PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. BANK MANDIRI, TBK CABANG TODDOPULI

Authors

  • Muh Fikri Nur Solihin Institute Teknologi Dan Bisnis Nobel Indonesia Makassar
  • Mariah Mariah Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Yuswari Nur Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Mandiri Tbk, Cabang Toddopuli. Sampel penelitian sebanyak 99 responden yang merupakan nasabah PT. Bank Mandiri, Tbk Cabang Toddopuli.

  Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepuasan layanan yang terdiri dari bukti fisik, daya tanggap, kehandalan, jaminan dan empati berpengaruh signifikan secara bersama-sama/simultan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan nasabah dalam memilih jasa perbankan di PT. Bank Mandiri, Tbk cabang Toddopuli.

References

Ardhiyanti, E. (2016). Analisis Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Minat Menabung Mahasiswa FEBI IAIN Salatiga Pada Bank Syariah (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).

Darmawan, Z. C., & Ridlwan, A. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Al-Tijary, 107-115.
Dimyati dan Mudjiyono. 2013. Pembelajaran Teori Antrian. Bandung: Rineka Cipta.
Ervin Yulianto, Isharijadi Isharijadi, Juli Murwani. 2017. “Pengaruh Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Transaksi Cross Selling Nasabah PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi: Universitas PGRI Madiun. Vol. 5, No. 1, , e-ISSN: 2337-9723.
Ghozaili, Imaim. 2018. AIplikaisi AInailisis Multivairiaite dengain Prograim IBM SPSS 25. Semairaing: Baidain Penerbit Universitais Diponegoro.
Gross, Donald. 2008. Fundamentals Of Queueing Theory. New York: John Willey and Sons.
Husein, U. 2005. Manajemen riset Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka.
Iqbal, Mohammad. 2011. Analisis Kinerja Sistem Pendekatan Teori dan Praktek. Depok: Penerbit Gunadarma.
Jogiyanto, Hartono. 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Edisi III. Yogyakarta: ANDI.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Edisi Keempat, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2008), h. 301
Kasmir. 2011. Manajemen Perbankan. Jakarta: Grafindo Persada.

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Khaliq, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Mandiri di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Relevance: Journal of Management and Business, 2(1).
Kotler, Philip. Armstrong, Garry. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kusnaeni. 2009. Model Antrian Dengan Pola Kedatangan Berkelompok. Bandung: FPMIPA UPI.
M Nur Riyanto Al Arif. 2012. Dasar – dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
Melayu Hasibuan, H. 2009. Dasar – dasar Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.
Moenir, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, (Jakarta, Bumi Aksara, 2003), h. 88
Nasution, N. 2005. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Bogor: Ghalia Indonesia.
Philip Kotler & Kevin Lane keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Sentot Imam Wahjono. 2013. Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sujianto, A. E. 2014. Membangun Loyalitas Nasabah. Tulunagung: IAIAN Press.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Solihin, M. F. N., Mariah, M., & Nur, Y. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. BANK MANDIRI, TBK CABANG TODDOPULI. Jurnal Manuver : Akuntansi Dan Manajemen, 1(2), 227–237. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/manuver/article/view/3950