PENGARUH KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH, STRATEGI PEMBELAJARAN DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI GUGUS SDN 5 LEMBANG CINA KECAMATAN BANTAENG KABUPATEN BANTAENG
Keywords:
: kebijakan kepala sekolah, strategi pembelajaran, profesionalisme guru terhadap mutu pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kebijakan kepala sekolah, strategi pembelajaran dan profesionalisme guru secara parsial maupun secara simultan terhadap mutu pendidikan di Gugus SDN 5 Lembang Cina Kec. Bantaeng Kab.Bantaeng Data penelitian diperoleh melalui survey pada semua guru yang berada di Gugus SDN 5 Lembang Cina Kec. Bantaeng Kab.Bantaeng, yaitu berjumlah 73 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang dibagikan kepada seluruh responden penelitian. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan perangkat lunak SPSS 26.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Kebijakan kepala sekolah dan profesionalisme guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan pada Gugus SDN 5 Lembang Cina Kabupaten Bantaeng, sedangkan Strategi pembelajaran tidak berpengaruh terhadap mutu pendidikan pada Gugus SDN 5 Lembang Cina Kabupaten Bantaeng (2) Kebijakan kepala sekolah, strategi pembelajaran dan profesionalisme guru berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap mutu pendidikan pada Gugus SDN 5 Lembang Cina Kabupaten Bantaeng (3) Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap mutu pendidikan (Y) dari ketiga variable independen yaitu profesionalisme guru. Penulis mengharapkan perlu diperhatikan dan hati hati dalam menentukan kebijakan kepala seolah untuk mencapai tujuan yang telah diharapkan; perlu diperhatikan dalam pemilihan strategi pembelajaran harus sesuai dengan kemampuan yang dimiliki siswa; diharapkan kualitas pendidikan di Indonesia mengalami peningkatan Sehingga perlu lebih di tingkatkan profesionalisme guru.
References
Aina Mulyana. 2019. Iindikator Dan Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru. Aktual, Inspiratif, Normatif, dan Aspiratif (AINA)
Bambang Rudito, et al. 2016. Aparatur Sipil Negara Pendukung Reformasi Birokrasi.Jakarta :Prenadamedia Group
Benjamin Bukit, et al. 2017. Pengembangan Sumber Daya manusia. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Deni Ariska. 2018. Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja dan Keselamatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Arumbai Kasembadan Banyumas. Purwokerto :Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Dindin Samsudin, 2017. Profesionalisme Guru. SerambiNews.com
Dosenpendidikan, 2021. Pengertian Strategi Menurut Para AhliOleh dosenpendidikanDiposting pada 30/01/2021
Edy Cahyana. 2018. Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Muhammadiyah 5 Purwokerto Kabupaten Wonogiri.Ponorogo :Institut Agama Islam Negeri (IAIN).
Fatkhan Amirul Huda(2017). Pengertian Profesionalisme Guru.
Ghozali (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hadi, Muhammad (2019). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada MIN Buengcala KecamatanKuta Baro Kabupaten Aceh Besar: Universitas Islam Negeri Banda Aceh
Hardani, et al. 2020. Metode Penelitian kualitatif dan kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group.
Hari Sulaksono. 2015. Budaya Organisasi dan Kinerja.Yogyakarta: Group Penerbitan CV Budi Utama.
Jumadi, P., Firman, A., & Alam, S. (2022). PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL, FASILITAS, BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI II MAROWO KABUPATEN TOJA UNA-UNA. Ezenza Journal (EJ), 1(1), 26-36.
Marno Nugroho et al. 2020. Pengaruh Pelatihan, Motivasi, Kompetensi Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia.
Marbawi Adamy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia.Aceh: Unimal Press.
Masram, et al. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia.Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Miftahul Ummah, 2020. Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Fungsinya. PORTALSURABAYA.com
Oemar Hamalik, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi(Jakarta; PT Bumi Aksara, 2006) cet. Ke-4
Rangga Wijaya, 2018. Pengaruh Budaya Organisasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada SMK SMTI Bandar Lampung). Lampung :Universitas Lampung.
Rizki Ananda et al. 2019. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi dan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi.Jurnal Manajemen dan Sains.
Sahid Raharjo. (2019). Cara Melakukan Analisis Regresi Multiples (Berganda) Dengan SPSS. Artikel SPSS Indonesia, Olah Data Statistik Dengan SPSS.
Saban Echdar. 2017. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis.Bogor: Ghalia Indonesia.
Sarifah Farrah Fadillah, 2020. 5 Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli / Henry Fayol yang Perlu Diketahui. Nesabamedia
Sentot Imam Wahjono. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: Salemba Empat
Sri Sundari, et al. 2019. Manajemen Kinerja.Bogor: Universitas Pertahanan
Stevy Moniharapon. 2018. AnalisisPengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Pada Kopertis Wilayah XII di Kota Ambon..Jurnal Manis.Volume 2 Nomor 2.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Syahribulan, S., Firman, A., & Waluyo, H. S. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN PROFESIONALISME, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI GUGUS XI WILAYAH I KECAMATAN BACUKIKI BARAT KOTA PAREPARE. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 2(6), 841-853.
Yastrawan, Dodi (2017). Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Era Globalisasi: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.