PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN VARIAN MENU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TRIOLOGY COFFEE GOWA
Keywords:
Persepsi Harga, Varian Menu, Keputusan Pembelian, Price Perception, Menu Variants, Purchase DecisionsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh persepsi harga dan varian menu secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Triology Coffee. (2) Pengaruh persepsi harga dan varian menu secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Triology Coffee. (3) Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Triology Coffee.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 75 responden yang merupakan konsumen Triology Coffee Gowa, penelitian menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara parsial variabel persepsi harga dan varian menu berpengaruh psoitif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Triology Coffee. (2) Secara simultan variabel persepsi harga dan varian menu secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Triology Coffee. (3) Variabel varian menu merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Triology Coffee.
References
Afifi, G. R. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Cirebon (Pas Mart). PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 8(1), 9–17. https://doi.org/10.24127/pro.v8i1.2859
Andi Pratama Moehammad Soe, S., & Hakam Gunawan Eko Nurtjahjono, oed. (2015). Pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. Asuransi Jiwasraya Persero Regional Office Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 25(1), 1–8.
Angriani, A. (2018). Pengaruh varian menu dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada catering Ukhuwah di Makassar. Skripsi, Universitas Muhamadiyah Makasar.
Aniesa Samira Bafadhal Diah Retno Sufi, F. E. P. (2018). Pengaruh Religiusitas, Sertifikasi Halal, Bahan Produk terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian (Survei pada Gen-M Konsumen Cadbury Dairy Milk di Kota …. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB, 66(1), 37–46. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2776%0Ahttp://repository.ub.ac.id/165515/
Approach, C. G. (2016). 済無No Title No Title No Title. 2016, 1–23.
Aprileny, I., Arifiani, P. N., & Emarawati, J. A. (2022). Pengaruh Variasi Menu, Store Atmosphere Dan Citra Restoran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Konsumen: Restoran Bijin Nabe By Tsukada Nojo Plaza Senayan, Jakarta). Ikraith-Ekonomika, 5(3), 108–116. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v5i3.2446
Arfimasri, A., & Yulhan, Y. (2019). Pengaruh Keragaman Menu dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Konsumen pada Rumah Makan Aur Duri Sumani Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok SUMBAR. JUSIE (Jurnal Sosial Dan Ilmu Ekonomi), 4(01), 1–7. https://doi.org/10.36665/jusie.v4i01.190
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Helm LTD (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Pendekatan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 897.
Bhirawa, W. T. (2020). Proses Pengolahan Data Dari Model Persamaan Regresi Dengan Menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS). Statistika, 71–83. http://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jmm/article/download/528/494
Birusman, M. (2017). Harga Dalam Perspektif Islam. Mazahib, 4(1), 86–99.
Dewi, M. P. (2020). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Konsumen Pada RM. Wongsolo Malang. Iqtishoduna. https://doi.org/10.18860/iq.v16i2.9242
Dewi, S. P. (2017). Pengaruh Pengendalian Internal Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Spbu Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(9), 1689–1699.
Ekasari, R., & Putri, T. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 3(2), 266. https://doi.org/10.51804/iej.v3i2.937
Ellysa Rahma Santi1, A. S. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPUASAN PELANGGAN, DAN PROMOSI ONLINE TERHADAP MINAT BELI ULANG (STUDI KASUS PADA SATE TAICHAN BANJAR D’LICIOUS) Ellysa. Operations & Supply Management, 12th Edition, 2(1), 51–60.
Ernitasianturi, M. W. (2015). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bei. EJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(2), 282–296.
Fendya, W. T., & Wibawa, S. C. (2018). Pengembangan Sistem Kuesioner Daring Dengan Metode Weight Product Untuk Mengetahui Kepuasan Pendidikan Komputer Pada Lpk Cyber Computer. It-Edu, 3(01), 48. https://kebudayaan.denpasarkota.go.id/uploads/download/download_193006110602_E-Book.pdf
Firli Musfar, T., Fandy Sitepu, R., & Wildah, W. (2023). Business Development Design Using The Business Model Canvas And Swot Analysis For Sesi Coffee Pekanbaru Perencanaan Pengembangan Bisnis Menggunakan Business Model Canvas Dan Analisis Swot Pada Sesi Coffee Pekanbaru. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 6157–6173. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Gandhy, K., & Safrianto, A. S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Coffee Shop San9a Galaxy. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 21(3), 42–49. https://doi.org/10.35137/jei.v21i3.495
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 23. Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I., & Ratnomo, D. (2020). Analisis Multivariat dan Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Eviews 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadi, S. (2004). Analisis Regresi. Andi Offset.
Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 61–72. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1098
Hendra Poerwanto. (2000). Mengevaluasi Kualitas Layanan Jasa Dengan Menggunakan Model 4D. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), pp.59-67. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/15603
Hendrawan, A. (2019). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tenaga Kerja Pt’X’ Tentang Undang-Undang Dan Peraturan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. Jurnal Delima Harapan, 6(2), 69–81. https://doi.org/10.31935/delima.v6i2.76
Heri Susanto, Ramon Syahrial, & Adi Budiwan. (2022). Analisis Kredit Usaha Tani Terhadap Kesejahteraan Petani Di Desa Kedung Lengkong, Kecamatan Dlangu, Kabupaten Mojokerto. EKONOMIKA45 : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 9(2), 139–150. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v9i2.215
Indra Firdiyansyah. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi TerhadapKepuasan Pelanggan Pada Warung GubrakKepri Mall Kota Batam. Jurnal Elektornik REKAMAN (Riset Ekonomi Bidang Manajemen Dan Akuntansi), 1(1), 1–9.
