PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. MULTI MEDIA GRAFIKA MAKASSAR
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Bukti Fisik, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui signifikan atau tidaknya pengaruh kualitas pelayanan secara parsial (2) Mengetahui signifikan atau tidaknya pengaruh kualitas pelayanan secara simultan (3) Mengetahui variable yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PT. Multi Media Grafika Makassar.
Sampel penelitian sebanyak 87 responden yang merupakan pelanggan PT. Multi Media Grafika Makassar, penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 25.
Hasil penelitian adalah (1) Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan Empati (Empathy) dan Bukti Fisik (Tangible) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Multi Media Grafika Makassar (2) Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Empathy) dan Bukti Fisik (Tangible) secara simultan bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variable kepuasan pelanggan (3) Variable yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PT. Multi Media Grafika Makassar yaitu Empati (Empathy).
References
Dilulio, J. (n.d.). Means Changing Personnel and. 1994.
Gita Arneni, N. P. (2018). Hubungan Kelas Antenatal Mengenai Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi dengan Kesiapan Persalinan Ibu Hamil Trimester III. Diploma Thesis, Jurusan Kebidanan, 32.
Hendrianto, H., Natalisa, D., & Eka, D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Mobile Broadband Di Kota Palembang. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 16(1), 43–63. https://doi.org/10.32524/jkb.v16i1.573
Iii. (2011). Ninoy Yudhistya Sulistiyono, 2013 Gambaran Asupan Zat Gizi Dan Aktivitas Fisik Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu 19. 19–29.
Latief, F., & Nur, Y. (2019). Technology Acceptance Model (Tam) Terhadap Minat. Bongaya Journal of Research in Management, 2(2), 1–11.
Mahira, Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(1), 1267–1283.
Ningtyas, M. (2014). Metode Penelitian, 32–41.
NS Ramadhini. (2022). BAB II KAJIAN PUSTAKA 2.1. Landasan Teori 2.1.1. E-Commerce 2.1.1.1. Pengertian E-Commerce. 10–23.
Oliver, U. A. Y. (2014). Defenisi Kepuasan Pelanggan Menurut Kotler & Keller (201. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 8–25.
Perwira, B., Yulianto, E., & Kumadji, S. (2016). Pengaruh E-Service Quality dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 38(2), 46–54.
Prihandoyo, C. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jne Cabang Balikpapan. Jurnal GeoEkonomi, 10(1), 116–129.
Riyani, D., Larashat, I., & Juhana, D. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Majalah Bisnis & IPTEK, 14(2), 94–101.
Rofiyanti, S. M., Kiswati, O., Dan, Z., & Farradia, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Percetakan Oke Print Cabang Cibinong. Jurnal Manajemen|.
Sunyoto, P. K. dan. (2013). Kajian Teori, Kepuasan Konsumen. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Veronica, D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Development, 5(1), 55–69.
Wibisono, A., &, S. (2016). Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. PERFORMANCE “ Jurnal Bisnis & Akuntansi,” 6(2), 32.
Z, N. (2019). Pengaruh Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 6(2), 666–670.