PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) kualitas pelayanan berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Malatunrung Rezkindo. (b) nilai pelanggan berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Malatunrung Rezkindo. (c) variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Malatunrung Rezkindo.
Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan metode analisis regresi linear berganda, sehingga data penelitian diperoleh dari kuesioner yang dibagikan secara online kepada pelanggan PT. Malatunrung Rezkindo dengan sampel sebanyak 43 responden. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (a) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Malatunrung Rezkindo (b) nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Malatunrung Rezkindo (c) Variabel nilai pelanggan lebih dominan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Malatunrung Rezkindo.
References
Agistia, I, M, M., & Nurcaya, I, N. (2019). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN I Made Meta Agistia 1 I Nyoman Nurcaya. E-Jurnal Manajemen Unud, 8(1), 7219–7252.
Amelia, A., Ronald, R., Rikki, A., & Simarmata, J. (2021). Paradigma Nilai Pelanggan: Produk vs Jasa. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=kYQzEAAAQBAJ
Chaniago, A. (2017). Pengaruh Mutu Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Lentera Bisnis, 1(2), 1–15.
Dr. Astrid Puspaningrum, S. E. M. M. (2021). KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN: Kajian Perilaku Pelanggan Hypermart. Media Nusa Creative (MNC Publishing). https://books.google.co.id/books?id=5wdMEAAAQBAJ
Dr. H. Nashar, S. E. M. M. M. S. (2020). KUALITAS PELAYANAN AKAN MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT. Duta Media Publishing.
Firmansyah, D. F. A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=txyPDwAAQBAJ
Kukuh Familiar, I. M. (2015). Management Analysis Journal Pelanggan, Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan. Management Analysis Journal, 4(4), 348–354.
Nurcahyo, B., & Riskayanto, R. (2018). Analisis Dampak Penciptaan Brand Image Dan Aktifitas Word of Mouth (Wom) Pada Penguatan Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1), 14. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i1.12026
Octavia, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Index Lampung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 35–39. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.35-39
Podungge, H. (2019). KUALITAS PELAYANAN e-KTP DI KANTOR KECAMATAN SIPATANA KOTA GORONTALO. Gorontalo Journal of Public Administration Studies, 1–10.
Restuadhi, Y., Farida, N., & Budiatmo, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Siliwangi Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(2), 40–51.
Sari, D. C., & Marlien, R. A. (2019). Pengaruh kualitas layanan, kepercayaan, dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada nasabah tabungan Bank BNI Syariah Cabang Semarang). Proceeding SENDI_U, 497–501.
Tinggi, S., & Ekonomi, I. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS Effect Of Quality Of Service To Customer Loyalty PT . Primagum Sejati In Makassar Piter Tiong. 1(2), 176–204.