ANALISIS KELAYAKAN USAHA MINUMAN DAENG FRUIT’S DI MAKASSAR

Authors

  • Indra Alfajri Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Fitriani Latief Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Andi Widiawati Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Andi Ummul Khaer Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Perencanaan, Studi Kelayakan, Bisnis

Abstract

pengembangan usaha Daeng Fruits. Analisa dilakukan secara komperehensif yaitu analisa kelayakan dari sisi non keuangan yang terdiri dari aspek hukum, aspek sosial ekonomi, aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi, aspek manajemen dan sumber daya manusia dan aspek lingkungan sedangkan analisa secara financial indikator kelayakan diukur melalui nilai Present value, net present value, payback period, internal rate of return, profitability index dan average rate of return. Periode pengukuran yang digunakan sebagai dasar analisa adalah selama 5 tahun  yaitu periode 2022 sampai dengan 2026.

Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, alat analisa yang digunakan adalah alat analisa yang khusus digunakan dalam melakukan analisa pada pelaksanaan studi kelayakan bisnis dan dengan menggunakan bantuan fasilitas financial analysis pada program Microsoft excel. Penelitian ini menujukkan secara non keuangan investasi pada Daeng Fruits layak untuk dilaksanakan begitu pula secara financial hasil analisa data menujukkan jika investasi layak untuk dilaksanakan.

References

Badan Pusat Statistik. (2022). https://www.bps.go.id/subject/11/produk-domestik-bruto--lapangan-usaha-.html#subjekViewTab5.

Darna, N., & Herlina, E. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 5(1), 287–292.

Firman, A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1549-1562.

Firman, A. (2022). The Role of The Personal in Mediating Entrepreneurship Education Towards Entrepreneurial Interests. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(1), 221-233.

Firman, A., Putra, A. H. P. K., Mustafa, Z., Ilyas, G. B., & Karim, K. (2020). Re-conceptualization of Business Model for Marketing Nowadays: Theory and Implications. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(7), 279-291.

Hidayat, F. L. dan M. (2021). Perencanaan dan Study Kelayakan Bisnis. Penerbit Nobel Press.

Hidayat, M., & Latief, F. (2018). Strategi Peningkatan Jumlah Hunian Hotel Dengan Analisis Swot. PARADOKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(1), 15-27.

Heidyningsih, N. A. (2009). Analisis kelayakan usaha death by chocolate (DBC) & spageti restaurant kota Bogor Jawa Barat.

Jeineiva P. 2011. Analisis kelayakan usaha Restoran Pastel and Pizza Rijsttafel di Kota Bogor Provinsi Jawa Barat [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor. Laksana F. 2008. Manajemen pemasaran: pendekatan praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kasmir, S. E. (2015). Studi Kelayakan Bisnis: Edisi Revisi. Prenada Media.

Latief, F. L., Firman, A., & Dirwan, D. (2023). Keputusan Pengguna Gopay dari Aspek E-Service Quality, Promosi dan Harga. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 391-400, https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3258660.

Lazuardi, R. F., Fitria, L., & Bakar, A. (2013). Analisis kelayakan usaha mobile carwash di Kota Bandung. Reka Integra, 1(3).

Nurjanah, S. (2013). Studi kelayakan pengembangan bisnis pada PT Dagang Jaya Jakarta. The Winners, 14(1), 20–28.

Nurmalina, R., Sarianti, T., & Karyadi, A. (2018). Studi kelayakan bisnis. PT Penerbit IPB Press.

Nurmalina R, Tintin S, Arif K. 2010. Studi kelayakan bisnis. Departemen Agribisnis. Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB. Bogor.

Rahman, A., Hidayat, M., & Latief, F. (2020). ANALISIS KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA DEPOT MAGS WATER DI MAKASSAR. Jurnal BISNIS & KEWIRAUSAHAAN, 9(1), 28–39.

Reakara R. 2009. Analisis kelayakan pengusahaan Restoran Soto Kudus di Jalan Garuda Kemayoran Jakarta Pusat [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Saputro, R., & LATARUVA, E. (2010). Analisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada PT. Nusantara Sakti Demak). UNIVERSITAS DIPONEGORO.

Setiawan, D., Pawennari, A., Arminas, A., Firman, A., & Nusran, M. (2022). STUDI KELAYAKAN BUDIDAYA CACING TANAH BERBASIS JAMINAN PRODUK HALAL DI BARRU SULAWESI SELATAN. International Journal Mathla’ul Anwar of Halal Issues, 2(1), 6-12.

Suliyanto, D. (2010). Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Syawal, L. M., Hidayat, M., & Latief, F. (2020). ANALISIS KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA" LAODE GALERI''DI MAKASSAR. Jurnal BISNIS & KEWIRAUSAHAAN, 9(1), 18-27.

Downloads

Published

2023-02-09

How to Cite

Alfajri, I., Latief, F., Widiawati, A., & Khaer, A. U. (2023). ANALISIS KELAYAKAN USAHA MINUMAN DAENG FRUIT’S DI MAKASSAR. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 42–56. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/malomo/article/view/3447