Strategi Peningkatan Packaging dan Labelling Produk untuk Daya Saing Pasar pada UMKM Dodol Mama Azka Desa Bonto Tallasa Kabupaten Bantaeng
DOI:
https://doi.org/10.37476/malomo.v3i3.5410Keywords:
Packaging, Labelling, UMKMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Strategi peningkatan Packaging dan Labelling Produk untuk Daya Saing Pasar pada UMKM Dodol Mama Azka Desa Bonto Tallasa kabupaten Bantaeng. (2) Pengaruh peningkatan Packaging dan Labelling Produk untuk Daya Saing Pasar pada UMKM Dodol Mama Azka Desa Bonto Tallasa kabupaten Bantaeng. (3) Faktor yang mempengaruhi peningkatan Packaging dan Labelling Produk untuk Daya Saing Pasar pada UMKM Dodol Mama Azka Desa Bonto Tallasa kabupaten Bantaeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan ini digunakan dengan berlandaskan alasan yang dikemukakan dengan orientasi teoritis, yaitu landasan berpikir untuk memahami makna suatu gejala, misalnya fenomenologis, sosiologis, dan metodologis. Berdasarkan hasil penelitian bahwa strategi peningkatan packaging dan labelling produk sangat berpengaruh positif untuk meningkatkan daya saing pasar. Adapun strategi peningkatan packaging dan label yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan adanya beberapa peningkatan terutama dalam kualitas kemasan dan penyajian informasi yang sesuai dengan pedoman label olahan pangan. Dengan meningkatkan daya tarik produk melalui packaging yang menarik dan labelling yang informatif juga berpengaruh terhadap meningkatnya kepercayaan konsumen. Label yang jelas dan informatif seperti informasi mengenai komposisi, tanggal kedaluwarsa, cara penyimpanan dan nilai gizi juga sangat penting karena konsumen biasanya lebih cenderung untuk memilih sebuah produk yang menyajikan informasi yang jelas, dan transparan.
References
Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk UMKM Di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid), 4(1), 69.
https://doi.org/10.31328/Js.V4i1.1732
Anastasya, A. (2023). Data UMKM, Jumlah dan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia—Ukmindonesia.Id.
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian & Republik Indonesia. (2022). Perkembangan UMKM Sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah—Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.
Lekahena, V. N. J. (2019). Karakteristik Kimia Dan Sensori Produk Stik Di Fortifikasi Dengan Tepung Ikan Madidihang. Jurnal Agribisnis Perikanan, 12(2), 284–290.
Mashadi, M., & Munawar, A. (2021). Pendampingan Pengembangan Kemasan Produk Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 2(1), 1–8.
https://doi.org/10.37641/Jadkes.V2i1.1402
Nasution, Z. A., & Limbong, H. P. (2018). Kajian Faktor-Faktor Penguat Usaha Pengembangan UKM Makanan Ringan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 29, 195–201.
Putra, R. P., & Iriananda, S. W. (2020). Inovasi Kemasan dan Pemasaran Digital Produk UMKM Tisya Herbal Di Desa Mulyoarjo. Conference On Innovation And Application Of Science And Technology (CIASTECH), 3(1), 1237–1244.
https://Scholar.Google.Com/Scholar?Cluster=8466024452026244109&Hl=En&Oi=Scholarr
Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Karwanto, Supriyono, Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., Utomo, E. S., Maghfur, I., Sofiyana, M. S., & Sulistiana, D. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. UNISMA PRESS.
Suryati. (2021). Sosialisasi Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Produk Pertanian di Desa Purworejo, Sragen | Transformatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
https://Ejournal.Uinsaid.Ac.Id/Index.Php/Transformatif/Article/View/3909
Widiati, A. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Mas Pack Terminal Kemasan Pontianak.
Wirda, F., Herizon, & Putra, T. (2020). Penguatan Daya Saing UKM Pada Usaha Makanan Khas Daerah Sumatera Barat. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 579–587.
https://doi.org/10.31849/Dinamisia.V4i4.4165
Yuliani, R., & Widyakanti, W. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Kemasan dan Label Pada UMKM. Jurnal Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 2(2), 71–76.