ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN KAMAR PADA TERASKITA HOTEL MAKASSAR MANAGED BY DAFAM

Authors

  • Nur Fadilah Rais ITB NOBEL
  • Mariah Mariah ITB NOBEL
  • Nurlaela Nurlaela ITB NOBEL

Keywords:

Marketing Strategy, Room Occupancy Rate

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi pemasaran yang digunakan pada Teraskita Hotel Makassar Managed By Dafam dalam meningkatkan tingkat hunian kamar.
Pendekatan penelitian ini menggunakan strategi bauran pemasaran (product, price, place, promotion), serta menggunakan deskriptif kualitatif juga menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat), IFAS, EFAS dan Diagram Cartesius SWOT.
Hasil penelitian ini menunjukkan nilai skor IFAS 2.56 menunjukkan posisi internal yang kuat, nilai skor EFAS 2,95 menunjukan bahwa perusahaan merespon peluang yangada dengan cara yang luar biasa dan menghindari ancaman-ancaman di pasar industrinya. Pada diagram Cartesius menunjukkan posisi perusahaan dalam keadaan agresif yaitu sangat menguntungkan bagi perusahaan yang berada pada kuadran 1. Untuk matriks SWOT Teraskita Hotel Makassar berada pada kotak SO, dimana perusahaan mampu memanfaatkan peluang yang ada dengan kekuatan yang dimiliki perusahaan.

References

Agus, Sulastiyono. 2006. Manajemen Penyelenggaran Hotel. Bandung: Alfabeta. Assauri, Sofjan. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Perss.

Bagyono. 2012. Teori dan Praktek Hotel Front Office. Bandung: Alfabeta. Damardjati. 2006.
Istilah-Istilah Dunia Pariwista. Jakarta: Pradnya Paramita.

David, Fred R. 2009. Manajamen Strategis:Konsep Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Dewi, Dwi Fitriana. 2014. “Analisis Strategi Pemasaran Perhotelan Di Makassar (Studi Kasus Di Grand Clarion Hotel & Convention).” Universitas Hasanuddin, Makassar.

Fadmawati, Kadek Dewi. 2011. “Reformulasi Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Occupancy Room Rate Di Hotel Four Seasons Resort Jimbaran Bali.” Universitas Udayana, Denpasar.

Fahmi, Irham. 2013. Manajemen Strategis:Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta. Ferrell, O. C., dan Michael D. Hartline. 2011. Marketing Strategy. 5th ed.

Australia ; Mason, Ohio: South-Western Cengage Learning.

Gunawan. 2015. “Analisis Strategi Pemasaran Hotel Istana Masa Makassar.” Universitas Muhammadiyh, Makassar.

Gunawan, Andri. 2021. “Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Occupancy Pada Hotel Aerotel Smile Makassar.” Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nobel Indoneisa, Makassar.

Hamdani, Badarudin, dan Mariah. 2020. “Analisis Strategi Pemasaran Usaha Kafe Infinity Di Kabupaaten Pinrang.”

Kotler, Philip, dan Kevin Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Mira. 2022. “43 Motto Skripsi Menginspirasi & Memotivasi, Bikin Cepet Lulus.” Diambil (https://www.dailysia.com/motto-skripsi-menginspirasi- memotivasi/).

Rangkuti, Freddy. 2008. Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis : Reoritasi Konsep Perencanaan Strategis Untuk Menghadapi Abad 21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis Swot:Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot dan Ocai. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Soenarno, Adi. 2006. Front Office Management. Yogyakarta: Andi. Subroto, Budiarto. 2011.
Pemasaran Industri. Yogyakarta: Andi.

Suryana. 2006. “Pengertian, Jenis dan Langkah Strategi Pemasaran.” Diambil (https://www.kajianpustaka.com/2019/05/pengertian-jenis-dan-langkah- strategi- pemasaran.html).
Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi. Vicky, Hanggara. 2009. Widanaputra. 2009. Akuntansi Perhotelan:Pendekatan Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha
Ilmu.

Yoeti, Oka A. 2003. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.
Undang- Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan https://www.industry.co.id/read/74866/teraskita-hotel-makassar-buktikan-industri- perhotelan-
tetap-eksis-di-masa-pandemi, diakses tanggal 28november 2022

https://www.dafamhotels.com/hotel-directory/teraskita-hotel-makassar, diakses tanggal 28 november 2022

https://makassar.tribunnews.com/2020/09/25/teraskita-hotel-resmi-beroperasi-di- makassar, diakses tanggal 28 november 2022

https://sulsel.bps.go.id/pressrelease/2022/09/01/677/pada-bulan-juli-2022-ada 706- kunjungan- wisman-ke-sulawesi-selatan.html, diaksestanggal18 november 2022

https://vickyhanggara.blogspot.com/2009/05/pengertian-tingkat-hunian-kamar- hotel.html, diakses tanggal 10 desmber 2022

https://www.kajianpustaka.com/2020/09/analisis-SWOT.html https://eprints.umm.ac.id/36519/4/jiptummpp-gdl-annisarosy-49312-4- babiii.pdf

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Rais, N. F., Mariah, M., & Nurlaela, N. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT HUNIAN KAMAR PADA TERASKITA HOTEL MAKASSAR MANAGED BY DAFAM. Jurnal Manuver : Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 108–117. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/manuver/article/view/3704