PENGARUH ULASAN PRODUK, KEMUDAHAN, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SECARA ONLINE PADA SHOPEE DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Ananda Febriana Institut Teknologi dan Bisnis Indonesia
  • Yuswari Nur Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Mariah Mariah Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Ulasan Produk, Kemudahan, Keamanan, dan Keputusan Pembelian

Abstract

Ulasan Produk, Kemudahan, dan Keamanan Mempengaruhi Pilihan Pembelian Produk Secara Online di Shopee Kota Makassar, dibimbing oleh Yuswari Nur dan Mariah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh ulasan produk, kemudahan dan keamanan terhadap keputusan pembelian produk secara online pada Shopee di Kota Makassar secara parsial (2) Pengaruh ulasan produk, kemudahan dan keamanan terhadap keputusan pembelian produk secara online pada Shopee di Kota Makassar secara simultan (3) Variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian produk secara online pada Shopee di Kota Makassar. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan Masyarakat Kota Makassar yang berbelanja di Shopee penelitian menggunakan jenis data kuantitatif dan metode analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Variabel ulasan produk tidak berpengaruh secara parsial sedangkan kemudahan dan keamanan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian produk secara online (2) Variabel ulasan produk, kemudahan dan keamanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian produk secara online (3) Variabel yang memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan pembelian produk secara online pada Shopee di Kota Makassar adalah Kemudahan.

References

Adhitya, W. R. (t.t.). FENOMENA HARBOLNAS (HARI BELANJA ONLINE NASIONAL) MELALUI HARGA, PRODUK, KEMUDAHAN DAN KEAMANAN BERTRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SECARA ONLINE DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI KOMPLEK JOHOR INDAH PERMAI II. 11.
Alfirdausi, K., & Marpaung, N. N. (2022). Pengaruh Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee di Kabupaten Bekasi. PARAMETER, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.37751/parameter. v7i1.196
Banowati, A. I., Ahmad, A., & Nabila, N. I. (2022). PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE SHOPEE DI BANDAR LAMPUNG. Eqien - Jurnal
Ekonomi dan Bisnis, 11(02), Article 02. https://doi.org/10.34308/eqien. v11i02.1051
Dewi, N. D. (2019). PENGARUH KEMUDAHAN, KEAMANAN DAN PENGALAMAN PEMBELIAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIANSECARA ONLINEMENGGUNAKAN APLIKASI SHOPEE
(Studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo). JURNAL EKOMAKS Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.33319/jeko. v8i1.29
Eltonia, N., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Le Minerale 600ml di Kota Semarang). 1, 7.
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). PENGARUH ULASAN PRODUK, KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE DI
MOJOKERTO. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.37403/mjm. v6i1.143
Iskandar, D., & Nasution, M. I. B. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i FEB UMSU). 10.
Mulyana, S. (2021). PENGARUH HARGA DAN ULASAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION SECARA ONLINE PADA SHOPEE DI PEKANBARU. Jurnal Daya Saing, 7(2), 185–195.
https://doi.org/10.35446/dayasaing. v7i2.665
Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, dan HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
PADA E-COMMERCE SHOPEE (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN), 7(1), 43–53.
https://doi.org/10.36987/ecobi. v7i1.1528
Nasution, T. A. (t.t.). : MANAJEMEN : PEMASARAN. 114.
Pramono, A., Eldine, A., & Muniroh, L. (2020a). PENGARUH HARGA, ULASAN, DAN TAMPILAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE. Manager : Jurnal Ilmu manajemen, 3(3), 421. https://doi.org/10.32832/manager. v3i3.3909
Pramono, A., Eldine, A., & Muniroh, L. (2020b). PENGARUH HARGA, ULASAN, DAN TAMPILAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE. Manager : Jurnal Ilmu manajemen, 3(3), 421. https://doi.org/10.32832/manager. v3i3.3909
Rahayu, H., Sismanto, A., & Arianto, T. (t.t.). PENGARUH HARGA, ULASAN PRODUK, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN KEAMANAN TRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI SHOPEE. 15.
Saptawati, Y. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Keamanan & Manfaat Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bulukumba [PhD Thesis].
Saputra, Moh. D. A., & Widiartanto, W. (2019). Pengaruh Structural Assurance dan Perceived Reputation Terhadap Purchase Intention Melalui Trust Pada Konsumen Tokopedia. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 111–120. https://doi.org/10.14710/jab. v8i2.25925
Sari, N. E., & Oswari, T. (2020). PENGARUH KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO ONLINE TOKOPEDIA Creative Research Management Journal, 3(2), 34. https://doi.org/10.32663/crmj. v3i2.1550
Septiani,I. T. (t.t.). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN KONSUMEN PRODUK FASHION SHOPIE PARIS DI KOTA PEKANBARU.15
Saptawati, Y. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Keamanan & Manfaat Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bulukumba [PhD Thesis].

Downloads

Published

2023-06-07

How to Cite

Febriana, A., Nur, Y., & Mariah, M. (2023). PENGARUH ULASAN PRODUK, KEMUDAHAN, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SECARA ONLINE PADA SHOPEE DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 281–292. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/malomo/article/view/3870