Pengaruh Faktor Lingkungan Keluarga dan Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran terhadap Kinerja Usaha melalui Orientasi Kewirausahaan pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Palopo

Authors

  • Sarti sarti Dinas Koperasi , UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Daerah Kota Palopo .
  • Laode Amijaya Kamaluddin Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Didiek Handayani Gusti Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/malomo.v3i2.5228

Keywords:

Lingkungan Keluarga, Sosial Media, Kinerja Usaha, Orientasi Kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi sejauh mana peran lingkungan keluarga dan strategi pemasaran melalui media sosial memengaruhi kinerja UKM, dengan orientasi kewirausahaan sebagai variabel perantara. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan melibatkan 100 pelaku usaha kecil dan menengah di Kota Palopo. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan skala Likert, dan data dianalisis melalui aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh langsung lingkungan keluarga terhadap kinerja UKM tidak signifikan. Namun, lingkungan keluarga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap orientasi kewirausahaan. Pemanfaatan media sosial terbukti berdampak signifikan terhadap kinerja usaha dan juga terhadap peningkatan orientasi kewirausahaan. Selanjutnya, orientasi kewirausahaan memberikan pengaruh positif terhadap kinerja UKM. Secara tidak langsung, baik lingkungan keluarga maupun strategi media sosial memengaruhi kinerja usaha melalui penguatan orientasi kewirausahaan

References

Hidayat, Muhammad, et al. "The Design of Curriculum Development Based on Entrepreneurship through Balanced Scorecard Approach." International Education Studies 8.11 (2015): 123-138.

Alma, M. H., Ertaş, M., Nitz, S., & Kollmannsberger, H. (2007). Chemical composition and content of essential oil from the bud of cultivated Turkish clove (Syzygium aromaticum L.). BioResources, 2(2), 265-269.

Ardiyani, N., & Kusuma, A. (2016). Pengaruh Sikap, Pendidikan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha.E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(8), 254988.

Aulia, R., Astuti, M., & Ridwan, H. (2019). Meningkatkan Kinerja Pemasaran melalui Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 20(1), 27–38.

Bronfenbrenner, U. (1979). Contexts of child rearing: Problems and prospects. American psychologist, 34(10), 844.

Cerrato, D.,& Piva, M. (2012). The internationalization of small and medium-sized enterprises: The effect of family management, human capital and foreign ownership. Journal of Management and Governance, 16(4), 617–644. https://doi.org/10.1007/s10997-010-9166-x

Citradewi, A. (2012). Universitas negeri semarang 2012. 1–77.

Asri, A. (2024). Efek Motivasi Belajar Lingkungan Keluarga dan Pemanfaatan Internet Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo,452-466.

Cooper dan Schindler. (2014). Bussiners Research Method. New York: McGraw-Hill

Covin, J.G., & Slevin, D.P. (1989). “Strategic Management of Small Firms in Hostile and Benign Environments.” Strategic Management Journal, 10(1), 75-87

Dahnil, M. I., Marzuki, K. M., Langgat, J., & Fabeil, N. F. (2014). Factors Influencing SMEs Adoption of Social Media Marketing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 148, 119–126. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.025

Djodjobo, C. V., & Tawas, H. N. (2014). Pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha nasi kuning di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).

Engel, J.F., & Blackwell, R.D. (1982). Consumer Behavior . New York: Holt, Rinehart and Winston.

Evaliana, Y. (2015). Pengaruh Efikasi Diri Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen.

Faruq, M. A., & Usman, I. (2014). Penyusunan Strategi Bisnis Dan Strategi Operasi Usaha Kecil Dan Menengah Pada Perusahaan Konveksi Scissors Di Surabaya. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 7(3), 173–198

Fatmawati, R. (2018). Pengaruh Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga dan Media Social Terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Sumatera Utara. Tesis Magister.

Fatmawati, R. A. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran pada Warung Kucingan/Angkringan di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(3), 351–352.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Ed 6. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hair. 2010.Multivariate Data Analysis.Seventh Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60.

Hendriyadi, Tricahyadinata, I., & Zannati, R. (2019). Metode Penelitian: Pedoman Penelitian Bisnis dan Akademik. Jakarta: Lembaga Pengembagan Manajemen dan Publikasi Imperium (LPMP Imperium).

