PENGARUH MANAJEMEN KELAS DAN INOVASI GURU TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI KREATIVITAS GURU DI GUGUS SD INPRES LONRONG KEC. EREMERASA KAB. BANTAENG
Keywords:
manajemen kelas, inovasi guru, kreativitas dan prestasi belajar.Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan pada Gugus SD Inpres Lonrong Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh manajemen kelas dan inovasi guru terhadap prestasi belajar siswa melalui kreativitas guru di Gugus SD Inpres Lonrong Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng. Data penelitian di peroleh melalui survey pada semua guru yang berada di Gugus SD Inpres Lonrong Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng, yaitu berjumlah 42 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang dibagikan kepada seluruh responden penelitian. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan perangkat lunak SPSS 26.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa kreativitas tidak mampu memediasi hubungan antara manajemen kelas terhadap prestasi belajar siswa pada Gugus SD Inpres Lonrong Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng dan kreativitas tidak mampu memediasi hubungan antara antara inovasi terhadap prestasi belajar siswa pada Gugus SD Inpres Lonrong Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng. Penulis mengharapkan guru lebih memperhatikan manajemen kelas; guru lebih meningkatkan inovasinya; menerapkan adanya kreativitas yang baik sehingga dapat menciptakan prestasi belajar siswa yang optimal; guru lebih memperhatikan manajemen kelas untuk menciptakan situasi kelas yang kondusif sehingga bisa meningkatkan prestasi belajar siswa; banyak berinovasi diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa; memperhatikan manajemen kelas diiringi pelaksanaan kreativitas agar dapat meningkatan prestasi belajar siswa dan disarankan agar berinovasi di barengi kreativitas untuk meningkatan prestasi belajar siswa.
References
Aina Mulyana. 2019. Iindikator Dan Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru. Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)
Bambang Rudito, et al. 2016. Aparatur Sipil Negara Pendukung Reformasi Birokrasi.Jakarta : Prenadamedia Group
Benjamin Bukit, et al. 2017. Pengembangan Sumber Daya manusia. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Cece Wijaya, A. Tabrani Rusyan, Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar (Bandung : Remaja Rosdakarya, 1994), 113
Deni Ariska. 2018. Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja dan Keselamatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Arumbai Kasembadan Banyumas. Purwokerto : Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Dosen pendidikan, 2021. Pengertian Strategi Menurut Para Ahli Oleh dosen pendidikan Diposting pada 30/01/2021
Edy Cahyana. 2018. Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Muhammadiyah 5 Purwokerto Kabupaten Wonogiri.Ponorogo : Institut Agama Islam Negeri (IAIN).
Engkoswara dan Aan Komariah. 2011. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Euis Karwati dan Donni Juni Priansa. 2014. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.
Ghozali (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hardani, et al. 2020. Metode Penelitian kualitatif dan kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group.
Hari Sulaksono. 2015. Budaya Organisasi dan Kinerja.Yogyakarta: Group Penerbitan CV Budi Utama.
Hadari Nawawi, Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan (Jakarta : Gunung Agung, 1982), 115.
Ika Desi Budiarto. 2020. https://www.balipost.com/news/2020/11/23/159321/ Menjadi-Guru-Inovatif.html
Marno Nugroho et al. 2020. Pengaruh Pelatihan, Motivasi, Kompetensi Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia.
Marbawi Adamy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia.Aceh: Unimal Press.
Masram, et al. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia.Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Miftahul Ummah, 2020. Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Fungsinya. PORTALSURABAYA.com
Muljani A. Nurhadi, Administrasi Pendidikan di Sekolah (Yogyakarta : IKIP Yogyakarta, 1983), 163-171
Novan Ardy Wiyani. (2013). Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rangga Wijaya, 2018. Pengaruh Budaya Organisasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada SMK SMTI Bandar Lampung). Lampung : Universitas Lampung.
Rizki Ananda et al. 2019. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi dan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi.Jurnal Manajemen dan Sains.
Rusdiana dan Yeti Hermayanti. (2015). Pendidikan Profesi Keguruan (Bandung : Pustaka Setia)
Sahid Raharjo. (2019). Cara Melakukan Analisis Regresi Multiples (Berganda) Dengan SPSS. Artikel SPSS Indonesia, Olah Data Statistik Dengan SPSS.
Saban Echdar. 2017. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis.Bogor: Ghalia Indonesia.
Sarifah Farrah Fadillah, 2020. 5 Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli / Henry Fayol yang Perlu Diketahui. Nesabamedia
Sentot Imam Wahjono. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: Salemba Empat
Sri Sundari, et al. 2019. Manajemen Kinerja.Bogor: Universitas Pertahanan
Stevy Moniharapon. 2018. AnalisisPengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Pada Kopertis Wilayah XII di Kota Ambon..Jurnal Manis.Volume 2 Nomor 2.
Sudirman N, dkk, Ilmu Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991), 311
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Suharsimi Arikunto, Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif (Jakarta: Rajawali Pers, 1992), 67
Syaiful Bahri Djamarah , Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif ( Jakarta : Rineka Cipta, 2000 ), 173