ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TIKET PESAWAT PADA PT. CAHAYA MAFADA WISATA DI MASA ENDEMI
Keywords:
Strategy, marketing mix and airline ticketsAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui (a) apakah dengan diterapkannya strategi bauran pemasaran bisa meningkatkan omset penjualan, (b) apakah analisis strategi pemasaran produk mempengaruhi peningkatan penjualan tiket pada PT. Cahaya Mafada Wisata pada masa endemi.
Metode sampling menggunakan pendekatan Purposive Sampling jenis Homogeneous Sampling dengan sampel karyawan perusahaan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan pengumpulan dokumen dianalisis dengan tiga tahap (1) pengumpulan data, (2) analisis, (3) pengambilan keputusan.
Hasil penelitian menemukan (a) PT. Cahaya Mafada Wisata menggunakan insentif, tiket umrah gratis, dan kemudahan melakukan re-schedule jadwal keberangkatan sebagai promosi (b) Saluran pemasaran produk dilakukan ke konsumen/ agen-agen perjalanan baik secara langsung maupun melalui media sosial (c) penentuan harga tiket dilakukan melalui sistem dan kalkulasi selisih yang tepat dengan mempertimbangkan aspek inflasi dan harga BBM, kebijakan dan regulasi pemerintah (d) analisis strategi pemasaran mempengaruhi peningkatan penjualan tiket berkat konsistensi dukungan dan layanan yang baik sehingga meraih kepercayaan lebih dari 200 agen travel khususnya di wilayah timur sehingga mengalami kenaikan omset tiga kali lipat pada tahun 2022.
References
Dirwan, D. (2014). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN USER DALAM PEMBELIAN RUMAH PADA PERUMAHAN MULTI NIAGA TOWN HOUSE. AkMen JURNAL ILMIAH, 11(2).
Firman, A., Putra, A. H. P. K., Mustapa, Z., Ilyas, G. B., & Karim, K. (2020). Re-conceptualization of business model for marketing nowadays: Theory and implications. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(7), 279-291.
Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. W. (2012). Educational research: Competencies for analysis and applications (10th ed). Pearson.
Lupiyoadi, R. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi; Edisi 3.
Latief, F. L., Firman, A., & Dirwan, D. (2023). Keputusan Pengguna Gopay dari Aspek E-Service Quality, Promosi dan Harga. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 391-400.
NUGROHO, I. A. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN JASA TRANSPORTASI SUMBER REJEKI TOUR & TRAVEL TRENGGALEK DALAM MENCIPTAKAN LOYALITAS KONSUMEN.
Sedyastuti, K. (2018). Analisis pemberdayaan UMKM dan peningkatan daya saing dalam kancah pasar global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), Article 1.