PENGARUH KEMUDAHAN DAN KEMANFAATAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI KOZI COFFEE DI MAKASSAR
Keywords:
Ease of Use, Perceived Usefulness, DecisionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) pengaruh kemudahan terhadap keputusan penggunaan aplikasi KOZI Coffee di Makassar (b) pengaruh kemanfaatan terhadap keputusan penggunaan aplikasi KOZI Coffee di Makassar (c) pengaruh kemudahan dan kemanfaatan secara simultan terhadap keputusan penggunaan aplikasi KOZI Coffee di Makassar.
Sampel penelitian sebanyak 100 responden yang merupakan customer kozi coffee makassar. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan menggunakan kuisioner dalam pengumpulan data.
Hasil penelitian adalah (a) Persepsi Kemudahan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Kozi Coffee Makassar (b) Persepsi Kemanfaatan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Kozi Coffee Makassar (c) Persepsi Kemudahan dan Kemanfaatan berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Kozi Coffee Makassar
References
Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk penulisan skripsi tesis dan desrtasi ilmu manajemen.
Firman, A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1549-1562.
Firman, A. (2018). Faktor-Faktor yang Memotivasi Wanita Berwirausaha Online di Kota Makassar. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 7(3).
Firman, A. (2022). The Effect of Country-of-Origin Brand Image and Brand Product on Attitude in Choosing Smartphone Products. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2), 289-300.
Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS”Edisi Sembilan.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, F. (2013). Pengaruh Return On Asset (ROA), Earning Per Share (EPS), dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap harga saham (studi pada perusahaan properti yang listing di bursa efek Indonesia tahun 2007-2011). Skripsi Sarjana. Malang. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya.
Harlan, D. (2014). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Risiko Persepsian Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking Pada UMKM di Kota Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Hussin, F. Bin, Ali, J., & Noor, M. S. Z. (2014). Kaedah Penyelidikan & Analisis Data SPSS (UUM Press). UUM Press.
Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem informasi keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset.
Latief, F. L., Firman, A., & Dirwan, D. (2023). Keputusan Pengguna Gopay dari Aspek E-Service Quality, Promosi dan Harga. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 391-400.
Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16-30
Latief, F., Dirwan, D., & Idris, M. (2021). DETERMINAN MINAT PENGGUNAAN E-WALLET SHOPEEPAY. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 157-166.
Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif, Bandung. Pariwisata Pedesaan Sebagai Alternatif Pembangunan Berkelanjutan (Laporan Penelitian Hibah Bersaing Perguruan Tinggi) Yogyakarta.
Sakti, B., Aziz, A., & Doewes, A. (2013). Uji Kelayakan Implementasi SSH sebagai Pengaman FTP Server dengan Penetration Testing. ITSMART: Jurnal Teknologi Dan Informasi, 2(1), 44–51.
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di ITC Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42–51.
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sujarweni, V. W. (2015). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka baru press.
Yakin, D. A. (2021). PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN FROZEN FOOD SECARA ONLINE. Program Studi Manejemen S1, Universitas Widyatama.
Yogananda, A. S., & Dirgantara, I. M. B. (2017). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan dan persepsi risiko terhadap minat untuk menggunakan instrumen uang elektronik. Diponegoro Journal of Management, 6(4), 116–122.
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS quarterly, 319-340.
Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User acceptance of information technology: Toward a unified view. MIS quarterly, 425-478.
Liao, C., Palvia, P., & Chen, J. L. (2009). Information technology adoption behavior life cycle: Toward a technology continuance theory (TCT). International journal of information management, 29(4), 309-320.
Park, S. Y. (2009). An analysis of the technology acceptance model in understanding university students' behavioral intention to use e-learning. Educational Technology & Society, 12(3), 150-162.
Wang, Y. S., Wu, M. C., & Wang, H. Y. (2009). Investigating the determinants and age and gender differences in the acceptance of mobile learning. British Journal of Educational Technology, 40(1), 92-118.
Lin, H. F. (2011). An empirical investigation of mobile banking adoption: The effect of innovation attributes and knowledge-based trust. International Journal of Information Management, 31(3), 252-260.