PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI GUGUS SD INPRES UJUNGKATINTING, KECAMATAN PA’JUKUKANG KABUPATEN BANTAENG

Authors

  • Sri Hastuti SD INPRES UJUNGKATINTING
  • Muhammad Hidayat Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Haeranah Alwany Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

kompetensi, motivasi, lingkungan kerja dan kinerja guru

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Gugus SD Inpres Ujung katinting Kecamatan Pa'jukukang Kabupaten Bantaeng. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh baik secara parsial maupun  secara simultan kompetensi, motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru  di Gugus SD Inpres Ujung katinting Kecamatan Pa'jukukang Kabupaten Bantaeng. Data penelitian di.peroleh melalui survey pada semua guru yang berada di Gugus SD Inpres Ujung katinting Kecamatan Pa'jukukang Kabupaten Bantaeng, yaitu berjumlah 51 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang dibagikan kepada seluruh responden penelitian. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan perangkat lunak SPSS 26.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) Kompetensi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Sedangkan motivasi dan lingkungan kerja tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng (2) Secara simultan variabel kompetensi, motivasi dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di Gugus SD Inpres Ujung Katinting Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. (3) Nilai koefisien beta menunjukkan bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja guru (Y) yaitu kompetensi. Penulis mengharapkan  guru harus memiliki kemampuan dasar menyajikan pelajaran yang dapat menarik perhatian siswa; motivasi sebagai suatu proses mengarah pada suatu pengalaman yang dapat dipelajari siswa,sehingga motivasi juga perlu ditingkatkan; dan lingkungan kerja yakni sekolah merupakan tempat kedua selain keluarga, Sehingga perlu lebih diperhatikan.

References

A.M. Sardiman. 2011. InteraksidanMotivasiBelajarMengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo

Adji Anwar.2013.Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT.Inti Kebun Sejahtera. Diakses 25 Januari 2018.

Ainanur, A., &Tirtayasa, S. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen,

Anwar Prabu Mangkunegara. 2015. SumberDayaManusia Perusahaan. Cetakan keduabelas.Remaja Rosdakarya:Bandung

Arizal, 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala UPTD Pendidikan dan Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Pegawai UPTD Kecamatan Muko-Muko Pelepat dan Bathin III Kabupaten Bungo.Tesis.Tidak diterbitkan. Jakarta: Program Pascasarjana Magister ManajemenUniversitas Terbuka.

Burhanudin, Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Bumi aksara, Jakarta, 2007

Dantes, Nyoman. 2012. MetodePenelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Djahiri K. 2014. Membina Dan Meningkatkan Profesionalitas Tugas Peran Pendidik Melalui Peningkatan Kompetensi Guru Serta Sekolah Sebagai Pusat Pembelajaran.Bandung : UPI

Ghozali, Imam. 2006. Ekonometrika (Teori, Konsep, Aplikasidengan SPSS.17). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamzah, Uno. 2012. Teori Kinerja Dan Pengukurannya. Jakarta :BumiAksara.

Husni, Yusratul. 2014. Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Guru (StudiKasusSltp Di Kota Sawahlunto).Tesis. Program Studi Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Kusmianto.(1997). Panduan Penilaian Kinerja Guru Oleh Pengawas.Jakarta :Erlangga.

Mahmudi. 2010. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Jakarta. STIE YKPN.

Mangkunegara, AA.Anwar Prabu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung:Remaja Rosdakarya

Masdiantoro. 2016. Pengaruh Kompetensi Profesional, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP di Kecamatan Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Pascasarjana Universitas Pgri Yogyakarta.

Muchlas, M. (2008 ). PerilakuOrganisasi. Yogyakarta: GadjahMada University Press

Norianggono,YacindaChresstelaPrasidya,Hamid,Djamhur&IkaRuhana .2014. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Non Fisik terhadap Kinerja Karyawan .Jurnal Administrasi Bisnis

Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007. Tentang standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah

PeraturanMenteriPendidikanNasionalRepublikIndonesiaNomor 16 Tahun 2007 TentangStandarKualifikasiAkademik Dan Kompetensi Guru.Jakarta :DirektoratTenagaKependidikanDepdiknas.

Peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan

Prawirosentono, Suryadi dan Primasari, Dewi, 2015. Kinerja dan motivasi Karyawan.. BPFE, Yogyakarta

Sadirman 2011, interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali press

Saefullah.2012. PsikologiPerkembangandanPendidikan. Bandung: PustakaSetia.

Sanusi, Anwar. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sinambela, Lijan Poltak. (2012). Kinerja Pegawai Teori, Pengukuran,dan Implikasinya. Yogyakarta:Graha Ilmu

Sudarmanto. (2009). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Sedarmayanti, S. (2017).Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Sofyan,DianaKhairani.2013.Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Bappeda.MalikussalehIndustrialEngineeringJournal,2,1, 20

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifdan R&D. Bandung :Alfabeta.
Supardi, 2014.Kinerja guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Supardi, Kinerja Guru, (Jakarta :RajawaliPres, 2013)

Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada

Suparlan, 2008, Menjadi Guru Efektif, Jakarta: Hikayat Publishing.

Undang-undangNomor 14 Tahun 2005 tentang Guru danDosen.

Undang-undangNomor 20 tahun 2003 tentangSistemPendidikanNasional.

Wibowo. 2014. ManajemenKinerja. Jakarta : PT. Raja GrafindoPersada.

Widiastuti, KomangWiwin Sri. 2013. Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK TRIATMA JAYA Singaraja Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi (tidakditerbitkan). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Ganesha.

Winardi. 2011. Motivasi Pemotivasian. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada

Wirawan, Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat, 2012.

Yudana, Made. 2012. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 KutaTahun 2004.Skripsi (tidakditerbitkan).

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Hastuti, S., Hidayat, M., & Alwany, H. (2023). PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI GUGUS SD INPRES UJUNGKATINTING, KECAMATAN PA’JUKUKANG KABUPATEN BANTAENG. Jurnal Pusaran Manajemen (JPM), 1(3), 311–321. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jpm/article/view/3734