PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI ETOS KERJA PADA PT. MANDIRI UTAMA FINANCE

Authors

  • Nur Annisa Harbi Program Pascasarjana Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Syamsu Alam Program Pascasarjana Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Mukhtar Hamzah Program Pascasarjana Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Reward, Punishment, Etos Kerja, dan Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Kinerja Karyawan melalui Etos Kerja pada PT Mandiri Utama Finance. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan pada PT Mandiri Utama Finance. Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Agustus 2020. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan PT Mandiri Utama Finance yang berjumlah 94 orang. Pemilihan sampel untuk penelitian ini dilakukan secara Jenuh (Sampel Jenuh) yaitu seluruh populasi yang dijadikan sampel. Kriteria responden yang ditentukan dalam penelitian ini yaitu responden yang sedang bekerja di PT. Mandiri Utama Finance yang berstatus karyawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh reward terhadap kinerja karyawan, 2) Terdapat pengaruh punishment  terhadap kinerja karyawan, 3) Terdapat pengaruh reward terhadap etos kerja, 4) Terdapat pengaruh punishment terhadap etos kerja, 5) Terdapat pengaruh etos kerja terhadap kinerja karyawan , 6) Terdapat pengaruh reward terhadap kinerja karyawan melalui etos kerja, dan 7) Terdapat pengaruh punishment terhadap kinerja karyawan melalui etos kerja.

References

Adibah, Ayuk Wahdanfiari . 2014. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Etos Kerja Karyawan Bank Bni Syariah Kantor Cabang Kediri.

Irmayanti,Ade.2013. Penghargaan (Reward) dan Hukuman (Punishment) dalam Organisasi.(26 mei 2013)

Mangkunegara, A. P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moorhead, G., & Griffin, R. W. (2013). Perilaku Organisasi: Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Nuraini, Siti Khoirun 2012. Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Perkebunan Nusantara V Afdeling III Kebun Sei Galuh

Nurhidayat. 2016. Pengaruh Kemampuan, Disiplin, Kompensasi, Pelatihan, Dan Pengembangan Terhadap Kinerja Pegawai Skyrope Indonesia PT. Nusantara Akses Globalindo.

Rismanto. 2019. Pengaruh kompetensi karyawan, Reward dan punishment terhadap kinerja karyawan (Survei pada Karyawan Koperasi Syariah Nuri Jawa Timur di Pulau Madura)

Rosyidah, Biatur. 2018. Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Di Bank BRI Syariah Cabang Ponorogo

Sedarmayanti, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Refika Aditama, Bandung

Sune, Umar. 2018. Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Pohuwato.

Sutisna, Entis. 2012. Etos Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Pratama Jaya Ciamis. Bandung: e-lib UNIKOM.

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

Harbi, N. A., Alam, S., & Hamzah, M. (2023). PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI ETOS KERJA PADA PT. MANDIRI UTAMA FINANCE. Jurnal Pusaran Manajemen (JPM), 1(4), 356–366. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jpm/article/view/4173