Inesencia, A. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Apartemen Mewah, The Stature Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(6), 303. https://doi.org/10.24912/jmbk.v4i6.9831
Irfan, A. M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Yang Diberikan Kenari Waterpark Bontang Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 82. https://doi.org/10.32507/ajei.v9i2.451
Irfiana, I., Imran, U., & Asbara, N. W. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Browcyl Hertasning Makassar. Nobel Management Review, 4(1), 170–180. https://doi.org/10.37476/nmar.v4i1.3899
Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 21(1). www.antaranews.com
Journal, R. P. (2021). 2 &3 1. 23(1), 16–27.
Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran di Indonesia: Vol. Buku 2 (A. B. Susanto (ed.)). Salemba Empat.
Latief, F. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Catering Rumahan di Makassar Melalui Promosi di Instagram, Harga dan Ragam Menu. Jesya, 5(2), 1095–1105. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.724
Marpaung, F. K., Arnold, M. W., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada Pt. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, LMII Medan, 7(1), 49–64. http://ejournal.lmiimedan.net
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795
Narvatinova, V. N., Latief, F., & Hidayat, A. I. (2023). Pengaruh Brand Image , Harga Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Di Thrift Shop Online Di Kota Makassar ( Studi Pada Konsumen @ Thriftbuy . Me Kota. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Kewirausahaan, 12(1), 13–22.
Osak, D. J., & Pasharibu, Y. (2020). Pengaruh Brand Ambasador Dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Online DengOsak, D. J., & Pasharibu, Y. (2020). Pengaruh Brand Ambasador Dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Mediasi Brand Awareness. E- Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Univers. E- Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 9.4 (2020):357-380, 9.4, 357–380.
Pratama, A., Ekonomi, F., & Pamulang, U. (2020). JURNAL. 3(2), 12–24.
Pristiawan, H. E., Mariah, M., & Bahasoan, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bakso Granat Malang Indah. Nobel Management Review, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.37476/nmar.v3i1.2865
Priyastama, & Romie. (2017). Buku Sakti Kuasai SPSS Pegolahan Data & Analisis Data. PT Anak Hebat Indonesia.
Pujihastuti. (2010). Isti Pujihastuti Abstract. Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian, 2(1), 43–56.
Putra, A. F. (2020). MSME Taxpayer Compliance: Tax Knowledge, Tax Sanctions, and System Modernization. Jurnal Riset Akuntansi Dan Perpajakan, 7(1), 1–12.
Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516–524. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.461
Rahayu, E. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen T-Mart Express Indonesia. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36407/jmsab.v3i1.114
Rahmadhani, R. P., Martha, L., & Nagara, P. (2021). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Bebek Sawah. Jurnal Pundi, 5(2), 289–300. https://doi.org/10.31575/jp.v5i2.369
Ratmono, D., & Pradopowati, A. (2016). Determinan Fraud Belanja Bantuan Sosial Pemerintah Daerah. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 165, 42–62. https://doi.org/10.18202/jamal.2016.12.7024
Renaldi, D., & Gunardi. (2021). Pengaruh Layanan Go Food dan Penetapan Harga Terhadap Volume Penjualan di PT Evismandalia Anugrah (Kopi Kohi). Jurnal Fair Value, 4(1), 194–203.
Rohiman, I., Riadi, F., Adinata, U. W. S., & Suherman, A. R. (2022). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Acman: Accounting and Management Journal, 2(1), 66–74. https://doi.org/10.55208/aj.v2i1.30
Rohmatul Ummat, & Kristina Anindita Hayuningtias. (2022). Pengaruh kualitas Produk, Brand Ammbasador dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 1–13.
Samsudin, A., Hidayat, R., Marsha, I. M. A., Ramadhani, N. S., Jahzy, C. A., & Wijaya, M. G. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Restoran Modern dan Tradisional. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 467–472. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i2.2724
Setyani, T. P. H., & Gunadi, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil All New Rio Kia Motors Indonesia (Pada PT. Radita Autoprima). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1(1), 92–102.
Sinta Yuliana, & Ali Maskur. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Sinestesa Coffeeshop Pati). SEIKO Jurnal of Management and Business, 5(1), 559–573. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1772
Sumaryanto, S., Widajanti, E., & Susanti, N. I. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Excellent, 9(1), 93–110. https://doi.org/10.36587/exc.v9i1.1256
Telaumbanua, A., & Ziliwu, N. (2022). Analisis Dampak Pengelolaan Alokasi Dana Desa Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 108–123. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i1.21
Tumpuan, A. (2021). Penerapan Sistem Menu Engineering Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Menu di Restoran Bintan Inti Executive Village Clubhouse. Jurnal Pariwisata Terapan, 5(1), 60. https://doi.org/10.22146/jpt.66724
Utomo, P., Maskur, A., & Ekonomi, J. I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan (Studi pada Pelanggan Antariksa Coffeeshop Semarang). Fokus Ekonomi, 17(1), 40–60. http://ejournal.stiepena.ac.id/index.php/fe
Wardhani, F. K., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Pada Pelanggan Coffee Shop Rustic Market Surabaya. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 510–521. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i1.14169
Wijaya, A. A. A. R., & Widiasavitri, P. N. (2019). Hubungan dukungan sosial teman sebaya terhadap motivasi berprestasi pada remaja awal di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(02), 261. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i02.p05