PENGARUH PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI PELANGGAN DI CV DOORINDO PRIMA MAKASSAR

Authors

  • Wulan Setianingsih Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Ridwan Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Shandra Bahasoan Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Pelayanan, Kualitas Produk, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh pelayanan dan kualitas produk secaraparsial terhadap minat beli pelanggan CV DoorindoPrima Makassar (2) Pengaruh pelayanan dan kualitas produk secara simultan terhadap minat belipelanggan CV Doorindo Prima Makassar (3) Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadapminat beli pelanggan CV Doorindo Prima Makassar.

Sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang yang merupakan pelanggan CV Doorindo Prima Makassar. Penelitian ini menggunakan analisisregresi linear berganda dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelayanan secara parsial tidak berpengaruhsignifikan terhadap minat beli tetapi mempunyaipengaruh positif terhadap minat beli pelanggan dan kualitas produk secara parsial berpengaruhsignifikan terhadap minat beli pelanggan di CV Doorindo Prima Makassar (2) Pelayanan dan kualitas produk secara simultan berpengaruhsignifikan terhadap minat beli pelanggan di CV Doorindo Prima Makassar (3) Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat beli di CV Doorindo Prima Makassar yaitu kualitas produk.

References

Andita, A. C. (2017). Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsume (Studi Kasus Pada Mahasiswa Konsumen Isoplus Di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta). Manajemen, 1–102.

Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, 3(2), 108. https://doi.org/10.32493/drb.v3i2.6299

Armaniah, H., Marthanti, A. S., & Yusuf, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang.

Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Science, P., Sk, S. K., Hinnebusch, R., Hinnebusch A, R., Rabinovich, I., Olmert, Y., Uld, D. Q. G. L. Q., Ri, W. K. H. U., Lq, V., Frxqwu, W. K. H.,

Beladin, M. I., & Dwiyanto, B. M. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Sepeda Motor Merek Yamaha Dari Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang). Diponegoro Journal Management, 2, 1– 10.

Chrissanda, C. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Citra Toko Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Widya Ganecwara, 10(4). https://doi.org/10.36728/jwg.v10i4.1217

Dhaefina, Z., Sanjaya, V. F., & Sedap, M. (2021). Jurnal manajemen. 7, 43–48.

Fatkhurrohman, A., & Subawa. (2016). Penerapan kaizen dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas produk pada bagian banbury PT.Bridgestone Tire Indonesia. Jurnal Administrasi Kantor, 4(1), 14–31.

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset …, 4(3), 415–424. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605

Hendrianto, H., Natalisa, D., & Eka, D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Mobile Broadband Di Kota Palembang. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 16(1), 43–63. https://doi.org/10.32524/jkb.v16i1.573

Kanedi, I., Utami, F. H., & Zulita, L. N. (2017). Sistem Pelayanan Untuk

Peningkatan Kepuasan Pengunjung Pada Perpustakaan Arsip Dan Dokumentasi Kota Bengkulu. Pseudocode, 4(1), 37–46. https://doi.org/10.33369/pseudocode.4.1.37-46

Mariah, M., & Nur, Y. (2022). The Effect of Lifestyle, Brand Image, and Product Quality on iphone Purchase Decisions. Jurnal Economic Resource, 5(2), 443–455.

Mulyani, D. & S. (2007). Metadata, citation and similar papers at core.ac.u 1.

Pembagian Harta Waris Dalam Adat Tionghoa Di Kecamatan Ilir Timur I Kota Palembang, 1(14 June 2007), 1–13.

Nurcahyo, B., & Riskayanto, R. (2018). Analisis Dampak Penciptaan Brand Image Dan Aktifitas Word of Mouth (Wom) Pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1), 14. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i1.12026

Oktaviani.J. (2010). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Majestyk Bakery & Cake Cabang H.M. Yamin Medan. Jurnal Keuangan & Bisnis, 1(1), 71–87.

Prayitno, Y., Sutanto, M., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Bakmi Raja Nikmat Cabang Royal Plaza Surabaya. AGORA Vol.6, No.2, 6(2), 2–7.

Priangani, A. (2013). Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks. Jurnal Kebangsaan, 2(4), 1–9.

Putra, F. W., & Sulistyawati, E. (2017). Peran kepuasan pelanggan memediasi pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan (studi kasus pada rumah makan bakmi tungku di kabupaten badung). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 525. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p20

Rahayu Tri Astuti, S. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat

Razak, I. (2016). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Pelanggan Indihome Di Propinsi Dki Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(2). https://doi.org/10.35137/jmbk.v4i2.39

Salangka, D. B. M., Massie, J. D. D., & Tampenawas, J. L. A. (2017). Pengaruh Kelompok Acuan Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Smartphone.

Emba, 5(3), 3714–3723.

Sutrisno, N., & Haryani, A. D. (2017). Influence of Brand and Product Quality on Customer’S Buying Decision in South Cikarang Bekasi Regency. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 85. https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.169

Tawakal, I., & Untarini, N. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Pelanggan Tri Di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 4, 103–108.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Wulan Setianingsih, Ridwan, & Shandra Bahasoan. (2023). PENGARUH PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI PELANGGAN DI CV DOORINDO PRIMA MAKASSAR. Jurnal Manuver : Akuntansi Dan Manajemen, 1(3), 238–250. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/manuver/article/view/4049