PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK, KOMPETENSI GURU DAN SARANA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI GUGUS SD INPRES LONRONG KABUPATEN BANTAENG
Keywords:
pembelajaran matematika realistik, kompetensi guru, sarana pembelajaran dan minat belajar matematika siswaAbstract
Penelitian ini dilaksanakan pada Gugus SD Inpres Lonrong Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran matematika realistik, kompetensi guru dan sarana pembelajaran terhadap minat belajar matematika siswa di Gugus SD Inpres Lonrong Kabupaten Bantaeng.Data penelitian di.peroleh melalui survey pada semua guru yang berada di Gugus SD Inpres Lonrong Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng, yaitu berjumlah 42 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang dibagikan kepada seluruh responden penelitian. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan perangkat lunak SPSS 26.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) Kompetensi guru berpengaruh terhadap Minat Belajar Matematika Siswa pada Gugus SD Inpres Lonrong Kabupaten Bantaeng. Sedangkan pembelajaran matematika realistik dan sarana pembelajaran tidak berpengaruh terhadap Minat Belajar Matematika Siswa pada Gugus SD Inpres Lonrong Kabupaten Bantaeng (2) Pembelajaran matematika realistik, kompetensi guru dan sarana pembelajaran secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Belajar Matematika Siswa pada Gugus SD Inpres Lonrong Kabupaten Bantaeng. (3) variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap Minat Belajar Matematika Siswa (Y) dari ketiga variable independen yaitu kompetensi guru. Penulis mengharapkan metode yang digunakan sesuai dengan kondisi yang dialami siswa; kompetensi akan terwujud dalam bentuk penguasaan pengetahuan, keterampilan maupun sikap profesional; dan sarana dan prasarana belajar sekolah mendukung jalannya proses pembelajaran.
References
AsikBelajar. 2016. Arti Kompetensi Guru Menurut Ahli. By AsikBelajar.Com
35
Benjamin Bukit, et al. 2017. Pengembangan Sumber Daya manusia. Yogyakarta: Zahir Publishing
E. Mulyasa, Manajemen berbasis sekoah, Cet: 2, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.
Faizin Muhammad (2020). Nasib pembelajaran di Era Pandemi Covid – 19”. Uninus. Ac. ID
Fatkhan Amirul Huda (2019). Pengertian dan Langkah-langkah Pendekatan Matematik Realistik (PMR). https://fatkhan.web.id/pengertian-dan-langkah-langkah-pendekatan-matematik-realistik-
Fitrah.2016. Model Pembelajaran Matematika Sekolah.Malang: Budi Utama
Ikhsan, Andi (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di SD Negeri 2 Teunom Aceh Jaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unisyiah Volume 2 nomor 1, 1-11.
Muhibbin Syah, (2004). Psikologi Belajar. Bandung : Grafindo Persada
Muhibbin Syah. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Aina (2019). Indikator dan Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru
Mulyasa. (2005). Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep, Karakteristik, dan Imple-mentasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.
M. Buchori (1999). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Naro, Wahyuddin. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam: Sebuah Sumbangan Pemikiran. Makassar: Alauddin University Press, 2014. Nurhabib, Hilal. 2015. Analisis Minat Belajar Siswa Kelas IV dalam Proses Pembelajaran Tematik di SD Negeri 3 Brebes.
Pintek Blog, 2020. 4 Standar Kompetensi Guru: Guru & Calon Guru Wajib Tahu!. Pintek
Roestiyah (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada
Sadirman, AM (1988). Interaksi Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press
Saniatu Nisail Jannah dan Uep Tatang Sontani. Sarana dan prasarana pembelajaran sebagai faktor determinan terhadap motivasi belajar siswa. JURNAL
36
PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN. Vol. 3 No. 1, Januari 2018
Siti Hidayatus Sholehah. 2018. Minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SD Negeri Karangroto 04 Semarang.
Slamet, PH, (2000). Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No.027, tahun ke-6. November 2000.
Soedjadi, R (2001). Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Realistic Mathematics Education di FMIPA UNESA tanggal 24 Februari 2001 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005,. Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas. Departemen Pendidikan Nasional, 2005.
Wahyuningrum, H. 2000. Buku ajar manajemen fasilitas pendidikan. Yogyakarta: AP FIP UNY.
Wedan, Mas (2016). Lingkungan sekolah sebagai tempat belajar peserta didik. Silabus.mpi.