PENGARUH GAYA HIDUP DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SHIHLIN TAIWAN STREET SNACKS TRANS STUDIO MALL MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh gaya hidup dan citra merek secara parsial terhadap keputusan pembelian pada konsumen Shihlin Taiwan Street Snacks Trans Studio Mall Makassar (2) Pengaruh gaya hidup dan citra merek secara simultan terhadap keputusan pembelian pada konsumen Shihlin Taiwan Street Snacks Trans Studio Mall Makassar.
Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 95 responden dari 1.890 populasi. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan rumus slovin. Analisis data menggunakan alat analisis uji regresi berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, uji f dan koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Gaya Hidup dan Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Variabel Gaya Hidup dan Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian. Variabel Gaya Hidup merupakan faktor yang dominan terhadap keputusan pembelian.
References
Amijaya, S. Y., Seliari, T., & Oentoro, K. (2020). Pengembangan strategi pemasaran dan promosi produk umkm di tengah pandemi Covid-19. Proceeding Senadimas Undiksha, 365.
Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(1), 660–669.
Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Pearson Australia.
Armstrong, M. (2016). Armstrong’s handbook of management and leadership for HR: Developing effective people skills for better leadership and management. Kogan Page Publishers.
Balabanis, G., & Diamantopoulos, A. (2016). Consumer xenocentrism as determinant of foreign product preference: A system justification perspective. Journal of International Marketing, 24(3), 58–77.
Dirwan, D., & Zaenal, F. R. (2022a). Keputusan Pembelian Apple Iphone Melalui Citra Merek Harga dan Gaya Hidup. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 8(2), 192–206.
Dirwan, D., & Zaenal, F. R. (2022b). Keputusan Pembelian Apple Iphone Melalui Citra Merek Harga dan Gaya Hidup. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 8(2), 192–206.
Ekawati, N., Yasa, N., Kusumadewi, N., & Setini, M. (2021). The effect of hedonic value, brand personality appeal, and attitude towards behavioral intention. Management Science Letters, 11(1), 253–260.
Ferrinadewi, E. (2016). Pengaruh nilai-nilai hedonis dan konsep diri terhadap keputusan pembelian dan dampaknya pada loyalitas merek di Surabaya (studi pada pembelian barang mewah). E-Jurnal Manajemen KINERJA, Universitas Narotama, Surabaya, 2(02), 331–336.
Fuady, M. (2016). Pengantar hukum bisnis: Menata bisnis modern di era global.
Ghozali, I. (2005). Bab IV: Uji reliabilitas dan validitas suatu konstruk atau konsep. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, 39–45.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro. Information Technology, 2(2).
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.
Keller, K. L., & Kotler, P. (2015). Holistic marketing: A broad, integrated perspective to marketing management. In Does Marketing Need Reform?: Fresh Perspectives on the Future (pp. 308–313). Routledge.
Kotler, P., Burton, S., Deans, K., Brown, L., & Armstrong, G. (2015a). Marketing. Pearson Higher Education AU.
Kotler, P., Burton, S., Deans, K., Brown, L., & Armstrong, G. (2015b). Marketing. Pearson Higher Education AU.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016a). Marketing Management (15th Editi). England: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016b). Marketing Management (15th Global Edition). England: Person Education Limited.
Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: An Asian perspective. Pearson London.
Kotler, P. T., Pereira, E., do Nascimento, H., & LEE, N. R. (2019). Marketing social. Saraiva Educação SA.
Lee, N., & Kotler, P. (2016). Social Marketing: Changing Behaviors for Good (S. Publica). United States of America.
Liharianto, H. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Makanan Terhadap Keputusan Membeli Konsumen Shihlin Central Park Jakarta.
Lubis, M. S. (2018). Metodologi penelitian. Deepublish.
Marpaung, N. N. (2022). The Influence of The Marketing Mix on Buying Decision (Study on Rb Collection Pasar Baru Bekasi). International Journal of Education, Information Technology, and Others, 5(2), 166–176.
Miranda, A., Latief, F., & Zaeni, N. (2023). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MAKEOVER PADA MAHASISWA ITB NOBEL INDONESIA. Jurnal Malomo: Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 29–41.
Nunnally, J. C. (1994). The assessment of reliability. Psychometric Theory.
Perreault, T. A., Bridge, G., & McCarthy, J. (2015). The Routledge handbook of political ecology. Routledge London.
Prasad, S., Garg, A., & Prasad, S. (2019). Purchase decision of generation Y in an online environment. Marketing Intelligence & Planning, 37(4), 372–385.
Ramadhany, N., Imran, U. D., Zaeni, N., & Latief, F. (2023). PENGARUH GAYA HIDUP DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IPHONE P ADA MAHASISWA INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS NOBEL INDONESIA MAKASSAR. Jurnal Malomo: Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 89–102.
Sastika, W. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Cafe Lawang Wangi Creative Space (studi Pada Masyarakat Bandung 2016). EProceedings of Applied Science, 2(2).
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2020). Perilaku konsumen.
Setiadi, N. J., & SE, M. (2015). Perilaku Konsumen: Edisi revisi. Kencana.
Silalahi, R. Y. B. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online. Khazanah Ilmu Berazam, 3(2), 191–200.
Simamora, V., & Kusmiyati, E. (2017). Pengaruh Desain Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada Teh Botol Sosro dengan Kualitas Produk sebagai Variabel Moderating (Studi Padamahasiswa di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta Utara). Media Studi Ekonomi, 20(1).
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi.
Themba, O. S., Hamdat, A., Alam, N., & Salam, K. N. (2021). Impulse Buying on users of online shopping. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(1), 104–111.
Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran.
Wibawanto, S. (2016). Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Perilaku Pembelian Di Pasar Modern (Studi Pada Masyarakat Kabupaten Kebumen). Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 15(1).
Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 11–18.
Zhang, Y. (2015). The impact of brand image on consumer behavior: A literature review. Open Journal of Business and Management, 3(01), 58.