Analisis Strategi Pemasaran pada Food Galery Wiha di Kota Makassar

Authors

  • Wulan Sucianti Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Bahrul Ulum Ilham Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Faisal Rizal Zainal Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37476/malomo.v3i3.5362

Keywords:

Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, UMKM Kuliner, Food Galery Wiha, Pertumbuhan Agresif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Strategi pemasaran yang cocok oleh Food Galery Wiha. (2) Strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Food Galery Wiha di kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara (pemilik usaha, karyawan, pelanggan), dan dokumentasi. Analisis SWOT serta matriks IFAS-EFAS diterapkan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal. Hasil penelitian menunjukkan kekuatan utama pada ketahanan produk, variasi menu, dan citra positif, sementara kelemahan meliputi promosi media sosial yang kurang optimal dan harga kurang kompetitif. Peluang terbesar adalah ketersediaan bahan baku lokal dan loyalitas pelanggan, sedangkan ancaman utamanya adalah persaingan produk sejenis. Berdasarkan diagram Cartesius, perusahaan berada di kuadran I (SO) yang merekomendasikan strategi pertumbuhan agresif (growth-oriented strategy). Rekomendasi strategi mencakup: (1) optimalisasi promosi digital melalui konten kreatif, (2) penambahan fasilitas makan ditempat, (3) diversifikasi menu berbasis tren kekinian, dan (4) peningkatan kapasitas SDM.

References

Ansori. (2019). Analisis pendapatan dan tingkat kesejahteraan rumah tangga petani. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.

Asiva Noor Rachmayani. (2023). Analisis struktural kovarians pada indikator yang berhubungan dengan kesehatan di antara para lansia di rumah, studi k asus perasaan subjektif tentang kesehatan. 6.

Fahmi. (2019). In Irham, Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fitriana Dewi, D. (2019). Skripsi Analisis Strategi Pemasaran Perhotelan Di Makassar (Studi Kasus Di Grand Clarion Hotel & Convention).

Justralina. (2020). Strategi Pemasaran Tabungan Hasanah Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Hasanah Pekanbaru Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Suska Pers. Toward a Media History of Documents, 1.

Munadi, F. A., Ekonomi, F., & Gunadarma, U. (2021). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Kendaraan Motor pada CV Turangga Mas Motor. Journal of Economics, 1–14.

Pratiwi, Q. (2021). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada umkm pabrik roti alfaris bakery medan skripsi. STIE Dharma Putra, 1(Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada UMKM), 345.

Rahmat, R. M., Manajemen, J., Ekonomi, F., Bisnis, D. A. N., & Hasanuddin, U. (2020). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PT . KOKO JAYA PRIMA MAKASSAR. 1–79.

Riesso, A. S., Angka, A. W., & Hasanah, D. F. (2023). Marketing Strategy Analysis on the Competitive Advantage of Culinary MSMEs in Makassar City. 6(1), 83–88.

Rijal, S., Mubyl, M., & Mariah, M. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Produk Pada Perusahaan Dedaku Food and Drink Kab. Bulukumba. Nobel Management Review, 3(4), 714–724. https://doi.org/10.37476/nmar.v3i4.3464

Siregar, R. A. (2020). Penanganan Pembiayaan Bermasalah Mikro 75ib Di Bank BRI Syariah Kcp Rantau Prapat. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Syeron, I. V. (2019). Perumusan Strategi Dengan Menerapkan Analisis Kanvas Strategi, Kerangka Kerja Empat Langkah, Kerangka Kerja Enam Jalan, Dan Visualisasi Strategi Pada Jasa Persewaan Alat Outdoor. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 9–18.

Ulum Ilham, B., Muawwal, A., Renny, & Hasniati. (2024). Penggunaan Teknologi AI dan Strategi Pemasaran Digital untuk Mendorong Pertumbuhan Penjualan Usaha Kecil Menengah di Wilayah Sulawesi Selatan. Jurnal Sipissangngi, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.35329/jurnal.v4i1

Wasil, M. (2023). Analisis strategi pemasaran pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Implementasi Manajemen & Kewirausahaan, 3(2), 40–51. https://doi.org/10.38156/imka.v3i2.159

Downloads

Published

2025-09-02

How to Cite

Sucianti, W., Ulum Ilham, B., & Rizal Zainal, F. (2025). Analisis Strategi Pemasaran pada Food Galery Wiha di Kota Makassar. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 3(3), 235–245. https://doi.org/10.37476/malomo.v3i3.5362