PENGARUH KEPERCAYAAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA PT ESTA DANA VENTURA CABANG MAKASSAR

Authors

  • Andi Syaib Rafidhi M Nur Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Muhammad Hidayat Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Asniwati Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Trust, Word of Mouth, Customer Satisfaction and Loyalty.

Abstract

This research aims to determine and analyze (1) The influence of trust and Word of Mouth (WOM) on customer satisfaction. (2) The influence of trust, Word of Mouth (WOM), and satisfaction on customer loyalty. (3) The influence of trust and Word of Mouth (WOM) on loyalty through customer satisfaction at PT Esta Dana Ventura Makassar Branch.

This type of research is associative research using a quantitative approach. The total sample was 135 respondents with sampling technique using an accidental technique.

The results show that (1) Trust and Word of Mouth have a significant influence on customer satisfaction at PT Esta Dana Ventura Makassar Branch. (2) Trust, Word of Mouth (WOM) and satisfaction has a significant influence on customer loyalty at PT Esta Dana Ventura Makassar Branch. (3) Trust and Word of Mouth (WOM) have a significant influence on loyalty through customer satisfaction at PT Esta Dana Ventura Makassar Branch.

References

Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 3(1), 1-17.

Budiarto, D. N., & Suhermin, S. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Store Atmosphere Dan Word Of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 7(4).

Fitriani, L., & Asniwati, A. (2023). MANAJEMEN PEMASARAN (MELALUI PENDEKATAN STRATEGI DAN IMPLEMENTASI).

Firman, A., Fitriani, L., & Dirwan, D. (2024). Cake Business Development through a SWOT Analysis Approach. Cake Business Development through a SWOT Analysis Approach, 12(1), 1585-1592.

Hidayat, D. R., & Firdaus, M. R. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Kepercayaan, Citra Perusahaan, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan:(Studi Pada Pelanggan Telkom Speedy Di Palangka Raya). Jurnal Wawasan Manajemen, 2(3), 237-250.

Kesuma, E., & Amri, M. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan pada Sulthan Hotel Banda Aceh. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4(4), 176-192.

Muh, S., & Fitriani, L. (2024). MANAJEMEN PEMASARAN MODERN DI ERA INDUSTRI 4.0.

Nugraha, A., & Aditya, F. (2015). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Kober Mie Setan Jalan Simpang Soekarno-Hatta Nomor 1-2 Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 22(1).

Nugraha, A., & Aditya, F. (2015). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Kober Mie Setan Jalan Simpang Soekarno-Hatta Nomor 1-2 Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 22(1).

Prasetijo, R., & Ihalauw, J. J. (2005). Perilaku konsumen. Yogyakarta: Andi.

Pratiwi, N. P. L., & Seminari, N. K. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Manajemen Unud, 4(5), 1422-1433.

Pratiwi, Y. R., & Lubis, E. E. (2017). Pengaruh word of mouth communication terhadap keputusan pembelian konsumen pada Boardgame Lounge Smart Cafe Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Saidani, B., Lusiana, L. M., & Aditya, S. (2019). Analisis pengaruh kualitas website dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk minat pembelian ulang pada pelanggan shopee. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(2), 425-444.

Saputra, A. D., & Hidayat, M. K. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Word Of Mouth Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Prima Husada Malang.

Saputra, I., Bagus, I., Suryani, A., & Nurcahya, I. K.( 2017). Pengaruh Relasi Konsumen dan Word Of Mouth terhadap Loyalitas Nasabah Bank BPD Bali Cabang Badung. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(3).

Sentosa, H. P., Latief, F., & Agunawan, A. (2023). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace E-Commerce Shopee. Nobel Management Review, 4(1), 105-117.

Simon, (2005). Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Suhartini, S., Haeril, H., Lely, A., Awaluddin, A., Muhammad Isra, I., Mustafa, M., ... & Billy, L. (2023). Manajemen Pemasaran Perusahaan.

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Andi Syaib Rafidhi M Nur, Muhammad Hidayat, & Asniwati. (2024). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA PT ESTA DANA VENTURA CABANG MAKASSAR. Jurnal Pelopor Manajemen Indonesia (JPMI), 3(1), 16–30. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/jpmi/article/view/4345