PENGARUH TUNJANGAN PROFESI, DISIPLIN KERJA, DAN PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI GUGUS SD.NEGERI 40 LUMPANGANG, KECAMATAN PA'JUKUKANG KABUPATEN BANTAENG
Keywords:
Tunjangan Profesi, Disiplin, Pengawas Sekolah, Kinerja.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tunjangan profesi guru, disiplin kerja, dan pengawas sekolah terhadap kinerja guru di Gugus SD Negeri 40 Lumpangang Kecamatan Pa’jukukang, Kabupaten Bantaeng.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dihasilkan dari penyebaran kuisioner, observasi dan rekam dokumen. Alat analisis yang digunakan adalah analisa statistika yaitu analisa regresi linier berganda dengan pembuktian hipotesis melalui uji t untuk membuktikan keterkaitan antara variabel independent dengan variabel dependent secara parsial dan uji Funtuk membuktikan keterkaitan antara variabel independen dengan variabel dependent secara simultan. Terdapat 78 guru yang merupakan populasi dan dipilih 40 responden guru sebagai sampel dengan tehnik sampling menggunakan Purposive sampling yaitu guru-guru yang mengajar pada di Gugus SD.Negeri 40 Lumpangang, Kecamatan Pa'jukukang Kabupaten Bantaeng yang sudah tersertifikasi.
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh Tunjangan profesi guru, Disiplin Kerja guru dan Pengawas sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru. Tunjangan profesi guru, disiplin kerja, dan pengawas sekolah berpengaruh berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru Diantara variabel Tunjangan profesi guru, Disiplin Kerja, dan Pengawas Sekolah, variabel Disiplin kerja guru yang dominan berpengaruh terhadap Kinerja Guru di Gugus SD Negeri 40 Lumpangang Kecamatan Pa’jukukang, Kabupaten Bantaeng.
References
Arifin, 2000. Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformasi Pendidikan dalam Era Globalisasi. Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka cipta.
Barnawi, Mohammad Arifin. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Butin, 2006. Introduction Future Directions for Service Learning in Higher Education. International Journal of Teaching and Learning in Higher
Dharmawan Haryo Dewanto dkk. 2011 Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di SMA N 1 Gianyar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana Email :dharmawanharyo@gmail .com1 ,erviantono2 @yahoo .com2, ketutwinaya14@yahoo.com3an
DosenPendidikan.Com 2014 Serifikasi Guru Peenegrtian, Dasar Kriteria tujuan dan mamfaat https//www.dosenpendidikan.go.id
Haris, Abdul (2014) Pengaruh Supervisi Pengawas Sekolah terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Takalar. Magister (S2) thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Kania Teja Utari1. 2019 Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru (The influence of work discipline on teacher performance) Journal Peendidikan manajemen Perkantoran Vol 4 No 2 Juli 2019 hal 246- 253 Program Studi Pendidikan Manajemen Perkantoran, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia
Kemendikbud 2007 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun Tunjangan profesi guru Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
Nurbaeti 2015 Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Di Kabupaten Sleman Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
Mulyasa, 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mustofa, Arif. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Ondi, Saondi. 2012. Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT. Refika Aditama
KemenPAN 2010 Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 ,
Lestari, Sri.2015. Pengaruh Sertifikasi Guru terhadap Kinerja Guru MTs Mlinjon Filial Trucuk Klaten. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Tidak diterbitkan.
Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru 2010
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 10 Tahun 2009 tentang Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan. Keputusan Mendiknas Nomor 022/P/2009 tentang Penetapan Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi Guru
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Rian Ronal 2014 Pengaruhmotivasi dan disiplin kerja terhadapkinerja karyawan Jurnal JOM Fekon Vol.1 no.2 Oktober 2014 Pt.Babussalam Barubagian pemasaran
Robbins, S.P. 2005. Organization Behavior: Concep-Contraversies Application. New Jersey: Englewood Cliffs: Prentice-Hall, Inc.
Siswanto, H.B. Dr. 2006 .PengantarManjemenedisi kedua, PT. BumiAksara, Jakarta
Sudjana, Nana.2011. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Jakarta: Kemendiknas.Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif DanR&D.Bandung: Alfabeta CV.
Sudjana, Nana. 2012a. Pengawas dan Kepengawasan: Memahami Tugas Pokok, Fungsi, Peran dan Tanggung Jawab Sekolah. Bekasi: Binamitra Publishing.. 2012b. Supervisi Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya bagi Pengawas Sekolah. Bekasi: Binamitra Publishing.
Sulistyorini, 2001. Hubungan antara Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru. Ilmu Pendidikan: 28 (1) 62-70.
Syarif.2015 Pengaruh Kinerja Kepala sekolah dan Keterpenuhan Sarana Prasarana terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi dan Kepuasan Keerja Guru. PPs UNM
Syaiful, Sagala. 2012. Supervisi Pembelajaran.Bandung : Alfabeta
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.