PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, LINGKUNGAN KERJA DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN SIMBORO KABUPATEN MAMUJU

Authors

  • Wahida Program Pascasarjana Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Ahmad Firman Program Pascasarjana Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Andi Ririn Oktaviani Program Pascasarjana Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Lingkungan Kerja, dan Supervisi Kepala Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik, lingkungan kerja dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru Di sekolah dasar sekecamatan siboro di mamuju.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan dalam penelitian ini menggunakan responden berjumlah 40 orang dengan menggunakan teknik random sampling/sampel acak. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada guru yang bekerja di sekolah. Teknik analisis Yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, yang dioperasikan melalui program SPSS 25.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kopetensi pedagogik berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru. Sementara itu kopetensi pedagogik, lingkungan kerja dan supervisi kepala sekolah mempunyai pengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja guru Di sekolah dasar sekecamatan simboro kabupaten mamuju.

References

Abdul Hadis dan Nurhayati B. 2012. Manajemen Mutu Pendidikan, Bandung, Alfabeta.

Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakkir. 2010. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kencana Prenada Media

Agusta, L; E. M. Susanto. 2013. Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV Haragon Surabaya, AGORA.

Aris suherman dan ondi saondi. 2010. Etika Profesi Keguruan Bandung, PT Refika Aditama.

Asf, Jasmani dan Syaiful Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan, Yogjakarta, ArRuzz Media.

Danim, S dan Khairil. 2011. Profesi Kependidikan, Bandung, Alfabeta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Rineka Cipta

Fathurrohman, Pupuh. 2011. Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran, Bandung, Refika Aditama.

Gunawan, M. A. 2015. Statistik Penelitian Bidang Penelitian, Psikologi, dan Sosial Dilengkapi dengan Contoh Secara Manual dan SPSS, Yogyakarta, Parama Publishing.

Imron, Ali. 2011. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara.

Irwanto, N dan Suryana, Y. 2016. “Kompetensi Pedagogik untuk Peningkatan dan Penilaian Kinerja Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional”, sidoarjo, Genta Group Production.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Bahan Uji Publik Kurikulum 2013, Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah. 2011. Supervisi Akademik, LPPKS Indonesia.

Mulyasa. 2013. Pengembangan Dan Implentasi Pemikiran Kurikulum, Bandung, RoSekolah dasarakarya.

Mulyasa, E, (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru, Bandung, Remaja RoSekolah dasarakarya

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Bab VI Pasal 28 Ayat 3 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Kompetensi guru, Jakarta.

------------- 2003. Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta

Priansa, Donni Juni. 2014. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung, Alfabeta

Priansa, D. J., & Somad, R. 2014. Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung, Alfabeta.

Purwanto, Ngalim. 2012. Administrasi dan Supervisi Pendidikan (21thed), Bandung, Remaja RoSekolah dasarakarya.

Sagala, Syaiful. 2012. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan, Bandung, Alfabeta.

Sagala, Syaiful. 2013. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung, Alfabeta.

Saondi, Ondi dan Aris Suherman. 2010. Etika Profesi Keguruan, Bandung, Refika Aditama

Satori, Djam’an, dkk. 2007. Profesi Keguruan, Jakarta, Universitas Terbuka.

Sedarmayanti. 2011. Manajemen sumber daya manusia, reformasi birokrasi dan manajemen pegawai negeri sipil ( cetakan kelima ), Bandung, PT aditama

Supardi. 2013. Kinerja Guru, Jakarta, Rajawali Press.

Supardi. 2014. Kinerja Guru, Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung, Alfabeta CV.

Suryana, N; S. Haerani; M. I. Taba .2010. Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Dan Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Di Divisi Tambang PT. Inco Sorowako).

Sutomo. 2011. Manajemen Sekolah, Semarang, Universitas Negeri Semarang Press.

Suyanto dan Asep Jihad .2013. Menjadi Guru Profesional, Strategi meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global, Jakarta : Esensi Erlangga Group.

Taniredja, Tukiran, Pudjo Sumedi dan Muhammad Abduh. 2016. Guru yang Profesional, Bandung, Alfabeta

Undang-undang republik indonesia nomor 14 tahun 2005 Tentang guru dan dosen.

Uno, Hamzah. B. 2014. Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Jakarta, Bumi Aksara.

Usman,husaini. 2013. Manajemen Teori,Praktik Dan Riset Pendidikan, edisi keempat, Jakarta timur, Bumi aksara

Yamin, Martinis dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta, Persada Press.

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

Wahida, Firman, A., & Oktaviani, A. R. (2024). PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, LINGKUNGAN KERJA DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN SIMBORO KABUPATEN MAMUJU. Jurnal Pusaran Manajemen (JPM), 2(2), 143–152. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jpm/article/view/4174