PENGARUH LABEL HALAL, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BRAND KOSMETIK WARDAH DI CITRA KOSMETIK SUNGGUMINASA

Authors

  • Deviyanti Deviyanti Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Fitriani Latief Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Nurhaeda Zaeni Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Label Halal, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara simultan dan parsial pengaruh Label Halal (X1), Harga (X2), Kualitas Produk (X3), serta variabel yang dominan terhadap Keputusan Pembelian Brand Kosmetik Wardah (Y) di Citra Kosmetik Sungguminasa.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 550 yang kemudian ditentukan sampel sebanyak 84 responden dengan menggunakan rumus slovin. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner skala likert.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa secara parsial dan simultan Label Halal, Harga dan Kualitas Produk memiliki pengaruh signifikan dengan variabel yang paling dominan terhadap kepuasan pelanggan variabel Harga.

References

Abdul Kadir. 2001. Pemprograman Database Menggunakan Delphi Jilid 1. Jakarta: Salemba Infotek. (n.d.).
Agustian, Eri dan Surjano. (2013). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Produk Wals Cornello). Jurnal Ilmiah Manajemen volume 1, No 2. (n.d.).
Alamri, F. F., Latief, F., & Ridwan, R. (2020). Pengaruh Harga dan Nilai TukarTerhadap Volume Ekspor Ikan Tuna di Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2003-2017. AkMen JURNAL ILMIAH, 17(3), 408-416.
Alexander Garvin. (2008). Kualitas Produk. Diposting pada 30 Oktober , 2008 Oleh Hardpurba (WWW. Scribd.com/doc/67240219/DelapanDimensi- Kualitas-Alexander-Garvin). (n.d.).
Ariani, D.W. 2002. Manajemen Kualitas: Pendekatan Sisi Kualitas. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta. (n.d.).
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. (n.d.).
Artina Burhan. 2017, Strategi Penyuluhan Produk Halal Bagi Peserta Diklat Pembina Produk Halal, Jakarta. (n.d.).
Aziz Alimul, Hidayat. 2007. Metode Penelitian dan Teknik Analisis Data.Jakarta: Salemba Medika. (n.d.).
Basu Swastha, Hani Handoko. 2011. Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku. Konsumen. Yogyakarta: BPFE. (n.d.).
Buchari Alma, (2007), Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung. (n.d.).
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset. (n.d.).
Firman, A., Putra, A. H. P. K., Mustapa, Z., Ilyas, G. B., & Karim, K. (2020). Re-conceptualization of business model for marketing nowadays: Theory and implications. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(7), 279-291.
Heizer, Jay and Render Barry, (2015), Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, edisi 11, Salemba Empat, Jakarta. (n.d.).
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga. (n.d.).
Kotler, Philip & Gerry Armstrong, (2014): Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall. (n.d.).
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia. (n.d.).
Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta: Erlangga. (n.d.).
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta. (n.d.).
Latief, F. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Catering Rumahan di Makassar Melalui Promosi di Instagram, Harga dan Ragam Menu. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1095-1105.
Nasution.M.N(2005) Manajemen mutu terpadu: Total Quality Management,Edisi Kedua Bogor:Ghalia Indonesia. (n.d.).
Nurlaili, Evi Ekawati, Any Eliza. 2014, Program Sosialisasi Label Halal/Sertifikat Halal Pada Produk Makanan Siap Saji, Lampung: LP2M Raden Intan Lampung. (n.d.).
Pelu , Muhammad Ibnu Elmi As, Label Halal: Antara Spiritualitas Bisnis dan Komoditas Agama, Malang: Madani , 2009. (n.d.).
Peter dan Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Penerbit Salemba Empat, Jakarta. (n.d.).
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri. (n.d.).
Stanton, William J (Swasta & Handoko). 2008. Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen http://library.um.ac.id (diakses tanggal 11 November 2012 pukul 14.00). (n.d.).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. (n.d.).

Downloads

Published

2023-02-10

How to Cite

Deviyanti, D., Latief, F., & Zaeni, N. (2023). PENGARUH LABEL HALAL, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BRAND KOSMETIK WARDAH DI CITRA KOSMETIK SUNGGUMINASA. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 103–113. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/malomo/article/view/3510