ANALISIS PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN CUSTOMER VALUE TERHADAP CUSTOMER INTENTION TO REVISIT (STUDI KASUS: NIELS COFFEE & BAKMIE)
Keywords:
Pengalaman Pelanggan, Nilai Pelanggan, Niat Kunjungan KembaliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh variabel Customer Experience terhadap Customer Intention to Revisit Niels Coffee & Bakmie (2) Pengaruh variabel Customer Value terhadap Customer Intention to Revisit Niels Coffee & Bakmie (3) Pengaruh variabel Customer Experience dan Customer Value secara simultan terhadap Customer Intention to Revisit Niels Coffee & Bakmie.
Sampel penelitian sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen lokal pengunjung Niels Coffee & Bakmie, penelitian menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Secara parsial variabel customer experience dan customer value berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer intention to revisit. (2) Secara simultan variabel customer experience dan customer value berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer intention to revisit.
References
Andriani, R., & Fatimah, R. (2018). Strategi Experiential Marketing Sebagai Metode Pendekatan Dalam Meningkatkan Revisit Intention Wisatawan Sabda Alam Garut. Jurnal Kajian Ilmiah, 18(3), 206. https://doi.org/10.31599/jki.v18i3.287
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aziza, N. (2023). Metodologi Penelitian 1: Deskriptif Kuantitatif. Media Sains Indonesia.
Bentler, P. M., & Speckart, G. (1979). Models of attitude-behavior relations. Psychological Review, 86(5), 452–464. https://doi.org/10.1037/0033-295X.86.5.452
Bulan, C. D. (2021). Kopi Arabika Kalosi Enrekang. Pangadereng: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(2), 269–284. https://doi.org/10.36869/pjhpish.v7i2.203
C. Mowen, John. Michael Minor. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Cengiz, E., & Kirkbir, F. (2007). Customer perceived value: The development of a multiple item scale in hospitals. Problems and Perspectives in Management, 5(3), 252–268.
Griffin, Jill. (2003). Customer Loyalty: Menumbuhkan Dan Mempertahankan Pelanggan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Intania, H., Nobelson., & Suharyati. (2021). Analisis Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Starbucks Coffee di Jakarta. Korelasi: Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 1457–1470.
Qadafi, M., Latief, F., Mariah., (2023). Pengaruh E-Promotion dan Video Content Terhadap Minat Beli Pada TikTok Shop Melalui Customer Trust Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Bisnis & Kewirausahaan. 12(2).
Rageh, A., Melewar, T. C., & Woodside, A. (2013). Using netnography research method to reveal the underlying dimensions of the customer/tourist experience. Qualitative Market Research: An International Journal, 16(2), 126–149. https://doi.org/10.1108/13522751311317558
Ristyaningrum, A. (2019). Memanfaatkan Peluang Pasar Coffee shop di Makassar. Sulawesi Bisnis. https://sulawesi.bisnis.com/read/20190414/539/911607/memanfaatkan-peluang-pasarcoffee-shop-di-makassar
Ryana, R. M., & Haryanto, H. (2023). The Influence of Brand Dentity, Brand Mage, Product Quality, Service Quality on Intention to Buy Products at Coffee shop Batam With Consumer Trust as Author 1, Author 2, dst. Short Title | 16 Mediation. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(4), 3629–3641. http://journal.yrpipku.com/index.php/mse
Sihotang, J., Nopeline, N., Purba, M.L., & Zai, Y., (2024). Studi Determinan Ekspor Kopi Indonesia ke Amerika Serikat. EKUILNOMI: Jurnal Ekonomi Pembangunan, 6(1), 2614-7181. https://doi.org/10.36985/ekuilnomi.v6i1.1106
Thufail, A. A., Ihsan, & Mujahid, L. Muh. A. (2022). Analisis Karakteristik Lokasi Warung Kopi di Kota Makassar. Jurnal WKM, 10(2), 170–176.
Wahab, M.F., Triwardhani, I.J., (2022). Instagram Sebagai Media Promosi Coffee shop. Journal Riset Manajemen Komunikasi, 1(2), 126-129. https://doi.org/10.29313/jrmk.v1i2.554