ANALISIS KELAYAKAN USAHA JASA TATA RIAS AISYAH MAKE UP DI MAKASSAR

Authors

  • Nuraisyah Nuraisyah Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Fitriani Latief Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Bahrul Ulum Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Perencanaan, Studi Kelayakan, Bisnis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kelayakan rencana investasi untuk pengembangan usaha Aisyah Make Up. Analisa dilakukan secara komperehensif yaitu analisa kelayakan dari sisi non keuangan yang terdiri dari aspek hukum, aspek sosial ekonomi, aspek  pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi, aspek manajemen dan sumber daya manusia dan aspek lingkungan, sedangkan analisa secara financial indikator kelayakan diukur melalui nilai Present value, net present value, payback period, internal rate of return, profitability index dan average rate of return. Periode pengukuran yang digunakan sebagai dasar analisa adalah selama 5 tahun, yaitu periode 2022 sampai dengan 2026.

Data penelitian yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, alat analisa yang digunakan adalah alat analisa yang khusus digunakan dalam melakukan analisa pada pelaksanaan studi kelayakan bisnis dan dengan menggunakan bantuan fasilitas financial analysis pada program Microsoft exel. Penelitian ini menujukkan secara non keuangan investasi pada Aisyah Make up layak untuk dilaksanakan begitu pula secara financial hasil analisa data menujukkan jika investasi layak untuk dilaksanakan.

References

Abdullah, M. (2017). Studi kelayakan bisnis. Penerbit Aswaja Pressindo,Yogyakarta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1159247#
Badan Pusat Statistik. (2022). https://www.bps.go.id/subject/11/produk-domestik-bruto--lapangan-usaha-.html#subjekViewTab5
Faizal. (2018). Memahami perbedaan data primer dan data sekunder. http://www.sharingid.com/memahami-perbedaan-data-primer-dan-sekunder
Firman, A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1549-1562.
Firman, A. (2022). The Role of The Personal in Mediating Entrepreneurship Education Towards Entrepreneurial Interests. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(1), 221-233.
Hadiyanti, F. R. (2014). Analisis Kelayakan Usaha Tahu Bandung Kayun-Yun Desa Cihideung Ilir Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor.
Hidayat, F. L. dan M. (2021). Perencanaan dan Study Kelayakan Bisnis. Penerbit Nobel Press.
Ichsan, R. N., SE, M. M., Lukman Nasution, S. E. I., & Sarman Sinaga, S. E. (2019). Studi kelayakan bisnis= Business feasibility study. CV. Sentosa Deli Mandiri.
Kasmir, S. E. (2015). Studi Kelayakan Bisnis: Edisi Revisi. Prenada Media.
Kbbi, K. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kementerian Pendidikan Dan Budaya.
Khamil, B. (2021). pengertian metode wawancara. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 1(1), 1557–1566.
Kusumamurti, M. D. L. (2019). Perancangan Publikasi Jasa Make up Artist Dan Hair Do" Di Livia". Institut Seni Indonesia Yogykarta.
Nurcahyo, D. F. (2011). Analisis kelayakan bisnis (studi kasus di PT. Pemuda Mandiri Sejahtera). Laporan Penelitian Tugas Akhir. Universitas Indonesia, Jakarta.
Nurmalina, R., Sarianti, T., & Karyadi, A. (2018). Studi kelayakan bisnis. PT Penerbit IPB Press.
Rahman, A., Hidayat, M., & Latief, F. (2020). ANALISIS KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA DEPOT MAGS WATER DI MAKASSAR. Jurnal BISNIS & KEWIRAUSAHAAN, 9(1), 28–39.
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.
Setiawan, D., Pawennari, A., Arminas, A., Firman, A., & Nusran, M. (2022). STUDI KELAYAKAN BUDIDAYA CACING TANAH BERBASIS JAMINAN PRODUK HALAL DI BARRU SULAWESI SELATAN. International Journal Mathla’ul Anwar of Halal Issues, 2(1), 6-12.
SILABAN, D. B. L. (2022). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Fresh Graduate Universitas HKBP Nommensen Di Masa Pandemi Covid-19.
Suliyanto, D. (2010). Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2023-02-09

How to Cite

Nuraisyah, N., Latief, F., & Ulum, B. (2023). ANALISIS KELAYAKAN USAHA JASA TATA RIAS AISYAH MAKE UP DI MAKASSAR. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 14–28. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/malomo/article/view/3445