaan dan kualitas informasi berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan. (2) Kemudahan penggunaan dan kualitas informasi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. (3) Variabel kemudahan penggunaan memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan pelanggan aplikasi PLN Mobile di kota Makassar. Temuan ini memberikan implikasi bagi PT. PLN (Persero) untuk terus meningkatkan kemudahan akses dan kualitas informasi dalam aplikasi guna meningkatkan kepuasan pelanggan.

References

Adelfi, F., & Rahmah, N. A. (2023). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Flip (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani). Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(1), 1076–1089. https://doi.org/10.31539/costing.v7i1.6292

Alkirlanda, A. B., Suprayitno, E., & Nasution, I. (2024). Pengaruh E-Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Aplikasi PLN Mobile Pelanggan. JRMB (Jurnal Riset Manajemen & Bisnis), 8(1), 8–15. https://doi.org/10.30743/jrmb.v8i1.9374

Ariadanang, A. K., & Chusumastuti, D. (2022). Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi Aplikasi Telemedicine Halodoc Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Follower Akun Twitter @Halodocid. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi Dan Komunikasi, 6(2), 119–136. https://doi.org/10.56873/jimik.v6i2.210

Eni. (1967). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Aplikasi Pln Mobile Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Pln (Persero) Ulp Kuta. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.

Haykal, A. P., Febrilia, I., & Febrilia, I. (2023). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Konsumen yang dimediasi oleh Kepuasan Konsumen dalam Berbelanja Online. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Kurniawan. (2023). Data Pengguna Internet di Indonesia. Sustainability (Switzerland), 4(1), 1–9. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article

Latief, F., Malik, A., & Adelia, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Economics and Digital Business Review, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i2.503

Maretna, E. (2021). Pengaruh Manfaat Penggunaan, Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Siakad Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Ar-Raniry). Thesis. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Safitri, S. G., & Dewi, S. S. (2025). Kualitas Layanan Dan Kemudahan Penggunaan Sebagai Kunci Kepuasan Pelanggan Gojek Di Polban. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.37476/jbk.v14i1.4956

Sibarani, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik LIMIT’S, 17(2), 36-42.

Sibuea, S. J., Oktavhianty, D., & Rangkuti, A. E. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Ovo. KONSEP: Konferensi Nasional Social and Engineering Polmed, 2(1), 635–645. https://ojs.polmed.ac.id/index.php/KONSEP2021/article/view/654

Susila, N. S. A., Putra, K. E. S., & Khalik, I. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Kemudahan Penggunaan yang Dirasakan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pengguna Mobile Banking BCA. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2), Article 2. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/60373

Taan, H. (2021). Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen. The Australasian Nurses Journal, 8(1), 29–30.

Usunier, J-C., & Lee, J. A. (2019). Cultural Aspects Of Cross Border Consumer Behavior: Influence Of Indegenous Culture On Brand Preference. Jurnal Saintifik (Multi Science Journal), 19(1), 25–30.

Vicramaditya, P. B. (2021). Pengaruh E-Service Quality, Kualitas Informasi dan Perceived Value terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan Grabbike. Journal of Business and Banking, 10(2), 325. https://doi.org/10.14414/jbb.v10i2.2379

Virmawati, I. W. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Aplikasi Shopee (Stusi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia). Skripsi. Universitas Satya Negara Indonesia Jakarta.

Wahid, N., & Ratmono, R. (2022). Pengaruh E-Service Quality Dan Kemudahan Aplikasi PLN Mobile Terhadap Kepuasan Pelanggan (Pada Unit Layanan Pelanggan PLN Metro). Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI, 2(3), 740–750. https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v2i3.1324

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif: Jurnal Ilmu Administrasi. 3(2), 96–102.

Yuliana., & Purnama, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan Dan Nilai Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada PO. Titian Mas Cabang Bima. Manajeman Pemasaran Jasa, 4(2), 9.

Published

2025-04-25

How to Cite

Febrianti, R. A., Latief, F., & Dirwan, D. (2025). PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PENGGUNA APLIKASI PLN MOBILE DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 14(2), 273–287. https://doi.org/10.37476/jbk.v14i2.5157