PENGARUH SEMANGAT KERJA, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN PINRANG

Authors

  • Zainal Program Pascasarjana Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Muhammad Idris Program Pascasarjana Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Sylvia Sjarlis Program Pascasarjana Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Semangat kerja, Motivasi dan Disiplin kerja terhadap Produktivitas kerja pegawai

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Semangat kerja, Motivasi dan Disiplin kerja terhadap Produktivitas kerja pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Pinrang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun jumlah populasi sebanyak 87 responden. Instrument dari  penelitian yang dignakan adalah analisis regresi linear berganda dengan Bantuan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian diketahui bahwa variabel Semangat kerja berpengaruh langsung terhadap Produktivitas kerja pegawai sebesar 0,182 kemudian variabel Motivasi kerja berpengaruh langsung terhadap Produktivitas kerja pegawai sebesar 0,282, demikian pula variabel Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Produktifitas kerja sebesar 0,485. variabel Semangat kerja, Motivasi dan Disiplin kerja terhadap produktivitas kerja  adalah  sebesar 55,3 %. Dari ketiga variabel pembentuk kinerja maka dapat disimpulkan bahwa variabel Disiplin kerja merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap produktifitas kerja pegawai pada sekretariat daerah kabupaten pinrang dengan t hitung 5.501 dengan taraf signifikan 0,000.

References

Hasan, Lenny. 2012. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Komitmen Organisasi Pegawai Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi Kota Padang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Universitas Taman Siswa Padang. Volume. 3, Nomor. 1, Hal. 57-92.

Hasibuan, Malayu SP. 2010. Manajemen Dasar Pengertian dan Masalah. Jakarta: Gunung Agung.

Hasibuan, Malayu, SP. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Bumi Aksara.

Hernowo, Narmodo, 2013. ”Pengaruh Motivasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Wonogiri”, Journal Daya Saing.pdf.

Mangkunegara. 2012. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. PT Refik Aditama. Bandung.

Moekijat. 2013. Tata Laksana Kantor. Bandung: Mandar Maju.

Moekijat. 2015. Manajemen Kepegawaian (Personnel Management). Bandung: Alumni.

Nawawi, Hadari. 2010. Administrasi Personel untuk Peningkatan Produktivitas Kerja. Jakarta: Haji Masagung.

Nitisemito, Alex S. 2012. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia.

Siagian, P Sondang. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sinungan, Muchdarsah. 2010. Produktivitas, Apa dan Bagaimana. Jakarta: Angkasa Persada.

Westra, Pariata. 2010. Manajemen Personalia. Yogyakarta. Liberty.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Zainal, Idris, M., & Sjarlis, S. (2023). PENGARUH SEMANGAT KERJA, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN PINRANG. Jurnal Pusaran Manajemen (JPM), 2(1), 101–109. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jpm/article/view/4171