PENGARUH PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA DAVINA AESTHETIC CLINIC

https://doi.org/10.37476/jbk.v14i3.5405

Authors

  • Almutia Muslim Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Dirwan Dirwan Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Iradat Rayhan Sofyan Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Davina Aesthetic Clinic

Abstract

Penelitian ini bsertujuan untuk menganalisis pengaruh pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada Davina Aesthetic Clinic.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 80 responden yang merupakan pelanggan klinik Davina Aesthetic Clinic. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik pelayanan maupun kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel kualitas produk memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan dengan variabel pelayanan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan demikian, peningkatan kualitas produk dan pelayanan yang optimal dapat meningkatkan kepuasan pelanggan di Davina Aesthetic Clinic.

References

Ali, B. J., Gardi, B., Othman, B. J., Ahmed, S. A., Ismael, N. B., Hamza, P. A., & Anwar, G. (2021). Hotel service quality: The impact of service quality on customer satisfaction in hospitality. International Journal of Engineering, Business and Management, 5(3), 14– 28.

Amissah, E. F., Addison-Akotoye, E., & Blankson-Stiles-Ocran, S. (2022). Service quality, tourist satisfaction, and destination loyalty in emerging economies. In Marketing tourist destinations in emerging economies: Towards competitive and sustainable emerging tourist destinations (pp. 121–147). Springer.

Andriyani, M., & Ardianto, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 133-140.

Artha, A. P., & Prijati, P. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kopi Lain Hati Cabang Deltasari. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 12(1).

Cavaliere, L. P., Khan, R., Sundram, S., Jainani, K., Bagale, G., Chakravarthi, M. K., & Rajest, S. S. (2021). The impact of customer relationship management on customer satisfaction and retention: The mediation of service quality. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(3), 22107–22121.

Firman, A., & Dirwan. (2024). Peran Kualitas Pelayanan Program Loyalitas dan Kepercayaan dalam Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan Gopay. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 10(2),408-423.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175-182.

Kesuma, E., & Amri, M. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan pada Sulthan Hotel Banda Aceh. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4(4), 176-192.

Latief, F. (2024). Efek Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing. Al-Buhuts, 20(2).

Manggala, H., & Adirinekso, G. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Shaburi Kelapa Gading). Jurnal Ilmu Manajemen, 19, 39–53.

Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen cafe kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(2), 134-146.

Purnamasari, Y., Suwena, K. R., & Haris, I. A. (2015). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen produk m2 fashion online di Singaraja Tahun 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi, 5(1), 1-12.

Rahayu, S. (2024). Strategi pemasaran produk dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 3(1), 109-113.

Sayekti, F., Purnama, Y. I., Wijayanti, L. E., Yogyakarta, U. T., Yogyakarat, U. T., Yogyakarta, U. T., & Pelanggan, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan Pemakai Layanan Jasa pada Instansi Pemerintah. In The 2nd Widyagama National Conference on Economics and Business (WNCEB 2021), Wnceb (pp. 162-173).

Wedarini, N. M. S. (2013). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan telkom flexi. [Doctoral dissertation, Udayana University].

Published

2025-07-31

How to Cite

Muslim, A., Dirwan, D., & Sofyan, I. R. (2025). PENGARUH PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA DAVINA AESTHETIC CLINIC. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 14(3), 337–347. https://doi.org/10.37476/jbk.v14i3.5405