PENGARUH DIGITAL MARKETING, KUALITAS LAYANAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AZARINE
Keywords:
Digital Marketing, Kualitas Layanan, Brand Image, Keputusan Pembelian, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Digital Marketing, Kualitas Layanan, dan Brand Image berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap Keputusan Pembelian produk Azarine.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak keseluruhan Pelanggan yang berkunjung dan membeli produk Azarine di toko Citra Kosmetik Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert.
Hasil penelitian menujukkan bahwa Digital Marketing, Kualitas Layanan dan Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian baik secara parsial maupun simultan. Dari penelitian ini diperoleh nilai Adjusted R2 sebesar 0,759 atau sama dengan 75,9% Keputusan Pembelian yang dipengaruhi variabel Digital Marketing, Kualitas Layanan, dan Brand Image. Sedangkan sisanya 24,1% Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.
References
Anwari, A. S., Santoso, B., & Puspitadewi S., I. (2022). Jurnal Ekonomi Bisnis. Analisis Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Galak Bondowoso, 1(2).
Armstrong, G. M., Adam, S., Kotler, P., Denize, S. M., & Volkov, M. (2017). Principles of Marketing (7th ed.). Pearson Education Australia.
Bala, M., & Verma, D. (2018). International Journal of Management, IT & Engineering. A Critical Review of Digital Marketing, 8(10).
Fitriani, L., & Asniwati, A. (2023). Manajemen Pemasaran (Melalui Pendekatan Strategi Dan Implementasi).
Gani, A. A., Soeharso, S. Y., Wicaksana, S. A., Pia, A., & Asrunputri. (2019). Jurnal Ekonomi & Bisnis. Pengaruh Psychological Capital Terhadap Readiness To Change Pada Karyawan Penjaga Gardu Tol Di Jabodetabek, 18(2).
Ilham, B. U., Firman, A., Dwinanda, G., Mubyl, M., Latief, F., Ilham, M., ... & Rahmayanti, S. F. (2023). Pendampingan Branding Umkm Melalui Pengemasan Dan Strategi Promosi Produk Di Kabupaten Jeneponto. Nobel Community Services Journal, 3(2), 68-72.
Imaduddin, Maksud, Wahyu, Fahrisal, Anna & Amirullah. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Layanan Grab Food Terhadap Keputusan Pembelian Makanan di Kota Makassar. SEIKO : Journal of Management & Business. 6(1). 246-257
Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & He, H. (2019). Principles of Marketing (8th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2017). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Laluyan, G. I., Wibowo, I., & Setiorini, A. (2019). Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana. Implementasi Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen JD.id Jakarta, 7(3).
Latief, Baharuddin & Aryati. (2022). The Influence of Brand Image and ProductQuality on Musical Instrument Purchase Decisions. Point of View Research Management. 3(2). 121-133
Latief, F., & Murti, R. S. (2023). Factors Influencing Consumer Decisions to Purchase Hijab Products Online on Instagram Social Media. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(2).
Mewoh, F. M., Tampi, J. R. E., & Mukuan, D. D.S. (2019). Jurnal Administrasi Bisnis. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Departement Store Manado Town Square, 9(1).
Musay, F. P. (2013). Jurnal Administrasi Bisnis. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian.
Purwanti, Y., Erlangga, H., Kurniasih, D., Pratama, A., Sunarsi, D., Nurjaya,
Manan, A., Duta Waskita, N. I., Ilham, D., Dwiwarman, D. A., & Purwanto, A. (2021). Turkish Journal of Computer and Mathematics Education. The Influence Of Digital Marketing & Innovasion On The School Performance, 12(7).
Romadhoni, M. (2015). Eprints@UNY. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa FIK UNY. https://eprints.uny.ac.id/13625/
Muh, S., & Fitriani, L. (2024). MANAJEMEN PEMASARAN MODERN DI ERA INDUSTRI 4.0.
Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen. 13(2). 249-258
Suhartini, S., Haeril, H., Lely, A., Awaluddin, A., Muhammad Isra, I., Mustafa, M., ... & Billy, L. (2023). Manajemen Pemasaran Perusahaan.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). - Konsep, Pengukuran dan Strategi (1st ed.). Penerbit Andi.
Wiranata, I. K. A., Agung, A. A. P., & Prayoga, I. M. S. (2021). Jurnal Emas. Pengaruh Digital Marketing, Quality Product Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Di Holland Bakery Batubulan, 2(3).
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2017). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed.). McGraw-Hill Education