Pengaruh Harga dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Pakaian pada Thrift Shop Online di Kota Makassar

Authors

  • Asriana Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia Makassar
  • Nurhaeda Zaeni Prodi Manajamen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Dirwan Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/malomo.v3i2.5324

Keywords:

Harga, Social Media Marketing, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: pengaruh harga dan social media marketing secara parsial terhadap keputusan pembelian pakaian pada thrift shop online di kota Makassar, Pengaruh harga dan social media marketing secara simultan terhadap keputusan pembelian pakaian pada thrift shop online di kota Makassar, dan variabel paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pakaian pada thrift shop online di kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda. Sampel penelitian terdiri dari 120 responden yang merupakan konsumen thrift shop online di kota Makassar. Data dikumpulkan melalui kuesioner online menggunakan google form skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pakaian pada thrift shop online di kota Makassar. (2) Social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pakaian pada thrift shop online di kota Makassar. (3) Secara simultan, harga dan social media marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pakaian pada thrift shop online di kota Makassar. (4) Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah social media marketing.

References

Andriani, A. D., Menuk Sri, C., Pgri, U., & Surabaya, A. B. (2021). Pengaruh gaya hidup, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pakaian bekas import di tempat biasa thrift store surabaya. In Journal of Sustainability Business Research (Vol. 2, Issue 1).

Arif, M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) Dan lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online. In SiNTESa CERED Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora (Vol. 2021).

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2023). Laporan Profil Pengguna Internet Indonesia Tahun 2023.

Fandy Tjiptono. (2016). Pemasaran Jasa. Gramedia Cawang.

Fauziyah, A., Nurhaedah z, Yuswari., manajemen, J., & Nobel Indonesia Makassar, I. (2021). Pengaruh lifestyle, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada kopi break di kota makassar. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/NMaR

Fitri Nur Hidayah. (2023). Ada 49,4% Masyarakat Indonesia Pernah Melakukan Thrifting. GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/ada-494-masyarakat-indonesia-pernah-melakukan-thrifting-sP7wi

Fitriani Latief, Deviyanti, Nurhaedah z manajemen, J., & Nobel Indonesia Makassar, I. (2023). Pengaruh label halal, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian brand kosmetik wardah di citra kosmetik sungguminasa.

Gani, I. , & A. S. (2014). Alat Analisis Data Aplikasi Statiska untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial . ANDI.

Ghozali. (2012). Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Universitas Diponegoro.

Giovenna, A., Tinggi Ilmu Ekonomi YAI Jl Salemba Raya No, S., & Pusat, J. (2012). Pengaruh social media marketing, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk uniqlo (Vol. 5, Issue 1).

Gracia, B. A., Dipayanti, K., & Nufzatutsaniah, N. (2024). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 7(3), 275–292. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v7i3.41049

Hafidh Fauzi, D. (2021). Determinasi keputusan pembelian dan pembelian ulang (literature review manajemen pemasaran). 2(6). https://doi.org/10.31933/jimt.v2i6

Halim, N. R., & Iskandar, A. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan persaingan terhadap minat beli. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415–424. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i3.291

Indriyani, R., Suri, A., Manajemen Bisnis, P., Studi Manajemen, P., Ekonomi Dan Bisnis, F., & Korespondensi, P. (2020). Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian melalui motivasi konsumen pada produk fast fashion. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25─34

Khotijah Dwi Lestari. (2024). Pengaruh pemasaran digital dan brand awareness terhadap keputusan pembelian konsumen pada kopi lokale cabang siantan.

Kotler, P. & K. K. L. (2016). Marketing Management (15th ed) (Pearson Education). Pearson Education.

M.A.Mursidi & Chan Uswatun Khasanah. (2024). Analysis of the Impact of Instagram, TikTok, and YouTube on Online Fashion Purchase Decisions. In BUSINESS: Scientific Journal of Business and Entrepreneurship (Vol. 2, Issue 2). https://journal.csspublishing/index.php/business

Mega Aprilia, D., Maya, H., Sari, K., & Sukmono, R. A. (2024). Development of lifestyle, brand awareness and social media marketing on erigo brand purchase decisions perkembangan lifestyle dan sosial media marketing terhadap keputusan pembelian brand erigo.