Hitt, M.A., Ireland, R., Camp, M., & Sexton, D., 2002. Strategic Enterpreneurship: Integrating Enterpreneurial and Strategic Management Perspectives. Dalam Hitt, M.A., Ireland, R., Camp, M., & Sexton, D.(Eds.) Strategic Entrepreneurship : Creating a New Mindset, Oxford. Blackwell. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen- bisnis/article/view/1146

Himachalam Dasaraju,Tulus T.H. Tambunan. (2023). Peran Usaha Mikro,Kecil dan Menengah dalam mencapai SDGS; Perspektif dari Ekonomi Berkembang: Palgrave Macmillan.

Hair J.F., et al. Multivariate Data Analysis., Seventh Edition. New Jersey; Pearsoan Prentice Hall.

J Supranto,(2006). Pengukuran Tingkat Kepuasan Nasabah: untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Jannah, M., Irawati, A., & Purnomo, H. (2019). Pengaruh Orientasi Kewiraushaan dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja UKM M Batik Gedog Khas Tuban. Eco- Entrpreneurship, 5(1), 33–48.

Kaplan, A.M., & Haenlein, M. (2010). “Users of the world, unite! The c hallenges and opportunities of Social Media.” Business Horizons, 53(1), 59-68.

Kietzman, C. C., & Caparon, M. G. (2011). Distinct time-resolved roles for two catabolite-sensing pathways during Streptococcus pyogenes infection. Infection and immunity, 79(2), 812-821.

Kamaluddin laode amijaya. (2024. Pengaruh Pelatihan, Motivasi dan Bantuan Permodalan terhadap Peningkatan kesejahteraan Pelaku Usaha Mikro, kecil dan menengah (umkm) di kabupaten mamuju.cendekia akademika indonesia (cai) : 99-113.

Kamaluddin, Laode Amijaya, Agunawan, and Mappangara Sanusi.(2024): Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai. Economics and Digital Business Review.: 369-378.

Khair, A. U., Asri, A., & Firman, A. (2021). Pembentukan Karakter Kewirausahaan Melalui Pembinaan Softskill Pada Perempuan Di Kelurahan Lette. Nobel Community Services Journal, 16-23.

Kristinae, V., & Sahay, M. (2019). Pengaruh Social Media,Learning Orientation Dan Market Orientation Terhadap Marketing Capabilities UKM Kerupuk Ikan Saluang Di Kalimantan Tengah. 14(2), 1959–1966.

Kumalaningrum, M.P., 2012. Lingkungan bisnis, Orientasi Kewirausahaan, orientasi pasar dan kinerja Usaha kecil dan menengah. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, Vol. 7 no 1, p.45-59.

Lee, D. Y., & Tsang, E. W. K. (2001). The Effects of Entrepreneurial Personality, Background and Network Activities on Venture Growth. Journal of 101 Management Studies, 38(4), 583–602.

Linawati, L., Wirastutia, N. M. A. E. D., Widyantara, I. M. O., Wiharta, D. M., & Mertasana, P. A. (2018). Pemberdayaan UKM m Perempuan Kota Denpasar Dibidang E-Commerce. Buletin Udayana Mengabdi, 17(1), 53.

Lumpkin, G.T., & Dess, G.G. (1996). “Clarifying the Entrepreneurial Orientation Construct and Linking It to Performance.” Academy of Management Review, 21(1), 135-172.

Lumpkin, G.T., & Dess, G.G. (1996). “Clarifying the Entrepreneurial Orientation Construct and Linking It to Performance.” Academy of Management Review, 21(1), 135-172.

Mudjiarto, Wahid, A., & Sugiharto, A. (2016). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha kecil dan menengah(UKM ) Mitra Binaan Pkbl Pt Jasa Marga. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul

Mulyani, (2019). Efektifitas penerapan e-commerce blanja. Com dalam perkembangan ukm di banyumas (Doctoral dissertation, Politeknik APP Jakarta).

Munizu, M. (2010). Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja Usaha kecil dan menengah(UKM ) di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(1), 33–41.

Musrifah, A. D., Mas' ud, M., & Gusti, D. H. (2024). Pengaruh Rekrutmen, Penempatan dan Konflik Peran Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kelurahan Se-Kecamatan Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Jurnal Pusaran Manajemen (JPM), 2(2), 176-188.

Nahun & Kristinae, (2019). Analisis Media Online sebagai Komunikasi Bisnis pada UKM Pekerja Wanita di Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 52-62

Naninsih, N., Karim, K., Hatija, S., Tongli, B., & Alam, S. (2019). Analysis of Business Performance of Housing Developers in Makassar City. 75(ICMEMm 2018), 149–154.

