PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI MELALUI PELATIHAN ASSERTIVE COMMUNICATION SKILLS PADA GURU DAN STAF SEKOLAH PGKG NOBEL INDONESIA, KABUPATEN GOWA
Keywords:
Keterampilan Komunikasi, Komunikasi Asertif, GuruAbstract
Komunikasi asertif merupakan salah satu bentuk/gaya komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan keinginan, perasaan, pemikiran, juga pendapat secara tepat tanpa menjatuhkan orang lain. Komunikasi asertif perlu dipelajari agar terampil dalam menggunakannya. Permasalahan yang sering terjadi antara guru dan orang tua siswa PGKG Nobel Indonesia Kab. Gowa, adalah misperception akibat media yang digunakan berupa penyampaian melalui aplikasi whatsapp. Sehingga, pengabdian masyarakat ini dilakukan berupa pelatihan peningkatan keterampilan komunikasi asertif pada sekolah PGKG Nobel Indonesia, Kab. Gowa. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan komunikasi asertif pada guru dan staf.
References
Kustiawan, M.A., Khaira, A., Nisa, A., Nurhalija, M., & Ramadhan, R. (2022). Komunikasi Asertif dan Empatik dalam Psikologi Komunikasi. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi, dan Manajemen (JIKEM), 2(2), 2483-2496.
Pusitaningtyas, A. (2016). Pengaruh Komunikasi Orang Tua dan Guru Terhadap Kreativitas Siswa. Proceeding of ICECRS, 1, 935-942.
Razali, G. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi, Hakikat dan Unsur-Unsur Komunikasi dalam buku Chapter Ilmu Komunikasi dan Informasi & Transaksi Elektronik. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Simpson (2012). The Styles, Models & Philosophy of Leadership. Denmark: Ventus Publishing Aps.
Turistiati, A.T. (2019). Pelatihan Komunikasi Efektif dalam Pembentukan Karakter Anak di Cilendek Barat dan Timur - Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Abdi Moestopo, 2(1), 17-22. https://doi.org/10.32509/am.v2i1.691
Widyastuti, T. (2017). Pengaruh Komunikasi Asertif Terhadap Pengelolaan Konflik. Widya Cipta, 1(1), 1-7.