KINERJA KEPOLISIAN BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK PADA KANTOR KEPOLISIAN DAERAH SULAWESI TENGAH

Authors

  • Irfan Harun STIA PANCAMARGA PALU
  • Daniel T Todapa STIA PANCAMARGA PALU
  • Muh Husain Borahima STIA PANCAMARGA PALU

Keywords:

Public Relations of the Police, Responsibility, Implementation of Duties, Quality, Cooperation.

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kinerja Kepolisian Bidang Hubungan Masyarakat Dalam Keterbukaan Informasi Publik Pada Kantor Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah belumcukup baik, yang dimana dari empat aspek yang dikemukakan oleh Anwar Prabu Mangkunegara (2009:75) dua aspek berjalan cukup optimal. Yaitu Aspek Kualitas yang dimana kualitas keterbukaan informasi publik yang diberikan oleh Bidang Humas Polda Sulawesi Tengah sudah cukup baik, terutama dalam hal akurasi dan kecepatan. Aspek Kuantitas yang dimana kuantitas informasi yang diberikan oleh Bidang Humas Polda Sulawesi Tengah sudah cukup banyak dan terus mengalami peningkatan. Informasi disebarkan melalui berbagai saluran, termasuk media sosial dan siaran pers. Sedangakan Aspek Pelaksanaan Tugas dan Aspek Tanggung Jawab belum cukup baik dan perlu ditingkatkan lagi, untuk mengoptimalkan kinerja bidang hubungan masyarakat.

References

A.A Anwar Prabu Mangkunegara. (2005). Manajemen Sumber daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikun, Suharsimi 2010, Manajemen penelitian, Rineka Cipta Jąkarta

Hasibuan, Malayu, S.P. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta: raja Grafindo Persada

Mangkunegara, A A anwar prabu, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosda Karya, Bandung

Pasolong, Harbani, 2008. Teori Administrasi Publik, Alfabeta, Bandung

Bernard saryawati 2012. Sasaran Efektivitas. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Cambel. J.P. 1989. Riset Dalam efektivitas Organisasi. Terjemahan Sabat Simamira. Erlangga. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi, 2013, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Hidayat. 1986. Teori Efektifitas Dalam Kinerja Karyawan. Gajah Mada University Press. Yogyakarta

Fathoni, Abdurrahmat, 2006, Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Moleong L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung.

Undang-Undang Pokok Pers nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers mengatur hakikat dan aturan untuk memperkuat pers di Indonesia dalam era demokrasi

Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Republik Indonesia

Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik

Downloads

Published

2025-04-05

How to Cite

Harun, I., Todapa, D. T., & Borahima, M. H. (2025). KINERJA KEPOLISIAN BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK PADA KANTOR KEPOLISIAN DAERAH SULAWESI TENGAH. Jurnal Pusaran Manajemen (JPM), 3(1), 30–42. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jpm/article/view/5130