PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS, DISIPLIN DAN TUNJANGAN KINERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN PANGKEP

Authors

  • Aryanti Radjab ITB Nobel Indonesia Makassar
  • Hari Hari
  • Maryadi Maryadi

Keywords:

gaya kepemimpinan demokratis, disiplin dan tunjangan kinerja dan kinerja pegawai

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (1) pengaruh gaya kepemimpinan demokratis, disiplin dan tunjangan kinerja secara parsial dan simultan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pangkep (2) Variabel yang dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pangkep. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari jumlah populasi sebanyak 60 orang karena jumlah populasi di bawah 100. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan demokratis, disiplin dan tunjangan kinerja secara parsial terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pangkep (2) Terdapat pengaruh gaya kepemimpinan demokratis, disiplin dan tunjangan kinerja secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pangkep. (3) Gaya kepemimpinan demokratis merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pangkep.

References

Arikunto, Suharsimi. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Damayanti, M, (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Tunjangan Kinerja Terhadap Motivasi dan Efektivitas Kerja Pegawai di Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan. Tesis UMI. Makassar.
Dubrin. (2005). Leadership (Terjemahan). Edisi Kedua, Jakarta : Prenada Media.
Eka Hardianty, Rusmana. (2017). Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Mempengaruhi Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Tesis universitas muslim indonesia Makassar.
Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi iIlmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Friska. (2004). Kepemimpinan dalam Organisasi, Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
Ghozali. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gomes. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 3, Andi offset. Yogyakarta. cetakan ketujuh Penerbit PT Bumi Aksara, Jakarta.
Hamali, A.Y. (2016). Pemahaman Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.
Hanifah,Y.(2017). Pengaruh Tunjangan Kinerja Terhadap Kinerja, Disiplin Kerja dan Kinerja Pegawai Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai di Jawa Timur.
Hardani, L. (2016). Pengaruh Tunjangan Kinerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin.
Hardianti, A. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Wajo. Skripsi Universitas Negeri Makassar.
Hasibuan,. Malayu. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Istan, M. (2020). Gaya Kepemimpinan Demokratis, Disiplin Kerja, dan Imbalan Finansial terhadap Kinerja Pegawai pada Yayasan Persatuan Perguruan Taman Siswa Curup. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis.Volume 25 No. 1, April 2020.
Iswara Manggala., Dwi, Laswiyati. (2005). pengertian kinerja. Jurnal Pendidikan.
Jeli,. Yunita. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Komitmen dan Disiplin terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Audit Intern Wilayah Makassar. Tesis UMI Makassar.
Kaswan, (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Keunggulan Bersaing Organisasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kreitner., Robert ang Angelo kinicki. (2010). Organizational Behaviour, New York: Mc.Grow-Hill.
Mangkunegara,AP. (2001). Evaluasi Kinerja SDM, Refika Aditama, Bandung.
Mangkunegara. (2012). Manajemen Sumber Daya manusia Perusahaan . Bandung : Rosda.
Mangkuprawira., Syafri. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Mardiana. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Sekretariat Daerah Kota Samarinda. EJournal Ilmu Pemerintahan, 2 (1) 2014 :1802-1816.
Martoyo,. Susilo. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia,Edisi 2, BPFE, Yogyakarta.
Mathis,RL. & Jackson., JH. (2002), Manajamen Sumber Daya Manusia, PT. Salemba Emban Patria. Jakarta.
Muchdarsyah. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Refika Aditama, Bandung.
Nawawi., Hadari. (2006). Kepemimpinan yang Efektif, Gajah Mada Unisity Press, Yogyakarta.
Nelson.,Neil. (2004). Human Resource Management In Strength Quality Prospective.Published McGraw Hill, New York.
Nitiseminoto., Alex S.( 2002). Menejemen personalia, Surabaya:Usaha Nasional.
Nitiseminoto.A.S. (2011). Manajemen Personalia.Edisi revisi. Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.
Olla, T.S.O., (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. Timor Express Intermedia Kupang). Journal Of Management (SME’s) Vol. 5, No.2, 2017, p259-272.
Pangabean, M., (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor Selatan.
Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik No.77 Tahun 2012 Tentang Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Badan Pusat Statistik.
Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2011 tentang penilaian prestasi kerja pegawai negeri sipil.
Pratiwi,W.A. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Rumah Sakit Umum Darmayu Ponorogo Tahun 2018. Skripsi Stikes Bhakti Husada Mulia, Madium.
Reza, R.A. (2010). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kabupaten Soppeng.
Rivai., Veithzal. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan dari Teori ke Praktek. Cetakan pertama. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Robbins S.P., dan Judge, T.A. (2011). Perilaku Organisasi (Organizational Behavior). Buku 1, Edisi 12. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Robbins S.P. 2006, Perilaku Organisasi, Edisi Indonesia, Indeks Kelompok Gramedia.
Rompas, GAC, (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Pengawasan, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa Tenggara.
Ruslan, Rosady. (2014). Manajemen Public Relations&Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rusmana, E.H, (2017). Gaya Kepemimpinan, motivasi kerja dan lingkungan kerja Mempengaruhi Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Soppeng. Tesis UMI. Makassar.
Samsuddin, S. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan 1. Bandung: Pustaka Setia.
Sedarmayanti. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Refika Aditama, Bandung.
Siagian. (2004). Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. Jakarta: PT. Gunung Agung.
Simamora. (2001), Manajemen SDM, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN. Yogyakarta.
Simamora., Henry. (2001), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, STIE YKPN, Yogyakarta.
Simamora., Henry. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN., Jakarta.
Simamora., H. (2012). Akuntansi Manajemen. Jakarta: Star Gate Publisher.
Soetjipto., Budi W. (2002). Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia,Amara Books. Jogyakarta.
Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi Kedua. Bandung. Alfabeta.
Thoha,, miftah. (2011). Kepemimpinan dalam manajemen. Jakarta. Rajawali Press.
Utari, (2015). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Wonogiri.
Wibowo. (2013). Manajemen Kinerja. Cetakan Keenam. Penerbit PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Wibowo., Prof,Dr,M.Phil. (2009), Manajemen Kinerja, Ed. 2. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Widyatmini., dan luqman, Hakim. (2008). Hubungan kepemimpinan, kompensasi, dan kompotensi terhadap kinerja. Jurnal ekonomi bisnis.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Radjab, A., Hari, H., & Maryadi, M. (2023). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS, DISIPLIN DAN TUNJANGAN KINERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN PANGKEP. Jurnal Pelopor Manajemen Indonesia (JPMI), 2(2), 153–164. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jpmi/article/view/3709