PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KARYAWISATA PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN GUNA MENINGKATKAN ANTUSIASME BELAJAR DAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DI PENDIDIKAN TINGGI

https://doi.org/10.37476/jbk.v9i1.846

Authors

Keywords:

Learning methods Field trip, Enthusiasm of learning, Entrepreneurship, Metode pembelajaran Karyawisata, Antusiasme belajar, Kewirausahaan

Abstract

This research is classified into the type of field research using a qualitative approach and descriptive research data exposure. This study is intended to determine the enthusiasm of learning of students in the field after using the study method of learning on entrepreneurship courses and its effect on student interest in entrepreneurship. In addition to questionnaires and interviews, the instruments used to obtain data in this study were observation and documentation. The results of this study indicate that the application of entrepreneurship education learning using the rich method of traveling to several home industries greatly influences the enthusiasm of student learning in entrepreneurship courses, and encourages their interests and preferences for entrepreneurs

 

Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan paparan data hasil penelitian secara deskriptif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui antusiasme belajar peserta didik di lapangan setelah menggunakan metode pembelajaran karyawisata pada mata kuliah kewirausahaan serta pengaruhnya terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha. Selain angket dan wawancara, instrumen yang digunakan untuk memeperoleh data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran pendidikan kewirausahaan menggunakan metode kayawisata ke beberapa home industry sangat berpengaruh terhadap antusiame belajar mahasiswa pada mata kuliah kewirausahaan, serta mendorong minat dan preferensi mereka untuk bewirausaha

 

References

Mawarsih, Siska Eko, (2013) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Presatsi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo, Semarang: Jurnal Penelitian UNS, Vol. 1, No. 3,

Undang-Undang No 20 Tahun 2012

Suyanto dan Djihad. 2012. Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakata: Multi Pressindo.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran : Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Al Idrus, Salim. 2017. Strategi Pembelajaran Kewiraushaan Aplikasi Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan di Pendidikan Tinggi. Malang: Media Nusa Creative

Suyitno, A. (2013) Pendidikan Kewirausahaan (Entrepreneuship education) Indonesia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (online)

Rusdiana, 2018. Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung : CV Pustaka Setia

Amalia, Yasienta dan Laily, Nadhirotul (2015) Pesepsi Siswa terhadap Metode Pengajaran Kewirausahaan Dengan Tingkat Minat Berirausaha Siswa SMA. Jurnal Ilmiyah Psikologi Terapan. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiya Malang. Vol. 03 No.1 Januari 2015

Wikanso, Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa STKIP PGRI Ngawi, Media Prestasi Jurnal Ilmiyah STKIP PGRI Ngawi. Vol.XI No.1 Juni 2013

https://www.maxmanroe.com

https://idtesis.com

https://kbbi.web.id/karyawisata.html

(http://pendidikanekonomi.upi.edu)

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Hilgard, E.R. & Bowers, G. (2004) Teoy of Leaning : Centuy PsygologY Series. New York: National Book Foundation

Bygrave, W.D. 2003, The Portable MBA Entrepreneurship, Jakarta: Binarupa Aksara.

Hisrich, R.D., (2008) Entrepeneuship, Edisi 7. Jakarta : Salemba Empat

Alma, B. 2011. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum, Bangdung : Alfabeta.

Moleong, Lexy J. (2008) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiono, (2005) Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Arikunto Suharsimi, (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta.

Azwar Saifuddin, (2001) Metode Penelitian, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Gintings, Abdorrakhman. 2008. Esensi Praktis: Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Moh Kasiram, (2010) Metodologi Penelitian: Refleksi Pengembangan Pemahaman Dan Penguasaan Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Maliki Press

Published

2020-01-31

How to Cite

Iskandar, I. (2020). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KARYAWISATA PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN GUNA MENINGKATKAN ANTUSIASME BELAJAR DAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DI PENDIDIKAN TINGGI. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 9(1), 68–81. https://doi.org/10.37476/jbk.v9i1.846