PEMANFAATAN DAN PELATIHAN PENGOLAHAN KERIPIK KELAPA DALAM UPAYA PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG KREATIF DAN INOVATIF DALAM BERWIRAUSAHA PADA MASYARAKAT KELURAHAN LANNA KECAMATAN PARANGLOE KABUPATEN GOWA SULAWESI SELATAN

Authors

  • Ismail H.A Universitas Muslim Indonesia
  • Imran Tajuddin UMI Makasar
  • Hastuti Mulang UMI Makasar

DOI:

https://doi.org/10.37476/ncsj.v3i2.4297

Keywords:

Pelatihan, Pengolahan, Kelapa, Keripik Kelapa

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Lanna Kecamatan Parangloe dilatarbelakangi oleh   mata pencaharian masyarakat di sektor pertanian dan perkebunan dengan hasil perkebunan berupa Kelapa dan Jagung, namun pendapatan masyarakat masih rendah dikarenakan kurangnya inovasi dalam pengolahan hasil perkebunan. Kelapa dijual secara mentah kepada pengepul tanpa diolah terlebih dahulu sehingga harga jualnya rendah. Oleh karena itu diperlukan sebuah pelatihan  kepada  masyarakat di Kelurahan Lanna untuk mengolah hasil perkebunan. Untuk itu pada kegiatan pengabdian masyarakat ini diberikan sosialisasi dan pelatihan untuk mengolah kelapa menjadi keripik kelapa kepada masyarakat Kelurahan Lanna. Terdapat beberapa program yang akan dilaksanakan terkait masalah yang telah dipaparkan yaitu memberikan sosialisasi pemanfaatan buah kelapa menjadi keripik kelapa, memberikan pelatihan pengolahan kelapa menjadi produk yang inovatif khususnya dalam usaha ekonomi kreatif dan inovatif yatitu keripik kelapa. Respon tokoh masyarakat dan warga terhadap realisasi pelatihan ini sangat positif.

References

Dewi, Eka Kusuma. "Pengembangan Inovasi Olahan Produk Kelapa (Cocos nucifera L) dalam Bentuk Keripik Kelapa di Kelurahan Togafo, Kota Ternate Utara." International Journal of Community Engagement, 2021: 46-48.

Fitriaty, F., Lubis, T. A., Adriani, Z., Elliyana, D., & Widiastuti, F. (2021). Pendampingan dan Pelatihan Strategi Pengelolaan Bisnis di Kawasan Wisata Muaro Jambi Di Desa Muara Jambi Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 205-209.

Hary Kurniawan, Sukmawaty, Ansar, Kurniawan Yuniarto, Rahmat Sabani dan Murad. "Introduksi Teknologi Pengolahan Kelapa Menjadi Coconut Chips di UKM Maju Bersama Desa Kekait, Gunung Sari, Lombok Barat." Jurnal Abdi Mas TPB, 2021: 9-12.

Kumala, D., Novianti, Y., & Safitri, N. (2021). Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran bagi Pengurus Koperasi Usaha Kecil dan Menengah di Kelurahan Tugu Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 6-9.

Muharni, Elfita, Heni Yohandani, Fitrya, Maryadi. "Inovasi Keripik Berbahan Baku Kelapa Sebagai Peluang Usaha di Desa Tebing Gerinting Indralaya." Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2020: 234-237.

Novfitri Landong Namora Sihombing, S.Sos., M.Si. "Model Pendampingan UKM di Kota Tangerang Selatan." SEMBADHA 2018, 2018: 87.

Reyna Virginia Nona, Aji Sudrajad. "Pendampingan Usaha Kreatif Keripik Kelapa Pada Masyarakat Desa Watusipi Kecamatan Ende Utara Kabupaten Ende." Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1), 2021: 23-26.

Rizky, R. N., & Mavianti, M. (2019). Keripik Kelapa : Peluang Usaha Baru di Dusun 3 Tanjung Anom, Deli Serdang, Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), l311-

Setiawat, I., & Penta, W. Seminar Nasional dan Call for Paper 2017 Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Publikasi Jurnal Ilmiah dalam Menyikapi Permenristekdikti RI No.20 Tahun2017, Semarang.

Wiemar, R., Rianingrum, C. J., & Adisurya, S. I. (2021). Meningkatkan Keterampilan dan Kreatifitas Santri Melalui Pengolahan Limbah Botol Plastik Menjadi Produk Siap Pakai. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 172-179.

Downloads

Published

2023-10-02

How to Cite

H.A, I., Tajuddin, I., & Mulang, H. (2023). PEMANFAATAN DAN PELATIHAN PENGOLAHAN KERIPIK KELAPA DALAM UPAYA PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG KREATIF DAN INOVATIF DALAM BERWIRAUSAHA PADA MASYARAKAT KELURAHAN LANNA KECAMATAN PARANGLOE KABUPATEN GOWA SULAWESI SELATAN. Nobel Community Services Journal, 3(2), 40–47. https://doi.org/10.37476/ncsj.v3i2.4297