Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen di Alfamart Mallengkeri Mangasa

Authors

  • nur ichsan syarif Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indoneisa
  • Bahrul Ulum Ilham
  • Ali Murdhani Ngandoh

DOI:

https://doi.org/10.37476/malomo.v3i2.5229

Keywords:

Loyalitas konsumen, Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen di Alfamart Mallengkeri Mangasa. Fokus penelitian mencakup aspek kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, dan faktor sosial budaya yang berkontribusi pada loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 50 responden yang berbelanja di Alfamart. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas layanan dan kepuasan konsumen berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas konsumen. kualitas layanan dan kepuasan konsumen berpengaruh positif secara simultan terhadap loyalitas konsumen. Variabel kepuasan konsumen yang paling berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen

References

Bali, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 1-14.

Chairunnisa. (2019). Isolasi dan Uji Bakteri Lipolitik dalam Mendegradasi Minyak Pada Limbah Cair Kelapa Sawit di Kebun Marihat, Pematang Siantar | Chairunnisa | Jurnal Ilmiah Biologi UMA (JIBIOMA). https://jurnalmahasiswa.uma.ac.id/index.php/jibioma/article/view/155

E. Agus Suryadi. (2021). Mewujudkan Sistem Peradilan Pidana Terpadu Melalui Case Management System (Studi di Kejaksaan Negeri Kota Bogor) | Jurnal Suara Hukum. https://journal.unesa.ac.id/index.php/suarahukum/article/view/11271

Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Smp Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal on Education, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.66

M.M, A. N., S. E., M.Si, D. G. W., S. E., & M.H, R. R., S. E. (2024). Ekonomi Digital: Tantangan dan Peluang di Era Revolusi Industri 5.0 dan Metaverse. Takaza Innovatix Labs.

Pratama, D., Nurwani, N., & Nasution, Y. S. J. (2023). The Effect of Understanding of Financial Literacy and Ease of Digital Payment on the Continuity of Msmes in the Digitalization Era. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 6(2), Article 2. https://doi.org/10.31538/iijse.v6i2.3468

Widjanarko, W., Hidayat, W. W., Prasetyo, E. T., Eprianto, I., & Yulianah. (2022). The Effect of Financial Literacy on the Financial Management of MSMEs in Jatinangor District, Sumedang Regency. Enrichment : Journal of Management, 12(5), Article 5. https://doi.org/10.35335/enrichment.v12i5.826

Widjanarko, W., Hidayat, W. W., Prasetyo, E. T., Eprianto, I., & Yulianah. (2022). The Effect of Financial Literacy on the Financial Management of MSMEs in Jatinangor District, Sumedang Regency. Enrichment : Journal of Management, 12(5), Article 5. https://doi.org/10.35335/enrichment.v12i5.826

Wijaya. (2021). Determinan Kinerja Karyawan Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Nganjuk. Journal of Law, Administration, and Social Science, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.54957/jolas.v1i2.103

Yoan, F. (2022). Eksperimentasi E-Learning Berbasis Moodle Dengan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Di Uin Raden Intan Lampung [Diploma, Uin Raden Intan Lampung]. https://repository.radenintan.ac.id/21935/

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

syarif, nur ichsan, Bahrul Ulum Ilham, & Ali Murdhani Ngandoh. (2025). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen di Alfamart Mallengkeri Mangasa. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 3(2), 160–170. https://doi.org/10.37476/malomo.v3i2.5229