PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI DONAT QUEEN DI KOTA BELOPA
Keywords:
Media sosial, Kualitas produk, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Media sosial dan kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap Donat Queen di kota Belopa. (2) Media sosial dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap Donat Queen di Kota Belopa. (3) Variabel mana yang paling dominan di antara Media Sosial dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli di Donat Queen.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 320 responden yang merupakan pelanggan di Donat Queen di Kota Belopa, penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Media Sosial dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Minat Beli di Kota Belopa. (2) Media sosial dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap minat beli Donat Queen kota Belopa. (3) Variabel kualitas produk paling dominan berpengaruh terhadap minat beli Donat Queen kota Belopa.
References
Atmoko. (2012). Facebook Handbook. Gramedia Pustaka Umum. Drs. M. Tjiptadi. (N.D.). Modul 1.
Ekonomi, F., Unisma, B., Mayangsari, D., Arifin, R., & Rahman, F. (N.D.). E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk, Promosi Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Di Donat Kentang Malang (Studi Kasus Pada Anggota Organisasi Ikatan Mahasiswa Mojokerto Area Malang). Www.Fe.Unisma.Ac.Id
Firmansyah, A. (2010). Penggunaan Situs Jejaring Sosial Sebagai Media Interaksi Dan Komunikasi Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 60–75.
Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 21. Undip.
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset …, 4(3), 415–424.
Hamiyah. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Perilaku Konsumen Dan Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Produk Skincare Natasha. Skripsi Ilmu Ekonomi Bisnis, 1–52.
Ilham, B. U., Firman, A., Dwinanda, G., Mubyl, M., & Latief, F. (2023). Pendampingan Branding Umkm Melalui Pengemasan Dan Strategi Promosi Produk Di Kabupaten Jeneponto.
Intan Rahmawati, D., & Agoestiyowati, R. (2021). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Produk Dunkin Donuts (Studi Kasus Pada Konsumen Di Koja, Jakarta Utara). In Jurnal Administrasi Bisnis (Vol. 1). Http://Ojs.Stiami.Ac.Id/Index.Php/Jumabi
Ismail Halim 2022, Manajemen, K., Perbankan, P., & Oleh, S. (N.D.). Konsep Dasar Manajemen Pemasaran.
Kotler, P. (2008). Managemen Pemasaran, Jilid 1. Pt Indeks Kelompok Gramedia, 1(Cara Memanage Pemasaran), 1.
Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (N.D.). Diponegoro Journal Of Social And Politic Tahun 2018, Hal. 1-7 Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/ 1 Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang.
Lukito, W. A., & Fahmi, A. (2020). Pengaruh Promosi Dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa. Www.Websindo.Com,
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (3rd Ed.).
Salemba Empat.
Nasrullah, & Ruli. (2017). Media Sosial Perspektif Kumunikasi, Budaya Dan Sosioteknologi. Pt Remaja Rosdakya.
Nurcahyo, B., & Riskayanto, R. (2018). Analisis Dampak Penciptaan Brand Image Dan Aktifitas Word Of Mouth (Wom) Pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1), 14. Https://Doi.Org/10.29407/Nusamba.V3i1.12026
Nurlaela Anwar, R., & Ananda Wardani, F. (N.D.). Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett Di E-Commerce Shopee 1.
Https://Doi.Org/10.31604/Jips.V8i5.2021.1370-1379
Philip, K., & Gary, A. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th Ed.). Penerbit Erlangga.
Ramdani, S., Danial, R. D. M., & Norisanti, N. (2021). Minat Beli Berdasarkan Creative Promotion Dan Inovasi Produk. Budgeting : Journal Of Business, Management And Accounting, 2(2), 462–469. Https://Doi.Org/10.31539/Budgeting.V2i2.1755
Rizkynata. (2017). Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian. Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 50(2), 1–215.
Sheila. (2019). Dampak Media Instagram Dan Kualitas Produk Pada Minat Pembelian Frozen Empal. Jurnal Media Mahardhika, 17(2), 1–213.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suroso, B. H., & Sri Setyo Iriani. (2014). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Mie Sedap Cup. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 1174–1185.
Suwandari. (2008). Pengaruh Promotional Mix Pada Peningkatan Volume Penjualan Kosmetika Skiva Pt. Cosmolab Prima Di Purwokerto. Jurnal Pro Bisnis, 1(1).
Turban, King, Lee, & Liang. (2012). Electronic Commerce 2012 (7th Ed.). Pearson Education.
Wati, M., & Rizky. (2009). 5 Jam Menjadi Terkenal Lewat Facebook. Cv Andi Offset.