PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, SANKSI PERPAJAKAN DAN PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA UPT BAPENDA PROVINSI SULSEL WILAYAH PARE-PARE
Keywords:
Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, Pelayanan Publik, Kepatuhan Wajib Pajak.Abstract
Abstrak harus diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil atau kesimpulan singkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan antara kepatuhan wajib pajak, sanksi perpajakan, dan pelayanan publik terhadap kepatuhan wajib pajak pada UPT Bapenda Provinsi Sulsel Wilayah Parepare serta untuk mengetahui dan menganalisis variabel mana yang paling berpengaruh atau dominan terhadap kepatuhan wajib pajak pada UPT Bapenda Provinsi Sulsel Wilayah Parepare.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak pada UPT Bapenda Provinsi Sulsel Wilayah Parepare, sedangkan sanksi perpajakan dan pelayanan publik secara parsial tidak berpengaruh positif atau langsung dan tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak pada UPT Bapenda Provinsi Sulsel Wilayah Parepare, namun secara simultan, variabel kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan, dan pelayanan publik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak pada UPT Bapenda Provinsi Sulsel Wilayah Parepare serta variabel kesadaran wajib pajak merupakan variabel yang lebih berpengaruh atau dominan terhadap kepatuhan wajib pajak pada UPT Bapenda Provinsi Sulsel Wilayah Parepare.
References
-------------------, UNDANG-UNDANG No. 33 Tahun 2004, tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.
-------------------, UNDANG-UNDANG Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia; 2009.
Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50: 179-211.
Anton Robiansyah, Pratana Puspa Midiastuty, Eddy Suranta, Suparsiyem Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Atas Pemahaman Peraturan Perpajakan, Akuntabiltas Pemerintah, Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. I-FINANCE Vol.06 No. 01 Juni 2020.
AR, Syamsudin dan Damaianti. (2011). Metode penelitian pendidikan bahasa. Bandung: remaja rosdakarya.
Aryobimo, P. T., & Cahyonowati, N. (2012). Pengaruh Persepsi Wajib Pajak tentang Kualitas Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kondisi Keuangan Wajib Pajak dan Preferensi Risiko sebagai Variabel Moderating
Asfa, Esti Rizqiana dan Wahyu Meiranto. 2017. Pengaruh Sanksi Perpajakan, Pelayanan Fiskus, Pengetahuan dan Pemahaman Perpajakan, Kesadaran Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Diponegoro Journal of Accounting. Volume 6, Nomor 3, Tahun 2017,
Aswati, Wa Ode, Arifuddin Mas’ud, dan Tuti Nurdianti Nudi. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bemotor (Studi Kasus Kantor UPTB Samsat Kabupaten Muna ). Jurnal Akuntansi dan Keuangan Volume III/1/Februari
Davey, K. J. 1998. Penterjemah Amarullah Dkk, Pembiayaan Pemerintahan Daerah. Jakarta : UI Press.
Echdar, Saban. 2017. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Penerbit : Ghalia Indonesia. Bogor.
Frederica, Diana. (2008). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan (Daerah Istimewa Yogyakarta Kecuali Gunung Kidul Dan Kulon Progo). Jurnal Akuntansi Vol.8 No.3 Tahun 2008. Hal 261 – 282.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harinurdin, Erwin. 2009. Perilaku Kepatuhan Wajib Pajak Badan. ISSN 0854-3844 Vol. 16, Nomor 2.
Ilhamsyah, Randi., Maria G Wi Endang & Rizky Yudhi Dewantara. 2016. Pengaruh Pemahaman dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Samsat Kota Malang). Jurnal Perpajakan (Jejak) Vol. 8, No. 1. (didownload 29 september 2016)
Irianto, D. 2011. Pemanfaatan Mikroalga Laut Scenedesmus sp Sebagai Penyerap Bahan Kimia Berbahaya Dalam Air Limbah Industri. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Islamy,M.Irfan, 1999, Reformasi Pelayanan Publik, Makalah Pelatihan Strategi Pembangunan Sumber Manusia Aparatur Pemerintah Daerah dalam Era Globalisasi, di Kabupaten Daerah Tingkat II Trenggalek.
