Pengaruh Pemasaran Relasi dan Pemasaran Pengalaman Terhadap Retensi Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Moderasi Pada Bank Syariah Indonesia di Kota Makassar

Authors

  • Indra Abadi Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Yuswari Nur Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Pemasaan Relasi, Pemasaran Pengalaman, Kepuasan Nasabah, Retensi Nasabah.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis secara parsial pengaruh pemasaran relasi dan pemasaran pengalaman terhadap retensi nasabah. (2) menganalisis secara parsial pengaruh kepuasan nasabah dalam memoderasi pemasaran relasi dan pemasaran pengalaman terhadap retensi nasabah.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Lokasi penelitian pada Bank Syariah Indonesia di Kota Makassar. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket. Populasi sebanyak 86.120 orang nasabah dan ukuran sampel  sebanyak 294 orang nasabah. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisi menggunakan  uji interaksi atau Moderated Regression Analysis (MRA).

Hasil penelitian membuktikan bahwa: (1) secara parsial pemasaran relasi dan pemasaran pengalaman  bepengaruh positif dan signifikan terhadap retensi nasabah. (2) secara parsial  kepuasan nasabah dapat memoderasi  secara positif dan signifikan pengaruh antara pemasaran relasi dan pemasaran pengalaman terhadap retensi nasabah.

References

Danesh, S. N., Nasab, S. A., & Ling, K. C. (2012). The study of customer satisfaction, customer trust and switching barriers on customer retention in malaysia hypermarkets. International Journal of Business and Management, 7(7), 141–150.

Gumilang, I. (2018). Pengaruh Pemasaran Relasional dan Nilai Pelanggan Terhadap Retensi Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah). Commerce Jurnal Ilmiah, 6(1), 43-62.

Hadinata, A., & Aprillia, A. (2021). Pengaruh Praktik Pemasaran Relasi Terhadap Retensi Pelanggan: Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pelanggan Indihome Pekanbaru). Rewriting Business Strategies in The New Normal: Changing Crises to Opportunities, 1-13.

Hafidh, FauziD. (2021) ‘Determinasi Keputusan Pembelian Dan Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran)’, Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(6), pp.790–800. doi:10.31933/jimt.v2i6.645.

Handaruwati, I., & Wibowo, O. C. (2020). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Customer Retention pada Studio Musik 58 Surakarta. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 2(3), 153-159.

Harjadi, D. dan I.A. (2021) Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial.Cirebon: Insania.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Lopumeten, R. N., & Tomasoa, S. K. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Restoran Imperial Resto Di Kota Ambon). Jurnal Sosoq, 6(1), 34-50.

Mahmoud, M. A., Hinson, R. E., & Adika, M. K. (2018). The effect of trust, commitment, and conflict handling on customer retention: The mediating role of customer satisfaction. Journal of Relationship Marketing, 17(6), 1-20. doi: 10.1080/15332667.2018.1440146.

Nurjanah, P., & Juanim, J. (2020). Experiential Marketing Dan Switching Barriers Terhadap Customer Retention Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 13(2), 76-83.

Saputra Dan Ariningsih, 2014, Masa Depan Pen-erapan Strategi Relationship Marketing Pada In-dustry Jasa Perbankan, Segmen Jurnal Mana-jemen Dan Bisnis, Volume 10 No. 1.

Schiffman dan Wisenblit, Pengertian Customer Retention.http://bbs.binus.ac.id/international-marketing/2018/08/customer-retention Senin, 2 September 2019, 16.00 WIB.

Tjiptono, 2015. Strategi Pemasaran Edisi: 4: Andi.

Yogi, 2017, Pengaruh dimensi Relationship Marketing terhadap Customer Retentionpada Ti-wana Musik Studio, Universitas Lampung Ban-dar Lampung.

Zangmo et al, Pengertian Customer Retention. http://bbs.binus.ac.id/international-market-ing/2018/08/customer-retentionSenin, 2 Sep-tember 2019, 16.00 WIB.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Abadi, I., & Yuswari Nur. (2023). Pengaruh Pemasaran Relasi dan Pemasaran Pengalaman Terhadap Retensi Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Moderasi Pada Bank Syariah Indonesia di Kota Makassar. Jurnal Pusaran Manajemen (JPM), 1(4), 301–308. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jpm/article/view/4284