PENGARUH TATA KELOLA ARSIP, TINGKAT PENDIDIKAN DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN

Authors

  • Mursalin Alim KELURAHAN MOSSO DHUA SENDANA
  • Ahmad Firman Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Badaruddin Badaruddin Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Tata kelola arsip, Tingkat pendidikan, Fasilitas kerja, Kualitas pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: Pengaruh Tata Kelola Arsip, Tingkat Pendidikan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Majene, serta variabel yang paling dominan berpengaruh Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Kantor Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Majene. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan pada kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Majene. Waktu penelitian dilakukan bulan Januari 2021. Populasi penelitian adalah semua pegawai kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Majene yang berjumlah 56 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tidak terdapat pengaruh tata kelola arsip secara parsial terhadap kualitas pelayanan pada kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Majene 2) Tidak terdapat pengaruh tingkat pendidikan secara parsial terhadap kualitas pelayanan pada kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Majene 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas kerja terhadap kualitas pelayanan pada kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Majene 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama (simultan) terhadap kualitas pelayanan pada kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Majene 5) Fasilitas kerja yang paling dominan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pada kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Majene

References

Arsip Nasional Republik Indonesia, Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan, Jakarta.
Azyumardi Azra. 2012. Pendidikan Islam :Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Melenium III. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Barthos, Basir. 2016. Manajemen Kearsipan: Untuk Lembaga Negara, Swasta, dan Perguruan Tinggi. PT Bumi Aksara: Jakarta
Depdiknas .2003.Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara
Echdar Saban, 2017. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis.Bogor : Ghalia Indonesia
Gerungan, 2013.Psikologi Sosial. Bandung: Rafika Aditama
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik.Yogyakarta : Gava Media
Ihsan, Fuad. 2010. Dasar-dasar Kependidikan Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta
Lupiyoadi,R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat
Miro, Fidel. 2012, Pengantar Sistem Transportasi, Jakarta: Erlangga
Moenir.2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Muchyidin dan Sasmitamihardja.2008.Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Umum. Bandung: Puri Pustaka
M.T. Sumantri. 2006. Panduan Penyelenggaraan Perpustakaaan Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 2011.Standar Nasional Perpustakaan (SNP): Perpustakaan Provinsi, Perpustakaan Kabupaten/Kota, Perpustakaan Kecamatan, Perpustakaan Desa/Kelurahan, Perpustakaan Khusus Instansi Pemerintah. Jakarta, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
Permendiknas No.16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Seketariat Negara
Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet.18. Bandung, Alfabeta.
160
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. edisi Revisi vi, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Suryosubroto. 2010. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta:Rineka Cipta
Soedarmayanti. 2011. Prestasi dalam Pengembangan Pemberdayaan dan Pendayagunaan Pegawai. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Tirtaharja dan La Sulo, 2010.Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan.
Yoyo Yahyono. 2010.Layanan Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI

Downloads

Published

2022-12-16

How to Cite

Alim, M., Firman, A., & Badaruddin, B. (2022). PENGARUH TATA KELOLA ARSIP, TINGKAT PENDIDIKAN DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN. Cash Flow Jurnal Manajemen, 1(1), 146–160. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jcf/article/view/3303