Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Kue Gyuka.Id
DOI:
https://doi.org/10.37476/malomo.v3i3.5376Keywords:
Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Kue Gyuka.ID di Kabupaten Jeneponto. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya menjaga kualitas produk dan pelayanan dalam meningkatkan loyalitas serta kepuasan pelanggan, khususnya dalam sektor UMKM kuliner. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei terhadap 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kualitas produk maupun kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Secara parsial, kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan dengan kualitas produk. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan kepuasan pelanggan dapat dicapai melalui pelayanan yang unggul disertai dengan kualitas produk yang tetap konsisten.
References
Amri, M., Efendi, B., & Akbar, M. A. (2025). Pengaruh Variasi Produk, Harga Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan Koperasi Serba Usaha Ngebrak Store. JBE, 57-66.
Andriyani, V., Moro'ah, S., & Mauliddah, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Konsumen, Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Tissue "See You" di Surabaya. Improvement, 69-76.
Ansyarif, H., Susilowati, S., & Rahayu, O. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Preferensi Konsumen Dan Pengambilan Keputusan dalam Memilih Daging Sapi di Pasar Tradisional Kecamatan Sape, Kabupaten Bima. DINAMIKA REKARATWA, 155-166.
Arianto, N., & Difa, S. (2020). Pengaruh Kulaitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Minat beli Konsumen pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Dirupsi Bisnis, 108-119.
Erinawati, F., & Syafarudin, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi terhadap Keputusan. Jurnal Valuasi, 130-146.
Handayani, L. S., & Syarifudin, A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Konsumen Pada Layanan Transport Gojek. DIMENSI, 298-313.
Hartono, R., Amrullah, & Harsono, G. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dalam Penggunaan Jasa O.R 44 Hotel Pagar Dewa Kota Bengkulu. JoGaPA, 88-105.
Manggala, H., & Adirinekso, G. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 39-53.
Nainggolan, T., & Tanjung, Y. (2023). Pengaruh Suasana Toko Dan Kualitas Layanan TerhadapKepuasan Pelanggan Padea Produk Kecantikan SilkyGirl DiMatahari Departement Store Thamrin Medan. JSCR, 372-391.
Najib, R. G., Dewi, R. S., & Suryoko, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Konsumen Lazada di Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 347-355.
Prakosa, Y. B., & Tjahjaningsih, E. (2021). Pengaruh Kualita Produk, Gaya Hidup, dan Pengetahuan Produk terhadap Proses Keputusan pembelian Sepeda Lipat di Kota Semarang. INOBIS, 371-374.
Pramudita, D. T., Gunawan, N. F., Ningsih, M. C., & Adilah, R. (2022). Determinasi Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Harga dan Kualitas Produk. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 424–436.
Ristanto, H., Aditya, G., & Catur. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada CV Mitra Sejati Foamindo Semarang). Jurnal Bingkai Ekonomi, 58-71.
Sasongko, S. R. (2021). Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). JIMT, 104-114.
Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Hazmanan, K. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Inspirasi Bisnis & Manajemen, 67-86.
Wiyasa, I. G. (2023). Kualitas PelayananTerhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Beberapa Generasi Di Kedai Kopi “Simple Group” Surabaya Dan Gresik. JMCBUS, 277-302.
Zaini, A. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen "Warung Bek Mu Banjaranyar Paciran Lamongan). AL Maqashid, 47-54.