Pelatihan UKM Dalam Upaya Mengembangkan Ide-Ide Kreatif Dan Inovatif

https://doi.org/10.37476/ncsj.v1i1.2160

Authors

  • Fitriani Latief STIE Nobel Indonesia Makassar
  • Muhammad Hidayat STIE Nobel Indonesia Makassar
  • Dirwan Dirwan STIE Nobel Indonesia Makassar

Keywords:

Ide-ide kreatif dan motivatif, Craetive idea, Innovative

Abstract

Merebaknya COVID-19 berimbas pada perekonomian masyarakat tidak terkecuali pada Desa Garanta di Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba. Terlebih kegiatan perekonomian masyarakat Desa ini masih memiliki banyak kendala  diantaranya adalah mental wirausaha yang masih lemah, ketidakjelasan usaha, dan kebiasaan masyarakat yang cenderung mengabaikan kualitas termasuk cara-cara pemasaran produk yang masih tradisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada Masyarakat agar dapat mengembangkan ide-ide Kreatif dan inovatif serta menumbuhkan minat dan motivasi wirausaha yang akan menjadi modal dalam mempertahankan  serta mengembangkan usaha khususnya pada masa new normal saat ini.  Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan ini adalah dengan melakukan seminar, diskusi dan pelatihan atau workshop.  Dari kegiatan penelitian ini masyarakat sudah mendapatkan pemahaman tentang bagaimana meningkatkan kualitas produksi dengan memperhatikan daya kreasi dan inovasi terutama dalam pengembangan variasi produk serta packaging produk sehingga produk yang dihasilkan tampil lebih baik sehingga  siap dan layak untuk dipasarkan

 

The outbreak of COVID-19 has an impact on the community's economy, including Garanta Village in Ujungloe District, Bulukumba Regency. Moreover, the economic activities of the people of this village still have many obstacles, including a weak entrepreneurial mentality, business ambiguity, and people's habits that tend to ignore quality, including traditional product marketing methods. The purpose of this study is to provide assistance to the community so that they can develop creative and innovative ideas and foster entrepreneurial interest and motivation which will become capital in maintaining and developing businesses, especially during the current new normal. The method used in carrying out this activity is to conduct seminars, discussions and training or workshops. From this research activity, the community has gained an understanding of how to improve the quality of production by paying attention to the power of creativity and innovation, especially in the development of product variations and product packaging so that the resulting product looks better so that it is ready and worthy to be marketed

References

Christiana, Y., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2014). Pengaruh Kompetensi Wirausaha, Pembinaan Usaha dan Inovasi Produk Terhadap Perkembangan Usaha (Studi Pada Usaha Kecil dan Menengah Batik di Sentra Pesindon Kota Pekalongan). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(4), 384–393.

Darwanto, D., Tri, U., & Danuar, D. (2013). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Economics, 2(4), 19599.

Hendrawan, A., Kuswantoro, F., & Sucahyawati, H. (2019). Dimensi Kreativitas dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 2(1).

Hidayat, M., & Citra, C. (2020). PENGARUH KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI PASAR DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP KINERJA BISNIS WARUNG KOPI DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Mirai Management, 5(1), 244–256.

Mutmainah, I. (2021). Strategi Pemasaran UMKM KUB Berkah di Desa Karang Asem pada Era New Normal. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(1), 97–105.

Rahmawati, D. (2013). Motivasi Entrepreneurship Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan. Perspektif Ilmu Pendidikan, 27(1), 1–7.

Rofaida, R., Aryanti, A. N., & Perdana, Y. (2019). Strategi Inovasi pada Industri Kreatif Digital: Upaya Memperoleh Keunggulan Bersaing pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(3), 402–414.

Wibowo, D. H., & Arifin, Z. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66.

Hidayat, M., Latief, F., Nianti, D. A., Bahasoan, S., & Widiawati, A. (2020). Factors influencing resilience of micro small and medium entrepreneur (MSME) during COVID 19 outbreak in South Sulawesi Province Indonesia.

Hidayat, M., & Echdar, S. (2018). The Influence Of Farmer Entrepreneurship Organizational Competence On Cacao Productivity.

Published

2021-10-05

How to Cite

Latief, F., Hidayat, M., & Dirwan, D. (2021). Pelatihan UKM Dalam Upaya Mengembangkan Ide-Ide Kreatif Dan Inovatif. Nobel Community Services Journal, 1(1), 7–11. https://doi.org/10.37476/ncsj.v1i1.2160