IMPLEMENTASI PEMASARAN KREATIF DUA SELEBGRAM MAKASSAR TERHADAP UMKM MELALUI INSTAGRAM

Authors

  • Zulfikar RIfaldy Mochtar FIkar ITB Nobel Makassar

Keywords:

selebgram lokal, pemasaran kreatif, UMKM Makassar, Teori Wallace

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pemasaran kreatif oleh selebgram lokal terhadap UMKM Makassar dan mengidentifikasi faktor-faktor apa yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran kreatif tersebut. Teori Wallace digunakan sebagai kerangka teori dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melibatkan 2 (dua) selebgram lokal sebagai informan utama.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa selebgram lokal dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif bagi UMKM Makassar dengan memanfaatkan konten kreatif yang menarik dan relevan. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemasaran kreatif meliputi kualitas konten, interaksi dengan pengikut, dan kolaborasi dengan UMKM Makassar. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya UMKM Makassar untuk mempertimbangkan penggunaan selebgram lokal sebagai salah satu strategi pemasaran kreatif yang efektif.

References

Amalia S.Ant., M.Med.Kom, A. C. (2019, Januari 3). Influencer Sebagai Content Creator. BINUS UNIVERSITY MALANG | Pilihan Universitas Terbaik di Malang. https://binus.ac.id/malang/2019/01/influencer-sebagai-content-creator/

Brown, D., & Fiorella, S. (2013). Influence Marketing: How to Create, Manage, and Measure Brand Influencers in Social Media Marketing. Que Publishing.

Danial, E., & Wasriah, N. (2009). Metode penulisan karya ilmiah. Bandung: Laboraturium Pendidikan Kewarganegaraan.

Dr. H. Zuchri, Abdussamad. SIK., M. Si. (2021). Metode Penelitian Kualitatif— GoogleBooks. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Kualitatif/

Dr. Yayat Suharyat, et. all. (2022). MODEL PENGEMBANGAN KARYA ILMIAH BIDANG PENDIDIKAN ISLAM. Penerbit Lakeisha.

Fandy. (t.t.). Apa Itu Influencer? Pengertian, Jenis, dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis. Diambil 16 Desember 2022, dari https://www.gramedia.com/literasi/influencer/

Hardianawati. (t.t.). Buku Kewirausahaan. 17.

Joseph P Canon, William D Perreault Jr, & E Jerome McCharthy. (2008). Pemasaran Dasar 1. Penerbit Salemba.

Juniasih, I. A. K., Suastama, I. B. R., & Yanti, N. L. L. (2021). INSTAGRAMABLE DAN INFLUENCER PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN MILENIAL KE PANTAI PETITENGET KEROBOKAN. Prosiding, 1–19.

KBBI. (t.t.). Arti kata dokumentasi—Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diambil 25 November 2022, dari https://kbbi.web.id/dokumentasi

Luthfiyah, M. F. &. (2018). Metodologi penelitian: Penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Saifuddin M.Ag, S. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Deepublish.

BUKU AJAR E-COMMERCE. (2022). (n.p.): Feniks Muda Sejahtera. Nurani, Y., Hartati, S., & Sihadi. (2020). Memacu Kreativitas Melalui Bermain. Bumi Aksara.

Pangestika, W. (2022, Februari 7). Tips Jitu Memilih Influencer yang Tepat Sebagai Strategi Pemasaran. Mekari Jurnal. https://www.jurnal.id/id/blog/tips-memilih-influencer/

Pratiwi, A. (2021). KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS PERSPEKTIF KI HADJAR DEWANTARA - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/KONSEP_PENDIDIKAN_HUMANIS_PERSPEKTF

Rifai. (2019). Kualitatif: Kualitatif Teologi. Yoyo Topten Exacta.

Rifky, R. (2014). Kreatifitas—Kajian Pustaka—Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kreatifitas dan Inovasi Serta Im. https://123dok.com/article/kreatifitas-kajian-pustaka-faktor-faktor-mempengaruhi-kreatifitas-inovasi.eqopxg0z

Setiawan, A. A., Johan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Umar, H. (2001). Riset SDM Dalam Organisasi Husein Umar. Gramedia Pustaka Utama.

Depkop (2020). Koperasi Serba Usaha Mandiri Sejahtera. Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kota Tangerang Selatan. Diakses pada 25 Februari 2023 dari http://umkm.depkop.go.id/Detail?KoperasiId=737110008001337

Riska. (2019). Peranan Selebgram Endorsement Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Melalui Media Sosial Instagram Pada Mahasiswi Politeknik Pariwisata Makassar [Skripsi, Universitas Hasanuddin]. http://repository.unhas.ac.id/handle/123456789/25520

Wijaya, R. S., & Nini, N. (2022). Presepsi Baby Boomer Terhadap Persiapan Keuangan Memasuki Masa Pensiun Pada Karyawan Perbankan Di Kota Padang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 24(1), Art. 1. https://doi.org/10.47233/jebd.v24i1.362

Yuda, P. (2019, Agustus 25). Alasan Bisnis Kamu Butuh Influencer Marketing dan Tips Memilihnya. Whello Indonesia. https://whello.id/tips-digital-marketing/alasan-penting-bisnis-kamu-butuh-influencer-marketing-dan-tips-memilihnya/

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

FIkar, Z. R. M. (2024). IMPLEMENTASI PEMASARAN KREATIF DUA SELEBGRAM MAKASSAR TERHADAP UMKM MELALUI INSTAGRAM. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 221–232. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/malomo/article/view/4731