Palalic, R., & Busatlic, S. (2015). Exploratory research on relationship between entrepreneurial orientation dimensions and business performance and growth of fast and slow growing small and medium enterprises in Bosnia and Herzegovina. international Journal of Business and Management, 10(2), 15.

Parveen Farzana Noor Ismawati Jaafar Sulaiman Ainin, (2016),Social media’s impact on organizational performance and entrepreneurial orientation in organization, Management Decision, Vol. 54, PP 99-115

Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunaan Media Social Pada Usaha kecil dan menengah(UKM ). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, November, 2–3.

Priminingtyas, D. N. (2010). Peran Perempuan Dalam Pengembangan Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM ). 1–7.

Purwantini, A. H., & Anisa, F. (2018). Analisis Penggunaan Media Social bagi UKM dan Dampaknya Terhadap Kinerja. The 7th University Research Colloquium, 304–314.

Rasyid, H. (2015). Membangun generasi melalui pendidikan sebagai investasi masa depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1).

Reswanda, 2012. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Pembelajaran Organisasi, Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan dan Kinerja Usaha pada UKM Kerajinan Kulit Berorientasi Ekspor di Sidoarjo. Jurnal Disertasi Universitas Airlangga, Maret 2011. Surabaya.

Riahi, H., & Belhaj, A. (2017). “The Impact of Entrepreneurial Orientation on Small Business Performance: A Literature Review.” Journal of Business and Economic Policy, 4(2), 1-10.

Ridwan dan Engkos Ahmad Kuncoro, 2007. Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung : CV Alfabeta.

Sabil, Sumaryadi, Muhammad Hidayat, and Asri Asri. "Analisis pengaruh konten media sosial dan inovasi layanan terhadap keputusan pembelian melalui lifestyle sebagai variabel intervening pada aplikasi shopee di kota makassar." Nobel Management Review 3.4 (2022): 658-673.

Samir, A. (2011). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja UKM Catering di Kota Bandung. Jurnal Manajemen Teknologi, 10(2), 162–184. http://www.sbm.itb.ac.id/wp-content/uploads/2011/08/4-alfin.pdf

Sari, R. M., & Hanoum, S. (2012). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Internet terhadap Peningkatan Kinerja UKM Menggunakan Metode Structural Equation Modelling. Jurnal Teknik ITS, 1, 488–493.

Siswanto, T. (2018). Optimalisasi Social media Sebagai Media Pemasaran Usaha kecil dan menengah. Liquidity, 2(1), 80–86. https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.134

Sugiyono, (2017). Neraca Pembayaran: Konsep, Metodologi dan Penerapan (Vol. 4). Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Kuantiatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, B., Fariyanti, A., & Winandi, R. (2013). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Usaha Wirausaha Wanita: Suatu Studi pada Industri Pangan Rumahan di Bogor. Jurnal Manajemen Teknologi, 12(3), 252–277. https://doi.org/10.12695/jmt.2013.12.3.3

Suryana, Y. (2010). Kewirausahaan pendekatan karakteristik wirausahawan sukses.

Suyatno, A., & Muhtarom, M. (2018). Pengaruh lingkungan keluarga dan pembelajaraan kewirausahaan terhadap intensi. INFORMA Politeknik Indonusa Surakart, 4.

Tommy Prasetyo, D. H. (2013). Modal Social PengUsaha kecil dan menengah Sektor Informal Dan Hubungannya Dengan Kinerja Bisnis Di Wilayah Jawa Timur. Agora,1(3),1–4.

Tuten, T. L and Solomon, M. R. (2017). Social Media Marketing. California: SAGE Publications, Inc.

Usman, M., Mendes, E., Weidt, F., & Britto, R. (2014, September). Effort estimation in agile software development: a systematic literature review. In Proceedings of the 10th international conference on predictive models in software engineering (pp. 82-91)

WAHAB, Ulfah Mutmaiinna; IDRIS, Muhammad; GUSTI, Didiek Handayani. Pengaruh motivasi kerja, kepuasan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada dinas ketenagakerjaan kabupaten pangkep. Jurnal Pusaran Manajemen (JPM), 2022, 1.1: 29-39.

Wardhana, A.(2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, April 2015, 32

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

sarti, S., Kamaluddin, L. A., & Gusti, D. H. (2025). Pengaruh Faktor Lingkungan Keluarga dan Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran terhadap Kinerja Usaha melalui Orientasi Kewirausahaan pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Palopo. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 3(2), 136–149. https://doi.org/10.37476/malomo.v3i2.5228