ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CUSTOMER LOYALTY TERHADAP PRODUK INDOMIE DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Aji Novi Suhendi Aji Novi
  • Muhammad Jalari Jalari Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, Kepuasan pelanggan, Loyaliatas Konsumen

Abstract

Penelitian bertujuan guna mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap pembelian produk indomie dengan kepuasan konsumen sebagai variabel interveningnya. Populasi dalam penelitian ini termasuk jenis populasi yang tidak terbatas. Teknik pengumpulan data memanfaatkan teknik non probability pada jenis purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner serta mengambil sampel 70 responden. Teknik analisis datanya berupa analisis regresi linier berganda memanfaatkan SPSS versi 25.

Adapun hasil dari penelitian ini yaitu kualitas produk yang mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen, citra merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen, harga berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas konsumen terhadap produk indomie.

References

Adetya, Lisa dan G. Rahamawan. (2021). The Effect of Product Quality, Innovation and Price To Purcishing Decisions of Noodle Product. International Journal of Multi Science Vol. 1 No 10 Hal 60-70.
Andi, Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Dannisa, Andrea dan S. B. Santoso. (2016). The Impact of Service Quality, Price, Products, and Trust on “Kober Mie Setan” Costumer Satisfaction. Diponegoro Journal of Mangement Vol 5 No. 3, Hal 1-13
Delima, Ade dan H.M. Ashary. (2019). Influence of Service Quality, Product Quality, Price, Brand Image, and Promotion to Consumer Satisfaction Affecting on Consumer Loyalty (Online Shop). Jurnal Economics Hal 1-15.
Hansen, D.R. dan Mowen, M.M. (2011). Akuntansi Manajerial. Salemba Empat. Jakarta.
Harianto, David dan H. Subagio. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image, dan Atmosfer terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Konsumen kedai Deja-Vu Surabaya. Jurnal Mnajemen pemasan Vol. 1 No. 1, Hal 1-8.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2018. Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller (2016). Marketing Managemet. Edisi 15 Global Edition. Pearson.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2014). Principles of Marketin. 12th Edition. Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.
Lovelock, Wirtz. (2011). Services Marketing (People, Technology, Strategy). Pearson Education Limited. England.
Manus, F.W. dan B. Lumanauw. (2015). Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Layanan, Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal EMBA Vol. 3 No 2 Hal 695-705.
Pangestu, J. D. dan G. Rahmawan. (2021). Determination Factors of Buying Decision at The Indonesian Cigarette Industry. International Journal of Multi Science Vol. 1 No. 10 Hal 79-87.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.
Sitio, S. O. (2020). The Impact of Brand Image and Sevice Quality On Buying Decisions and Its Implication on Consumer Satisfaction. DJIDBM Volume 1, Issue 3, Hal 394-408.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset
Vikas Kumar, L. B. (2011). The Impact of Operations Performance on Customer Loyalty . Service Science Vol. 3 No,2, Hal 158-171.
Viky Ariska, N. Q. (2020). The Impact Of Service Quality, Price, Products, And Trust On "Kober Mie Setan" Consumer Satisfaction. International Journal of Scientific & Technology Reseach Vol 9, Issue 04, Hal 1782-1785.
Wirayanthy, Noverita dan S. Santoso. (2019). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label. JMD Vol. 2 No. 2, Hal 87-96

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Suhendi, A. N., & Jalari, M. J. (2023). ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CUSTOMER LOYALTY TERHADAP PRODUK INDOMIE DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Pusaran Manajemen (JPM), 1(3), 299–310. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jpm/article/view/3733