PENGARUH PENGGUNAAN FITUR SHOPEE PAYLATER DAN FITUR COD SEBAGAI PEMBAYARAN DIGITAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN MAHASISWA DI MAKASSAR

Authors

  • Athira Rauf ITB Nobel
  • Mariah Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia
  • Shandra Bahasoan Prodi Manajemen, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia

Keywords:

Shopee Paylater, Cash On Delivery (COD), Perilaku Konsumen Mahasiswa

Abstract

Pengaruh Penggunaan Fitur Shopee Paylater dan Fitur Cod Sebagai Pembayaran Digital terhadap Perilaku Konsumen Mahasiswa di  Makassar, dibimbing oleh Mariah dan Shandra Bahasoan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Seberapa besar Fitur Shopee PayLater berpengaruh secara parsial terhadap perilaku konsumen mahasiswa di Makassar (2) Seberapa besar Fitur COD berpengaruh secara parsial terhadap perilaku konsumen mahasiswa di Makassar (3) Seberapa besar pengaruh Fitur Shopee PayLater dan COD berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumen mahasiswa di Makassar.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden yang merupakan mahasiswa pengguna Shopee yang ada di Makassar.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Fitur Shopee Paylater secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumen mahasiswa di Makassar (2) Fitur COD secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen mahasiswa di Makassar (3) Secara simultan Shopee Paylater dan COD memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen mahasiswa di Makassar.

References

Abdullah., Abdul Rahman Abdi, and Mashur Razak, 2021, Pasar Modal Syariah, cetakan pertama, Nobel Press, Makassar

Anggini Asmara Dewati1, M. (2021). DETERMINAN MINAT MAHASISWA BERINVESTASI. 4(1), 45–60. https://doi.org/10.29303/akurasi.v4i1.71

et. al, A. (2021). Pasar Modal Syariah di Indonesia: Tinjaun Teori dan Aspek Hukum. http://repo.handayani.ac.id/52/

Agusta, L., Sutanto, M., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2013). Karyawan Cv Haragon Surabaya. Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Cv Haragon Surabaya, 1(3), 9.

Al Umar, A. U. A., & Zuhri, S. (2019). Pengaruh Manfaat , Pengetahuan Dan Edukasi Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah ( Study Kasus Pada Mahasiswa IAIN Salatiga ). Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis ISlam, 4(1), 129–138.

Fahmi, Irham, 2014, Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal, Edisi Pertama, Mitra Wacana Media, Jakarta.

Ghozali, I., 2016, Aplikasi Analsis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23, Cetakan Ketujuh, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Linda Puspita Yani, K., Sara, I. M., & Erna Trisna Dewi, A. A. . (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Kasus Pada Investor Pemula Yang Terdaftar di Galeri Investasi Universitas Warmadewa ). Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa, 1(2), 37–45. https://doi.org/10.22225/jraw.1.2.1838.37-45

Maulana, A. M., & Kaukab, M. E. (2020). Apa Yang Mempengaruhi Mahasiswa Berminat Investasi Saham? Neraca, 16(1), 1–13. https://jurnal.umpp.ac.id/index.php/neraca/article/view/486

Merawati, L. K., & Putra, I. P. M. J. S. (2015). Kemampuan Pelatihan Pasar Modal Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Investasi Dan Penghasilan Pada Minat Berinvestasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 10(2), 105–118.

Marsis, Setiawan, Adi, 2013, Rahasia Terbesar Investasi, Cetakan Pertama, Second Hope, Yogyakarta.

P, A. A. (2019). Pengembangan minat belajar dalam pembelajaran. III(36), 205–215.

Masyarakat, M., Sukuk, B., & Yuliati, L. (2011). Faktor-faktor sukuk. 19, 103–126.

Sahputra, H., Junaidi, A., & Putra, M. A. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Di Universitas Swasta Di Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi Islam (JAM-EKIS), 3(2), 131–152. https://doi.org/10.36085/jam-ekis.v3i2.973

Samudra, T., Maslichah, & Sudaryanti, D. (2019). E-JRA Vol. 08 No. 01 Februari 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. E-Jra, 08(03), 12–28.

Siti, B., Hidayati, A., Bintang, S., & Putra, M. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI , MANFAAT INVESTASI , MOTIVASI INVESTASI , MODAL MINIMAL INVESTASI DAN RETURN INVESTASI TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL ( Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram ) Latar Belakang Pasar mo. 9(1).

Sekaran, Uma, 2006, Research Methods for Business, Edisi Empat, Salemba Empat, Jakarta.

Wardah, S., & Amrul, R. (2020). Pengaruh Modal Minimal, Pengetahuan Investasi, dan Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa di Pasar Modal. Jbma, VII(1), 55–68.

Wibowo, A., & Purwohandoko. (2018). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kebijakan Modal Minimal Investasi, Dan Pelatihan Pasar Modal Terhadap Minat Investasi (Studi Kasus Mahasiswa Fe Unesa Yang Terdaftar Di Galeri Investasi Fe Unesa). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(1), 192–201.

Zulpiana, S. (2019). Pengaruh Motivasi, Pelatihan Dan Return Saham Terhadap Minat Mahasiswa Stie Nobel Indonesia Makassar Berinvestasi Di Pasar …. http://repository.stienobel-indonesia.ac.id/handle/123456789/299

https://www.ksei.co.id/, diakses tanggal 1 november 2022

(https://idx.co.id/), diakses tanggal 1 november 2022

(https://id.wikipedia.org/wiki/Pengetahuan), diakses tanggal 7 november 2022

(https://www.idxchannel.com/economics/sudah-pada-tahu-return-saham-simak-yuk-penjelasannya), diakses tanggal 7 November

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Rauf, A., Mariah, & Bahasoan, S. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN FITUR SHOPEE PAYLATER DAN FITUR COD SEBAGAI PEMBAYARAN DIGITAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN MAHASISWA DI MAKASSAR. Jurnal Manuver : Akuntansi Dan Manajemen, 1(3), 263–275. Retrieved from https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/manuver/article/view/4207