ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN E-TOLL CARD TERHADAP EFEKTIVITAS LAYANAN DI GERBANG TOL MAKASSAR

https://doi.org/10.37476/jbk.v8i4.707

Authors

  • Hasdiana S Hasdiana S
  • Ibriati Kartika Alimuddin

Keywords:

E-toll cards, effectiveness of services, E-toll card, Efektivitas layanan

Abstract

The purpose of this study is to determine the impact caused by the use of e-Toll cards on the effectiveness of services at the Makassar toll gate, which is one of the government programs in the form of electronic toll payment services. As for the specific target to be achieved in this research is to determine the level of effectiveness of services at the toll gate in Makassar by using e-toll card. The method used in this study is descriptive or a method that explains the effect of the independent variables tested on the dependent variable. The sampling method in this study used a purposive sampling technique by determining the criteria for toll road users by using e-toll cards. The analytical tool used is simple regression. The type of data used is primary and secondary data. While data collection techniques using interviews and questionnaires. The results to be achieved in this study are to determine the effect of the use of e-toll cards on the effectiveness of services at the Makassar toll gate.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan atas penggunaan e-Toll card terhadap efektivitas layanan di gerbang toll Makassar yang merupakan salah satu program pemerintah dalam bentuk layanan pembayaran toll secara. Adapun yang menjadi target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas pelayanan di gerbang tol yang ada di Makassar dengan menggunakan e-toll card. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif atau metode yang menjelaskan pengaruh antara variabel independent yang diuji terhadap variabel dependen. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan Teknik purposive sampling dengan menentukan kriteria pengguna jalan tol dengan menggunakan e-toll card. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi sederhana. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, Sementara teknik pengambilan data menggunakan wawancara dan penyebaran kuisioner. Hasil yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-toll card terhadap efektivitas layanan di gerbang toll Makassar

References

Sabrina O. Sihombing, 2015, Prediksi Penggunaan Aktual E-Toll Card dengan Metode Pendekatan Persamaan Struktural, Universitas Pelita Harapan.

Undang-undang no 13 tahun 1980 tentang jalan toll.

Peraturan pemerintah no 8 tahun 1990 tentang jalan tol.

Gita P.A, Eva H.F, 2016, Efektivitas Elektronik Toll (E-Toll) PT Jasa Marga Surabaya, Universitas Negeri Surabaya.

Sutrisno, Edy, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Kencana.

Ihyaul, 2009, Prospek Otonomi Daerah dan Perekonomian Indonesia. BPFE, UBM Yogyakarta.

Siagian, P. Sondang, 2009. Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Gunung Agung, Jakarta.

Jones, R dan M. Pendlebury. 2009. Public Sector Accounting. 5th Edition. Pitman Publishing, London.

Kurniawan, Agung. 2008. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Cetakan ke 11. Bandung: CV Alfabeta.

Wachidatus S, Novi M. 2018. Use of e-toll Cards : Satisfied Consumers? Jurnal Manajemen Motivasi 14 73-79, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Herry TZ, Sigit PH dan Hadi R. 2014. Atribut Pelayanana Jalan Tol Dalam Peningkatan Kualitas Berkendara (Studi Kasus : Jalan Tol Makassar). Direktorat Jendral Bina Marga, Kementrian Pekerjaan Umum.

Sutrisno E. 2007. Budaya Organisasi, Jakarta. Fajar Interpratama Mandiri.

Sabariah. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Tangga pada PT. PLN (Persero) Rayon Samarinda ULU. E-Journal Ilmu Administrasi Negara.

Chryseis IW, Wilma LS. 2019. Pengaruh E-Toll Card Mandiri dan Efektivitasnya terhadap Kepuasan Pelanggan E-toll Card di Surabaya. Program Studi Manajemen. Universitas Kristen Petra.

V. Wiratna Sujarweni, 2014. SPSS untuk Penelitian, Yogyakarta, Pustaka Baru.

Published

2019-10-31

How to Cite

Hasdiana S, H. S., & Alimuddin, I. K. (2019). ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN E-TOLL CARD TERHADAP EFEKTIVITAS LAYANAN DI GERBANG TOL MAKASSAR. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(4). https://doi.org/10.37476/jbk.v8i4.707