Juliantara, D. (2005). Peningkatan Kualitas Pemerintah Daerah dalam Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaruan.
Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81 Tahun 1993 tentang Pedoman Tata Laksana Pelayanan Umum
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan.
Lutfi, Achmad. 2006. Penyempurnaan Administrasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah: Suatu Upaya dalam Optimalisasi Penerimaan PAD. Jurnal Ilmu Administrasi dan Optimalisasi : Bisnis & Birokrasi, Volume XIV, No 1, Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI.
Mardiasmo. 2011. Perpajakan (Edisi Revisi 2011). Yogjakarta: Andi Offset.
Marziana, et al., 2010. The Relationship Between Perceptions and Level of Compliance Underself Assessment System –A Study In The East Coast Region,College of Business Management and Accounting Universiti Tenaga Nasional*, Global Business and economics July 2010, Vol.1
Muliari, Ni Ketut dan Putu Ery Setiawan. (2011). Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Denpasar Timur. Jurnal akuntasi bisnis Vol.6.1-Jan 2011.
Muliari, NK., Setiawan PE. 2011. Pengaruh persepsi tentang sanksi perpajakan dan Kesadaran wajib pajak pada kepatuhan Pelaporan wajib pajak orang pribadi di kantor Pelayanan pajak pratama denpasar timur. Skripsi. Universitas Udayana. Denpasar. Hal.5
Pemerintah Provinsi Sulawesi- Selatan Nomor 10 Tahun 2010 Tentang Pajak Daerah.
Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2016 tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Pemungutan Pajak Daerah.
Putra, Widnata. AMP, Kusuma. Sudiartana, Made. 2021. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Sosialisasi Pajak Dan Penerapan E-Billing Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Utara. Jurnal Kharismavol. 3 No. 1, Februari 2021E-ISSN 2716-2710.
Rahayu, S, K. 2013. Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu
Rahayu, Siti. 2010. Perpajakan Indonesia: Konsep & Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sampara Lukman. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: Stia Lan Press.
Sari, R.A. Vivi Yulian dan Neri Susanti. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Di Unit Pelayanan Pendapatan Provinsi (UPPP) Kabupaten Seluma. Ekombis Review. (didownload 14 oktober 2016)
Siti Kurnia Rahayu, 2017, Perpajakan Konsep dan Aspek Formal, Bandung: Rekayasa Sains
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2013. Metode Penelitian Bisnis.Cetakan ketujubelas.Alfabeta. Bandung.
Susanti, Niken Apriliana. 2018. Pengaruh Pengetahan Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Dan Penerapan E-Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Sleman). Skripsi. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Syafril, Wahyu Dwi Wicaksono. 2020 Pengaruh Kesadaran wajib pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Perpajakan, Sistem E-samsat dan Akuntabilitas Pelayanan Publik terhadap kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Kota Tegal.
Tanilasari, Yessica dan Pujo Gunarso.2017.Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Kualitas Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan.Jurnal Akuntansi dan Perpajakan, Vol.3, No.1, Tahun 2017.
Tjahjono, A. dan Husein, Muhammad Fakhri. 2000. Perpajakan Edisi Revisi Cetakan Kedua.Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Undang-undang nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah
Wahyudi Kumorotomo, Akuntabilitas Birokrasi Publik, Sketsa Pada Masa Transisi, Magister Administrasi Publik (MAP) dan Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2008.
Wardani, Dewi Kusuma dan Rumiyatun. (2017). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus WP PKB Roda Empat di Samsat Drive Thru Bantul). Jurnal Akuntansi Vol. 5 No. 1 Juni 2017.
Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., dan Berry, L. L. Delivering Quality Service ; Balancing Customer Perception and Expectations, The Free Press, New York, 1990.