Pengaruh Brand Image dan Promosi terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kampus ITB Nobel Indonesia

Authors

  • Wanda Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Andi Widiawati
  • Muh. Syilfa Nooviar

DOI:

https://doi.org/10.37476/malomo.v3i2.5339

Keywords:

Brand Image, Promosi, Keputusan Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh brand image terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih kampus ITB Nobel Indonesia. (2) Pengaruh promosi terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih kampus ITB Nobel Indonesia. (3) Pengaruh brand image dan promosi secara simultan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih ITB Nobel Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 83 responden. Pengambilan sampel digunakan dengan teknik purposive sampling, dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis linear berganda, uji T dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih ITB Nobel Indonesia. (2) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih ITB Nobel Indonesia. (3) Brand Image dan promosi berpengaruh simultan dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih ITB Nobel Indonesia.

References

Asri, M. M., & Susanto, A. (2023). Pengaruh Promosi, Kualitas Program Studi, Biaya Pendidikan Dan Lokasi Kampus Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi S1 Manajemen Feb UKSW. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 8828–8842.

Elimar, T., Lestari, A. A., Susyanti, S., Fitri, M. R., & Fatmayanti, E. (2024). Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 176–185. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v2i1.3790

Erinawati, F., & Syafarudin, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi Terhadap Keputusan. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.10

Hanifun, I. (2024). Pengaruh Brand Image Dan Promotion Terhadap Keputusan Mahasiswa Baru Memilih Universitas Dehasen Sebagai Tempat Kuliah (Studi Pada Mahasiswa Baru Angkatan 2023). Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains (JEMS), 5(2), 365–381. https://doi.org/10.36085/jems.v5i2.6471

Juraerah, E., Zohriah, A., & Bachtiar, M. (2023). Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Mempromisikan Dan Meningkatkan Daya Saing Lembaga(Studi Di Smk Bismillah Padarincang Dan Smk Darunnajah Pabuaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 458–465. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20066

Munir, M., & Ma’sum, T. (2022). Strategi Membangun Brand Image Lembaga Pendidikan. 5.

Prihartini, E., & Abdullah, D. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Kuliah Di Perguruan Tinggi Swasta. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, 4(1), 205–219.

Putra, Y. P., Puspita, N. V., & Heryanto, B. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Gen Z Dalam Memilih Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 9(2), 183–192. https://doi.org/10.21107/jsmb.v9i2.16789

Siahaan, P. Y., Siahaan, A. L., & Sirait, P. H. N. (2024). Pengaruh Brand Image Dan Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Memilih Kuliah Di Universitas Hkbp Nommensen Pematangsiantar. Journal Sains Student Research, 2(3), 165–172.

Widiawati, A., & Syafii, M. I. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Penjualan Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Laundry 5asec Cabang Makassar. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 6(2).

Wulandari, S. E., Fauzi, A., & Lubis, A. N. (2019). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Politeknik Lp3i Medan Kampus Medan Baru. Journal of Management Review, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.25157/mr.v3i3.2907

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Wanda, Widiawati, A., & Nooviar, M. S. (2025). Pengaruh Brand Image dan Promosi terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kampus ITB Nobel Indonesia. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 3(2), 214–224. https://doi.org/10.37476/malomo.v3i2.5339