PENGARUH VARIASI MENU, KUALITAS PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DONAT KAMPAR
Keywords:
Menu Variation, Product Quality, Location, and Purchase DecisionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Variasi menu, terhadap keputusan pembelian Donat Kampar (2) Pengaruh Kualitas produk terhadap keputusan pembelian Donat Kampar (3) Pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian Donat Kampar (4) Variabel yang paling dominan yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian Donat Kampar.
Sampel penelitian ini sebanyak 94 responden yang merupakan konsumen Donat Kampar Galesong, penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Variasi menu tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Donat Kampar (2) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Donat Kampar (3) Lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Donat Kampar (4) Variabel Kualitas produk yang paling berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian Donat Kampar.
References
Ali, M. T. R. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas produk, Lokasi, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Rumah. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(9).
Ali, M., Waluyo, H., & Listyorini, S. (2013). Pengaruh Keragaman Menu, Kualitas produk, Citra Merek, Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 2(2).
Angriani, A. (2018). Pengaruh Varian Menu dan Kualitas pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Catering Ukhuwah di Makassar. MUHAMMADIYAH MAKASSAR MAKASSAR.
Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96. https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13769
Chelviani, K. M., Meitriana, M. A., & Haris, I. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Toko Modern di Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i2.20051
Deviyanti, D., Latief, F., & Zaeni, N. (2023). PENGARUH LABEL HALAL, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BRAND KOSMETIK WARDAH DI CITRA KOSMETIK SUNGGUMINASA. Jurnal Malomo : Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 103-113.
Fabiana Meijon Fadul. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D.
Faisal Hardiansyah, M. N. dan I. R. (2019). Faisal Hardiansyah 1 Mahmud Nuhung 2 Ismail Rasulong 3. 90–107.
Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA, 4(1), 176–188.
Ferdinand, A. T. (2014). Structural Equation Modelling dalam penelitian manajemen (Ke-3).
Firman, A., Putra, A. H. P. K., Mustapa, Z., Ilyas, G. B., & Karim, K. (2020). Re-conceptualization of business model for marketing nowadays: Theory and implications. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(7), 279-291.
Ghanimata, F., & Kamal, M. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Diponegoro Journal of Management, 1(2).
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Multivariate dengan Program IMB SPSS 19 (Ed. 07).
Gustiani, Heny; Septayuda, I. (2019). Kualitas Pelayanan dan Lokasi Pemasangan Iklan Media Outdoor dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Seminar Hasil Penelitian FEB, 201–207.
Hayati, Y. H., & Sekartaji, G. (2015). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RESTORAN BEBEK DAN AYAM GORENG PAK NDUT SOLO. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 1(1). https://doi.org/10.34203/jimfe.v1i1.455
Kotler dan Amstrong (2008:6). (2008). Jurnal manajemen & bisnis indonesia. Manajemen Bisnis, 8(1).
Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. In: Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium, Jilid 1, 1(2).
Kotler, P. (2012). Kotler P. Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson Educ Int. 2012. Pearson Education International.
Kotler, Philip & Amstrong, G. (2010). Principles of marketing. In Pearson Education.
Latief, F. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Catering Rumahan di Makassar Melalui Promosi di Instagram, Harga dan Ragam Menu. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1095-1105.
Latief, F., Semmaila, B., & Arfah, A. (2022). The Influence of Brand Image and Product Quality on Musical Instrument Purchase Decisions. Point of View Research Management, 3(2), 121-133.
Ongoh, D. G., Mandey, S., & Jorie, R. J. (2015). Analisis Strategi Promosi Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki Ertiga Pada Pt. Sinar Galesong Pratama Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3).
Prof. Dr. H. Buchari Alma. (2011). Buchari Alma. In Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.
Pungus, S. R., & Team, W. S. (n.d.). ANALISIS dan APLIKASI PERSEPSI MENU MAKANAN, HARGA, LAYANAN dan LINGKUNGAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI KAFETARIA UNIVERSITAS KLABAT. Julyxxxx, x, No.x, 1–5.
Rahim, E., & Mohamad, R. (2021). Strategi Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Dalam Perspektif Syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26. https://doi.org/10.54045/mutawazin.v2i1.234
Pristiawan, H. E., Mariah, M., & Bahasoan, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bakso Granat Malang Indah. Nobel Management Review, 3(1), 52–63. https://doi.org/10.37476/nmar.v3i1.2865
Saragih, MM., B. (2018). Pengaruh Kualitas produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(3), 26–33. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.220
Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado (The Influence Of Location, Promotion And Price Perception To Consumer Purchase On Kawanua Emerald City Manado Housing). Jurnal EMBA, 7(1), 881–890.