PENGARUH REKRUTMEN, PENEMPATAN DAN KONFLIK PERAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KELURAHAN SE-KECAMATAN BENTENG KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

Authors

  • Andi Dwiyanti Musrifah Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Masdar Mas'ud Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Didiek Handayani Gusti Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Rekrutmen, Penempatan, Konflik Peran dan kinerja

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis : 1)       Pengaruh rekrutmen, penempatan dan konflik peran secara parsial dan simultan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kelurahan se - Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar., 2) 3.            Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kelurahan se-Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Desain penelitian ini menggunakan penelitian survey. Penelitian ini akan dilaksanakan pada pada Kantor Kelurahan se-Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar pada Januari sampai Februari 2021. Populasi dalam penelitian adalah seluruh Pegawai Kantor Kelurahan se-Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar berjumlah 60 orang. Sampel yang digunakan adalah seluruh jumlah populasi, dengan teknik pengambilan sampel adalah Total sampling, (sensus) sebanyak 60 orang Pegawai Kantor kelurahan Se Kecamatan benteng di Kepulauan Selayar. Teknik analisis data menggunakan analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) 1.Terdapat pengaruh Rekrutmen, Penempatan dan Konflik Peran  secara parsial terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kelurahan se-Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar, 2) Rekrutmen, Penempatan dan Konflik Peran secara simultan signifikan berpengaruh terhadap kinerja pegawai Kantor kelurahan se Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar sebesar 82,1% sedangkan sisanya 17,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini, dan 3) Rekrutmen (X1) merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai Kantor Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar.

References

Al Fajar dan Heru, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Sebagai dasar Meraih Keunggulan Bersaing, Edisi pertaman, Yogyakarta, UPP STIM YKPN.

Handoko, T Hani. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia, Salemba Empat, Bandung

Mas’ud, Fuad, 2014. Survai Organisasional Konsep dan Aplikasi, Badan Penerbit-UNDIP.

Nuryanta 2013 , Pengelolaan Sumber Daya Manusia (Tinjauan Aspek Rekrutmen dan Seleksi), Jurnal Pendidikan Islam ,El-tarbawi, Vol.1 , No. 1,2013

Purwanto, Djoko, 2011. Komunikasi Bisnis, Edisi ke 3, Erlangga, Jakarta.

Robbins, Stephen P. 2013. Perilaku Organisasi. Terjemahan tim Indeks. Jilid Satu. Indeks, Jakarta.

Rosidah dan Sulistiyani, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep,Teori dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik, Yogyakarta, Graha Ilmu.

Rozikin. 2013. Pengaruh Konflik Peran dan Stres Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Bank Pemerintah di Kota Malang, Jurnal Aplikasi Manajemen, vol.4, No.2, Agustus 2011.

Sedarmayanti. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Refika Aditama

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Trochim,et al,2013. The Critical Role of Conflict Resolutions in Teams : A Close look Links Between Conflict Type, Conflict Management Strategies and Team Outcomes. Journal of Applied Pshycology, 2013 Vol. 93, No. 1, 170-188.

Warisno, 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi, Tesis PPS Ilmu Manajemen, .

Winardi, 2011. Teori Organisasi dan Pengorganisasian, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Wijono. Sutarto. 2010. Konflik dalam organisasi dengan Pendekatan psikologis. Semarang: Satya Wacana.

Yullyanti, Ellyta, 2014. Analisis Proses Rekrutmen dan Seleksi pada Kinerja Pegawai di lingkungan Sekretaris Jendral DESDM, Jurnal ilmu administrasi dan organisasi,sept-des 2014. Hal 131-139, volume 16 , Nomor 3.

Downloads

Published

2024-03-04

How to Cite

Dwiyanti Musrifah, A., Mas’ud, M., & Gusti, D. H. (2024). PENGARUH REKRUTMEN, PENEMPATAN DAN KONFLIK PERAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KELURAHAN SE-KECAMATAN BENTENG KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR. Jurnal Pusaran Manajemen (JPM), 2(2), 176–188. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jpm/article/view/4534