Musyawarah, I. Y., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Mamuju, M. (2020). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk busana muslim pada toko rumah jahit akhwat (rja) di kabupaten mamuju. Journal of Economic, Management and Accounting, 1(1).

Narottama, N., Erinda, N., & Moniaga, P. (2022). Pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian konsumen pada destinasi wisata kuliner di kota denpasar. In JUMPA (Vol. 8, Issue 2). https://datareportal.com/reports/digital-2021-global-overview-report

Ni’matur Rahmayanti. (2020). Pengaruh brand image, harga, dan fashion lifestyle terhadap keputusan pembelian pakaian branded preloved di thriftshop online instagram (Studi Kasus Pada Konsumen @rilyshop Di Kota Surabaya).

Pambudi, A. (2018). Pengaruh Kredibilitas Perusahaan Dan Kesadaran Merek Terhdap Keputusan Pembelian Produk Tepung Terigu Cakra Kembar Pada Pt.Ism Bogasari Flour Mills Surabaya. 9–22.

Parmini & Bingar Hernowo. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Uang Saku, dan Tren terhadap Perilaku Belanja Online Mahasiswa. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 634–639. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24753

Populix. (2022). Survei Pola Belanja Indonesia 2022. Jakarta: Populix. https://info.populix.co/articles/tren-belanja-online-masyarakat-indonesia/

Praditasetyo, D., & Saputri, M. E. (2021). Pengaruh social media marketing melalui aplikasi tiktok terhadap keputusan pembelian online pada shopee indonesia the impact of social media marketing through the tiktok application on online purchasing decisions at shopee indonesia.

Ramdani, H. C., Rahayu, S., & Fahmi, R. (2022). Pengaruh sosial media marketing terhadap minat dan daya beli pelanggan. 22.

Rombe, E., Reka Nurmalasari, N., Bachri, S., Zeylo Auriza, M., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2023). Pengaruh social media marketing instagram dan harga terhadap keputusan pembelian produk thrift dan dampaknya terhadap kepuasan konsumen pada youth thrift market di kota palu. In Jurnal Manajemen Dewantara (Vol. 7, Issue 3). http://jurnal.ustjogja.ac.id

Rorong, G. A., Tamengkel, L. F., Mukuan, D. D. S., Studi, P., & Bisnis, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import di Pasar Baru Langowan. In Productivity (Vol. 2, Issue 3).

Satdiah, A., Siska, E., & Indra, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Cat De’lucent Paint. CiDEA Journal, 2(1), 24–37. https://doi.org/10.56444/cideajournal.v2i2.775

Statista Research Departement. (2024). Nilai pasar pakaian bekas di seluruh dunia dari tahun 2021 hingga 2028. Statista. https://www-statista-com.translate.goog/statistics/826162/apparel-resale-market-value-worldwide/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=sge#:~:text=Value%20of%20the%20secondhand%20apparel%20market%20worldwide%20from%202021%20to%202028&text=In%202023%2C%20the%20global%20market,100%20billion%20dollars%20by%202026.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supangkat, A. H. (2017). Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga terhadap keputusan pembelian tas di intako Supriyatin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Teuku Umar, J., Baja, L., Batam-Indonesia, K., Hasanuddin, A., Rahmat, M., & Sandra, E. (2023). Universitas ibnu sina (uis) pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian baju bekas (thrift) di kota batam.

ThredUp & GlobalData. (2023). 2023 Resale Report: The Future of Fashion is Circular. ThredUp. https://www.just-style.com/features/secondhand-style-will-make-up-10-of-market-in-seismic-shift-for-sector/

Tuten, T. L. (2023). Social Media Marketing. Sage Publications limited.

We Are Social. (2024). Digital 2024: Indonesia. London. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/

Yusup f. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol.7 No. 1, 17-23.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Asriana, Zaeni, N., & Dirwan. (2025). Pengaruh Harga dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Pakaian pada Thrift Shop Online di Kota Makassar. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 3(2), 123–135. https://doi.org/10.37476/malomo.v3i2.5324